Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

Minggu, 2 Oktober 2022 | 20:57 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER
Founder Tribelio Denny Santoso, CEO Tanrise Property Belinda Tanoko, Founder & CEO Tan Corp Hermanto Tanoko dan Founder Global Leadership Center Roby Tjiptadjaya saat acara IdeaCloud Conference di Surabaya, 1 Oktober 2022.

Surabaya, Beritasatu.com - Bertahan di masa awal usaha adalah tantangan terberat bagi perusahaan rintisan atau startup. Sedemikian banyak persoalan dan tantangan yang menerpa hingga tak jarang banyak startup yang kemudian berguguran sebelum tumbuh besar.

CEO Tan Corp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa-masa sulit, maka harus tetap memiliki mindset atau pola pikir positif.

"Karena dengan itu mereka bisa membuat strategi-strategi luar biasa yang memang dibutuhkan pengusaha," kata Hermanto Tanoko, saat berbagi pengalaman pada acara IdeaCloud Conference di Surabaya, Sabtu (1/10/2022).

Hermanto mengatakan, pascapandemi Covid-19 para milenial generasi X, Y dan Z harus banyak belajar menjadi pengusaha yang baik.

"Momen seperti IdeaCloud Conference ini harus dimanfaatkan. Saya senang sekali karena ada 6.000 entrepreneur yang belajar, baik itu melalui luring maupun daring," katanya.

Dia pun optimistis acara IdeaCloud Conference 2022 yang digelar secara hybrid selama dua hari, Sabtu dan Minggu 1-2 Oktober 2022 mampu mencetak banyak pengusaha muda.

"Saya sangat optimistis melalui acara ini akan mendorong banyak pengusaha muda, dan melahirkan startup yang berkualitas," kata penggagas IdeaCloud Conference ini.

Hermanto Tanoko juga berterima kasih kepada para pembicara yang mau berbagi tanpa bayaran sama sekali. Baginya itu adalah hal yang sangat mulia.

Dia menambahkan, Indonesia adalah negara pertumbuhan ekonomi tertinggi dunia. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5% hingga 6%. Ketika banyak negara mengalami resesi, kekurangan pangan, tetapi masyarakat di Indonesia bisa makan di restoran, bisa swasembada beras.

"Ini sesuatu yang patut kita syukuri. Indonesia hebat sekali. Meski harus hati-hati, tapi kita harus optimistis. Kita harus bisa mempertinggi pertumbuhan ekonomi, tapi tetap dengan perhitungan yang wajar. Kalau itu terjadi peluang orang mendapat penghasilan terbuka lebar," ujarnya.

Sementara itu, CEO Tanrise Property Belinda Tanoko mengungkapkan, IdeaCloud Conference menghadirkan lebih dari 35 pembicara dari kalangan pengusaha dan praktisi di bidangnya seperti Hermanto Tanoko, Rudy Salim, Sandiaga Uno, Helmy Yahya, Lo Khe Hong, Mardigu Wowiek, Subiakto, Nilam Sari, dan pembicara lainnya.

"Selama 2 hari para pembicara memberikan sharing insight dan pengalaman serta ilmu bisnis yang telah mereka jalani dan terapkan dari hulu ke hilir seperti brand DNA, strategi membangun bisnis triliunan, trend bisnis milenial, transformasi bisnis paska pandemi, strategi UKM lokal mendunia, membuat bisnis autopilot, dan lainnya yang begitu menginspirasi dan menambah insight peserta," tegas Belinda Tanoko.

Meski diselenggarakan secara hybrid, dengan mengusung konsep gamification para peserta yang hadir secara daring dan luring dapat berinteraksi secara langsung dan merasakan keseruan - keseruan permainan bisnis interaktif melalui platform gaming yang telah disediakan.

"Melalui acara ini diharapkan para peserta dapat saling berkolaborasi sehingga dapat membangun bisnis yang bisa berkontribusi bagi kemajuan perekonomian Indonesia," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI