Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Hadapi Krisis Global, Jokowi: Kuncinya Kompak

Senin, 3 Oktober 2022 | 11:07 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun/Novy Lumanauw / CAR
Joko Widodo.

Jakarta, Beritasatu.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kekompakan merupakan kunci untuk menghadapi krisis global dalam sektor keuangan, pangan maupun energi. Jokowi mengatakan saat ini telah terjadi krisis pangan, energi, dan finansial di hampir seluruh negara-negara. Namun, Indonesia masih bisa bertahan ditengah guncangan sejumlah krisis tersebut.

“Alhamdulillah, negara kita Indonesia di Kuartal II 2022 masih bisa tumbuh 5,44 persen. Saya masih meyakini di kuartal III, kita masih bisa tumbuh di atas angka tadi. Kuncinya kita semua harus kompak. Kita semua harus bersinergi, kita semua harus memiliki perasaan yang sama, karena yang kita miliki tantangan yang tidak mudah. Kompak,” tegas Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di gedung Smesco, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2022).

Kekompakan tersebut diperlukan, menurut Jokowi, karena kondisi dunia yang tidak pasti. Hal itu terbukti, ketika pandemi Covid-19 akan berakhir, tetapi tiba-tiba muncul perang antara Rusia dan Ukraina yang menyebabkan krisis pangan dan energi.

“Sebentar lagi akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir, tetapi yang kita lihat ini, dunia pemulihan ekonomi pascapandemi memang belum pada kembali normal, tetapi justru semakin tidak baik karena selain pandemi ditambah lagi, karena ada perang di Ukraina,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan diperlukan sebuah wadah dengan nama Indonesia incorporated. Dalam wadah ini, seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah dan swasta berkolaborasi bersama untuk menyelesaikan persoalan di lapangan secara konkret dan nyata.

“Yang besar, menengah bekerja sama berkolaborasi bersama menyelesaikan persoalan-persoalan di lapangan secara konkret dan nyata,” terang Jokowi.

“Jakarta, kabupaten kota sampai ke desa, semua kita memang harus bekerja sama seperti saat kita menyelesaikan pandemi. Semuanya saya lihat bekerja sama, pemerintah, swasta dari pusat sampai desa semua kerja sama. Alhamdulillah, kita selesaikan ini juga sama harus kompak betul,” ungkap Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI