Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Pentingnya Pasang CCTV di Lokasi Konstruksi Pembangunan

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:16 WIB
Oleh : JNS
Ilustrasi area konstruksi.

Jakarta, Beritasatu.com - Selama ini pemasangan camera CCTV hanya dikenal untuk lokasi-lokasi seperti ATM, rumah atau perkantoran saja. Namun siapa sangka bahwa fungsinya sangat besar untuk lokasi konstruksi.

Peran CCTV yang sangat besar ini berhubungan dengan keamanan dan keselamatan para pekerja proyek yang setiap hari beraktivitas. Selain itu juga meningkatkan rasa aman bagi pemilik proyek. Seperti apa pentingnya pemasangan CCTV ini secara lengkap bisa Anda simak terlebih dahulu.

Peran CCTV untuk Mendukung K3 di Lokasi Konstruksi
Dalam ruang lingkup pekerjaan konstruksi ada yang disebut dengan kesehatan keselamatan dan keamanan kerja (K3). Tujuan dari K3 ini adalah untuk mencegah serta mengurangi terjadinya kecelakaan kerja.

Setiap pekerja proyek selalu dibekali dengan materi K3 ini sebelum mulai bekerja. Setidaknya dengan memahami K3 maka pekerja bisa melakukan tugasnya dengan benar dan hati-hati. Peranannya pun cukup besar yaitu agar setiap orang di lokasi kerja terjamin keselamatannya.

Selain itu juga supaya semua tenaga kerja mendapatkan hak perlindungan dan keselamatan. Sumber produksi juga akan dipergunakan secara efisien serta aman. Memperhatikan semua peran ini tentunya mampu meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan perusahaan pada saat terjadi kecelakaan kerja.

Mendukung peran dari K3 soal keamanan, pemasangan smart CCTV camera bisa menjadi salah satu jalan keluar. Melalui CCTV hak pekerja untuk memperoleh perlindungan bisa didapatkan. Penggunaan sumber produksi dan keselamatan setiap orang di lokasi pun terjamin.

Hal tersebut disebabkan adanya rekaman CCTV yang menjadi alat pemantau dan bisa dijadikan bukti rekaman. Selengkapnya mengenai alasan penting CCTV perlu dipasang lebih detail bisa Anda kenali di sini.

7 Alasan Pentingnya Camera CCTV di Lokasi Konstruksi

Ilustrasi camera CCTV. (Dok. Unsplash)

Rata-rata lokasi konstruksi saat ini sudah dipasang dengan CCTV karena tingginya kesadaran dari pemilik atau perusahaan pemilik proyek akan keselamatan. Pemasangannya pun dilakukan secara efektif sehingga pemantauan dilakukan secara detail.
Anda yang mungkin saat ini memiliki proyek pembangunan sudahkan memasang camera CCTV di lokasi konstruksi? Jika belum simak alasan pentingnya memasang CCTV berikut ini.

Menjaga Kebersihan dan Ketertiban Aktivitas Proyek
Setiap lokasi proyek selalu dipenuhi dengan tumpukan material namun kebersihannya harus selalu terjaga. Tujuannya adalah supaya aktivitas pekerja berlalu lalang bisa lebih efisien dan terjaga keamanannya.

Kebersihan dari lokasi proyek bisa dipantau menggunakan CCTV sehingga ketika ada material yang berantakan atau tidak sesuai dengan tempatnya bisa segera diatasi. Belum lagi dengan lokasi konstruksi yang cukup luas sulit untuk mengetahui area mana saja yang kurang rapi atau bersih.

Mempercepat Pemberian Pertolongan Pertama pada Kecelakaan
Tim keamanan pada lokasi proyek tidak bisa mengawasi dan berpatroli 24 jam di semua titik. Celah keamanan di mana terjadi kecelakaan dapat menunda pemberian pertolongan kepada pekerja.

Misalnya salah seorang pekerja terjatuh dari lantai dua atau tertimpa besi. Ketika kamera pengawas memperlihatkan rekaman kecelakaan, tim keamanan yang melihat dapat langsung menghubungi petugas medis.

Mencegah Terjadinya Kecelakaan Kerja
Selain tindakan pertolongan, pencegahan juga bisa dilakukan dengan bantuan smart CCTV camera. Kecelakaan kerap terjadi bukan hanya kelalaian tetapi juga kerusakan alat konstruksi yang sedang digunakan.

Contohnya ketika terjadi kebakaran yang disebabkan oleh korsleting. Adanya aliran listrik yang berbahaya dapat diketahui sejak dini berkat pantauan dari kamera CCTV. Akibatnya kebakaran pun dapat dicegah dengan lebih cepat. Berkat CCTV keamanan dan keselamatan para pekerja lebih terjamin dan kondisi lokasi konstruksi bisa lebih kondusif.

Menjaga Keamanan Peralatan dan Material Proyek
Material dan peralatan di lokasi proyek memiliki nilai yang sangat tinggi, apalagi jika proyek konstruksi bernilai milyaran. Oleh karena itulah tempat konstruksi kerap menjadi sasaran aktivitas kejantanan.

Tim keamanan di lokasi proyek bisa lebih dini mendeteksi adanya kegiatan mencurigakan dari orang asing yang berniat jahat. Keamanan alat dan material proyek pun akan jauh lebih aman.

Aktivitas pencurian juga mudah dilacak melalui rekaman CCTV yang terpasang di lokasi proyek. Pihak yang berwajib pun bisa segera mencari pelaku kejahatan sehingga pemilik proyek pun tidak rugi.

Mencegah Pengrusakan di Area Proyek
Tidak hanya tindak kejahatan seperti pencurian yang kerap terjadi. Pada saat tempat konstruksi sepi seperti di malam hari biasanya pelaku vandalisme kerap melancarkan aksinya. Pengrusakan area proyek pun bisa terjadi kapan saja.

Sama seperti sebelumnya, adanya pengawasan CCTV di tempat konstruksi memudahkan pendeteksian aksi vandalisme ini. Sehingga tim keamanan bisa langsung menuju lokasi untuk memperingatkan para pelaku.

Begitu juga dengan pihak yang berwajib juga bisa segera menangkap pelaku vandalisme berkat rekaman CCTV yang bisa dijadikan sebagai bukti yang sah.

Memperlancar dan Mengamankan Aktivitas Pengangkutan Material
Pada lokasi konstruksi yang sangat luas, kamera CCTV juga berfungsi untuk memperlancar dan mengamankan pengangkutan. Truk yang membawa material untuk dipindahkan bisa diawasi apakah melewati jalur yang benar dan aman.

Tim keamanan juga bisa memantau apakah material yang dibawa sudah benar dan mengetahui apakah cara pengangkutannya sudah tepat. Mengapa ini penting, karena berkaitan dengan tujuan K3 yakni membuat lancar pengakutan baik itu barang orang, binatang hingga tanaman.

Mengecek Apakah Pekerja Sudah Mengenakan Alat Perlindungan Diri
Setiap pekerja wajib menggunakan alat perlindungan diri seperti helm, jaket dan sarung tangan khusus. Sayangnya sampai saat ini banyak pekerja yang lalai untuk mengenakannya. Padahal jika terjadi kecelakaan akibat tidak adanya alat perlindungan diri bisa merugikan banyak orang.

Di sinilah CCTV memegang peranan yang sangat besar karena bisa memantau mana saja pekerja yang belum mengenakan alat perlindungan diri dengan benar. Tim keamanan bisa memperingatkan pekerja untuk segera menggunakan alat perlindungan diri.
Memperhatikan peran penting dari CCTV di lokasi konstruksi tentunya tidak bisa disepelekan. Tidak heran mengapa CCTV kini kerap dipasang pada lokasi pembangunan dan pemilihan produknya tidak boleh sembarangan.

Hal ini berkaitan dengan lokasi konstruksi yang luas dan belum memiliki sumber listrik cukup atau fasilitas memadai. Oleh karena itulah CCTV Hikvision AcuSense bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Kamera CCTV yang Wajib Dipasang di Tempat Konstruksi
Sudahkan Anda menemukan kamera CCTV yang bisa dipasang tanpa kabel? Bagaimana dengan kualitas gambarnya? Apakah kamera tersebut sudah menggunakan teknologi yang canggih sehingga memudahkan penggunaan?

Hal-hal tersebut harus Anda pikirkan ketika memilih camera CCTV. Hikvision AcuSense menjadi pilihan terbaik karena produknya sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan lokasi konstruksi. Kamera bisa dipasang tanpa kabel, perangkat dan teknologi yang mutakhir.

Seperti apa keunggulan Hikvision AcuSense yang menjadikannya tepat untuk Anda gunakan bisa disimak berikut ini:

Cepat dalam Merespon dan Memberi Peringatan
Kecepatan menjadi faktor utama yang wajib diperhatikan saat memilih CCTV. Di sinilah Hikvision AcuSense memahami kebutuhan konsumen, oleh karena itu kinerjanya dalam merespon dan memberi peringatan jauh lebih cepat.

Pada saat terjadi ancaman penyusupan seperti tindak pencurian atau vandalisme yang kerap terjadi di lokasi proyek CCTV bisa langsung mendeteksinya. Ancaman penyusupan real time yang terjadi akan direspon dengan cepat.

Kemudian kamera akan langsung memberikan peringatan adanya ancaman tersebut ke ponsel pengguna tujuannya agar respon lebih lanjut dapat dilakukan. Dalam hal ini tim keamanan yang menerima peringatan tersebut bisa langsung menuju lokasi untuk mengecek dan memberi peringatan kepada penyusup.

Tingkat Akurasi Tinggi yang Bisa Dipercaya
Kadangkala peringatan adanya ancaman ini terjadi ketika CCTV mendeteksi gerakan objek hewan atau kendaraan, sehingga menimbulkan alarm palsu. Hal ini tentunya akan mengganggu kinerja tim keamanan di lokasi proyek dan mengaburkan ancaman yang sesungguhnya.

Menilik pada hal ini, Hikvision AcuSense memberikan hal yang berbeda. Semua ancaman akan dideteksi dengan lebih baik karena terdapat teknologi yang bisa membedakan mana orang dan kendaraan dari objek yang bergerak lainnya.

Berkat teknologi yang dimiliki Hikvision AcuSense ini tim keamanan pun bisa lebih fokus dengan ancaman kejahatan atau tindak vandalisme yang benar. Sehingga tingkat keamanan lokasi konstruksi juga lebih tinggi.

Meningkatkan Efisiensi dalam Pencarian Rekaman
Semua CCTV bekerja secara otomatis untuk menyimpan rekaman sehingga ketika terjadi kejahatan maka bukti berupa rekaman pun harus dicari. Sayangnya banyaknya rekaman ini membuat proses pencarian menjadi lebih lama.

Hikvision AcuSense memiliki solusinya karena semua rekaman akan diberikan label yakni dari orang dan juga kendaraan. Adanya label ini mempermudah pencarian video sehingga upaya pencarian secara manual jadi lebih minim.

Cepatnya pencarian tentu juga memudahkan penangkapan pelaku kejahatan dan mengurangi biaya soal keamanan. Tim keamanan atau pihak yang berwajib bisa langsung tahu mana rekaman yang dibutuhkan.

Pemasangan dan Penggunaan yang Mudah
Satu lagi faktor penting dalam pemilihan CCTV untuk tempat konstruksi pembangunan adalah harus mudah dipasang dan digunakan. Hikvision AcuSense sudah tidak lagi menggunakan kabel yang pasti cocok dengan lokasi proyek.

Selain itu pemasangannya juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa memasang dengan cepat dan mengkonfigurasikannya dengan aplikasi di smartphone. Setiap tim keamanan tinggal memantau saja menggunakan perangkat seperti smartphone.

Konfigurasinya sendiri tidak terlalu sulit mirip dengan kamera konvensional sehingga tim keamanan tidak akan sulit menggunakannya. Ditambah lagi dengan keamanan AI yang tidak sulit diakses semua orang.

Model kamera Hikvision AcuSense juga sudah ditambahkan sistem keamanan khusus yakni dengan alarm lampu sorot dan sirine internal. Ditambah lagi kamera bisa menyiarkan pesan suara sebagai peringatan.

Misalnya saja ketika terdeteksi adanya gerakan orang yang mencurigakan. Selain mengirimkan peringatan ke aplikasi pengguna, kamera juga memperingatkan pelanggar dalam bentuk pesan suara khusus. Pesan tersebut bisa berisi untuk segera meninggalkan area terlarang dalam hal ini lokasi konstruksi.

Pentingnya memasang camera CCTV di lokasi konstruksi pembangunan adalah untuk mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja. Termasuk juga menangani dengan cepat apabila terjadi kecelakaan. Area konstruksi pun lebih aman dari gangguan pelaku kejahatan dan kebersihan terjamin.

Hikvision AcuSense mampu mewujudkan dan memudahkan kinerja tim keamanan menjadi lebih optimal. Memasang kamera yang canggih sudah pasti dapat mendukung keamanan lokasi konstruksi.

Jadi Anda tidak perlu bingung untuk memilih CCTV yang lain lagi karena Hikvision AcuSense telah memiliki semuanya. Anda bisa memasang Hikvision AcuSense sekarang juga.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI