Logo BeritaSatu

Hadapi Krisis Global, Jokowi: Kuncinya Kompak

Senin, 3 Oktober 2022 | 11:07 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun/Novy Lumanauw / CAR

Jakarta, Beritasatu.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kekompakan merupakan kunci untuk menghadapi krisis global dalam sektor keuangan, pangan maupun energi. Jokowi mengatakan saat ini telah terjadi krisis pangan, energi, dan finansial di hampir seluruh negara-negara. Namun, Indonesia masih bisa bertahan ditengah guncangan sejumlah krisis tersebut.

“Alhamdulillah, negara kita Indonesia di Kuartal II 2022 masih bisa tumbuh 5,44 persen. Saya masih meyakini di kuartal III, kita masih bisa tumbuh di atas angka tadi. Kuncinya kita semua harus kompak. Kita semua harus bersinergi, kita semua harus memiliki perasaan yang sama, karena yang kita miliki tantangan yang tidak mudah. Kompak,” tegas Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di gedung Smesco, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2022).

Kekompakan tersebut diperlukan, menurut Jokowi, karena kondisi dunia yang tidak pasti. Hal itu terbukti, ketika pandemi Covid-19 akan berakhir, tetapi tiba-tiba muncul perang antara Rusia dan Ukraina yang menyebabkan krisis pangan dan energi.

“Sebentar lagi akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir, tetapi yang kita lihat ini, dunia pemulihan ekonomi pascapandemi memang belum pada kembali normal, tetapi justru semakin tidak baik karena selain pandemi ditambah lagi, karena ada perang di Ukraina,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan diperlukan sebuah wadah dengan nama Indonesia incorporated. Dalam wadah ini, seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah dan swasta berkolaborasi bersama untuk menyelesaikan persoalan di lapangan secara konkret dan nyata.

“Yang besar, menengah bekerja sama berkolaborasi bersama menyelesaikan persoalan-persoalan di lapangan secara konkret dan nyata,” terang Jokowi.

“Jakarta, kabupaten kota sampai ke desa, semua kita memang harus bekerja sama seperti saat kita menyelesaikan pandemi. Semuanya saya lihat bekerja sama, pemerintah, swasta dari pusat sampai desa semua kerja sama. Alhamdulillah, kita selesaikan ini juga sama harus kompak betul,” ungkap Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

GoTo Financial Menang Dua Penghargaan dariThe Asian Banker

GoTo Financial (GTF), bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berhasil memenangkan 2 penghargaan dari the Asian Banker.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Emiten BEI Bertambah 4, IHSG Anjlok 4% dalam Sepekan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun sebesar 4,34% menjadi berada di posisi 6.715,118 dari 7.019,639 pada pekan yang lalu.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Sepekan Perdagangan Wall Street, Indeks-indeks Acuan Rontok

Wall Street berakhir lebih rendah pada hari Jumat, dengan semua indeks acuan utama membukukan kerugian untuk minggu ini.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Kalahkan Argentina, Indonesia Maju ke Final eFootball Kejuaraan Dunia Esports

Atlet eFootball Indonesia berhasil tundukkan Argentina 2-1 dalam pertandingan eFootball yang seru di Kejuaraan Dunia Esports.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Bank Indonesia Catat Capital Outflow 2 Kali Lipat dari Inflow

Bank Indonesia mencatat aliran modal asing masuk (capital inflow) ke pasar keuangan Indonesia sebesar Rp 1,77 triliun di pekan kedua Desember 2022.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Humpuss Internasional Berkomitmen Wujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim

Kehadiran Humpuss di kancah industri kemaritiman Indonesia berperan penting pada kemajuan perekonomian nasional, termasuk dalam penyerapan tenaga kerja.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Ganjar Pranowo Proyeksikan KIK Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

Investor asing dari 11 negara mendirikan pabriknya di KIK, Ganjar Pranowo pun memproyeksikannya menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

EKONOMI | 9 Desember 2022

SF Sekuritas Ajak Generasi Muda Melek Pasar Modal

PT Surya Fajar Sekuritas (SF Sekuritas) yang merupakan bagian dari grup usaha PT Surya Fajar Capital Tbk (SF Capital) terus melakukan edukasi pasar modal

EKONOMI | 9 Desember 2022

Indosat Ooredoo Hutchison Tuntas Matikan Jaringan 3G

Operator telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) sudah tuntas mematikan jaringan 3G di Tanah Air.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Penutupan Akhir Pekan, IHSG Terjungkal ke 6.715

IHSG ditutup melemah 89,1 poin (1,31%) ke level 6.715,12. IHSG hari ini bergerak bervariasi dengan rentang 6.695,4–6.804,2.

EKONOMI | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Tegaskan Penahanan Hakim Agung Gazalba Saleh Sesuai Aturan

KPK Tegaskan Penahanan Hakim Agung Gazalba Saleh Sesuai Aturan

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE