Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Jokowi: Jangan Pabrik Kelihatan Tinggi, tetapi Lingkungan Sekitar Miskin

Senin, 3 Oktober 2022 | 13:48 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR
Joko Widodo.

Jakarta, Beritasatu.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan perusahaan besar harus dapat memperhatikan dan membina usaha kecil yang ada di sekitar pabrik. Jokowi tak menginginkan perusahaan besar justru mengabaikan kondisi masyarakat setempat.

“Itu jadi tugas perusahaan-perusahaan besar kita. Jangan sampai ada perusahaan besar di satu daerah, pabriknya kelihatan tinggi dan besar, (tetapi) lingkungannya miskin. Hati-hati,” kata Jokowi saat menghadiri peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di gedung Smesco, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2022).

Jokowi meminta para perusahaan besar mampu membina usaha-usaha kecil yang berada di lingkungan sekitarnya, terutama yang dalam kondisi kumuh dan miskin. Para pelaku usaha kecil ini dibina mulai dari penataan barang hingga packaging (pengemasan).

“Bina lingkungan sangat miskin. Warung-warungnya kumuh, kenapa tidak seperti yang di depan tadi? Ada pembinaan warung-warung, sehingga penataan barangnya baik, packing juga didampingi, ini yang kita harapkan,” ujar Jokowi.

Melakukan pembinaan kepada para pelaku usaha kecil tidak mungkin dilakukan oleh pemerintah saja. Jokowi menegaskan pembinaan bisa dilakukan dengan cepat adalah dengan melalui gerakan kemitraan.

“Pemerintah tidak mungkin melakukan itu yang bisa dan cepat melakukan adalah kalau ada gerakan kemitraan yang seperti pagi hari ini akan kita mulai,” terang Jokowi.

Menurut Jokowi gerakan kemitraan dapat membantu para pelaku usaha, tidak hanya dalam hal pengemasan dan branding, tetapi juga dibantu pemasarannya hingga ke luar negeri.

“Ada tadi madu, biasanya dimasukkan botol di pasar-pasar, tetapi dengan packing bagus, branding nama baik, pasti harga akan lipat 2-3, dan market-nya kalau bisa jangan hanya pasar lokal, domestik, tetapi bisa dibawa untuk pasar ekspor. Ini yang kita harapkan,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menekankan akan ada banyak pabrik otomotif yang akan dibangun. Karena itu, ia meminta pabrik otomotif tersebut harus bermitra dengan usaha kecil menengah (UKM) industri.

“Misalnya, ini akan banyak pabrik otomotif yang akan berdiri di negara kita, saya sudah sampaikan harus bermitra dengan UKM-UKM industri, entah bikin knalpotnya, entah bikin spionnya, entah pengerjaan interior kursi di dalam,” papar Jokowi.

Tidak hanya itu, menurut Jokowi, perusahaan besar dapat bermitra dengan petani dan UMKM. Jokowi optimistis apabila gerakan kemitraan berjalan baik, maka berdampak positif terhadap penanganan kemiskinan ekstrem.

“Kalau ini bisa berjalan saya meyakini akan berefek pada kemiskinan ekstrem yang akan bisa tertangani dengan cepat dan baik,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga mengungkapkan para petani mangga di Gresik belum memiliki pasar untuk memasarkan produknya. Karena itu, ia langsung menghubungi perusahaan dari Uni Emirat Erat untuk menjadi pasar bagi petani mangga di Gresik.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI