Logo BeritaSatu

Core Indonesia: Inflasi Tinggi Bisa Gerus Daya Beli

Senin, 3 Oktober 2022 | 21:40 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada September 2022 terjadi inflasi sebesar 1,17% secara month-to-month, tertinggi sejak Desember 2014 yang ketika itu mencapai 2,46%.

Sementara, tingkat inflasi tahun kalender pada September 2022 sebesar 4,84%. Adapun tingkat inflasi tahun ke tahun pada September 2022 sebesar 5,95%.

Ekonom Core Indonesia Yusuf Rendy menyampaikan, tingkat inflasi tahun kalender pada September 2022 yang sebesar 4,84% ini sudah melampaui target yang ditetapkan pemerintah di kisaran 3% plus minus 1%.

"Sehingga ini perlu menjadi perhatian serius pemerintah, apalagi hal ini bisa memberikan konsekuensi yang beragam, termasuk bisa menggerus daya beli masyarakat terutama kelompok menengah ke bawah jika tidak tersedianya sosial asisten yang baik atau proper bagi kelompok ini," kata Yusuf Rendy kepada Beritasatu.com, Senin (3/10/2022).

Yusuf Rendy menambahkan, inflasi yang tinggi juga berpotensi mendorong peningkatan jumlah penduduk miskin. Pasalnya, penghitungan jumlah penduduk miskin yang dilakukan oleh BPS itu menggunakan garis kemiskinan makanan dan non-makanan.

"Sehingga ketika inflasi terjadi dan misalnya itu terjadi di saat yang bersamaan dengan survei jumlah penduduk miskin dilakukan, maka berpeluang jumlah penduduk miskin akan lebih tinggi," tambah Yusuf Rendy.

Menurut Yusuf Rendy, kondisi ini nantinya turut mempengaruhi dinamika pemulihan ekonomi, terutama dalam upaya mencapai target pertumbuhan ekonomi di atas 5% di tahun ini.

Karenanya, menurut Rendi, perlu diperkuat kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah dan juga otoritas moneter dalam mencapai target tersebut.

"Saya kira arahan dari bapak presiden terkait bagaimana pemda perlu lebih banyak terlibat dalam membantu pemerintah pusat dalam menekan inflasi perlu dijalankan secara lebih optimal. Artinya pemda bisa memastikan alur distribusi barang pangan strategis di masing-masing provinsi, kabupaten dan kotamadya itu tidak terganggu, sehingga ini tidak akan berpotensi menambah level kenaikan harga yang sebenarnya sudah relatif tinggi saat ini," kata Yusuf Rendy.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PTBA Raih Penghargaan Asia Sustainability Reporting Rating 2022

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berhasil meraih trofi Gold dalam ajang bergengsi Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2022 di Jakarta.

EKONOMI | 28 November 2022

Rupiah Melemah 20 Poin Saat Mata Uang Asia Menguat

Pergerakan mata uang Garuda atau rupiah di tengah mata uang Benua Kuning yang berada di zona merah.

EKONOMI | 29 November 2022

Wamenkeu Ungkap 4 Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru, Apa Saja?

Wamenkeu Suahasil Nazara mengatakan, pemerintah terus berupaya melakukan reformasi struktural untuk menemukan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

EKONOMI | 29 November 2022

Ekspansi Usaha, Cerestar Rambah Bisnis Bahan Pakan Ternak

PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU) mengembangkan perdagangan bahan pakan ternak melalui anak usaha, PT Agristar Grain Industry (AGY).

EKONOMI | 29 November 2022

Isu Resesi, Penyedia Jasa E-Commerce Selektif Gandeng Mitra Strategis

PT Sinergi Digital Pusaka atau Enablr.id, penyedia jasa solusi e-commerce untuk membantu brand berjualan online, berkomitmen meningkatkan produktivitas.

EKONOMI | 29 November 2022

Erick Thohir Sebut Transformasi Ekonomi Buka Peluang Kerja

Menurut Erick Thohir, transformasi ekonomi yang terus berkembang membuka peluang kerja bagi generasi muda Indonesia.

EKONOMI | 29 November 2022

Meski IHSG Anjlok, Ini Deretan Saham yang ARA

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (29/11/2022), kembali terkoreksi 5,29 (0,08%) menjadi 7.017,32.

EKONOMI | 29 November 2022

Wamenkeu: Produk Dalam Negeri Sumber Pertumbuhan Ekonomi

"Kita punya momentumnya. Selama pandemi ekspor impor drop sekali, tapi kita bisa hidup dengan produk dalam negeri. Mbok ya kita teruskan," ujar Suahasil.

EKONOMI | 29 November 2022

Erick Thohir: Generasi Muda Harus Jadi Pemain, Bukan Penonton

"Jangan sampai digital ekonomi kita hilang karena kita harus work from office, padahal sekarang waktunya work from anywhere," tutur Erick Thohir.

EKONOMI | 29 November 2022

BRILiaN Young Leader Indonesia, Wadah Talenta Muda Kembangkan Prestasi

Bekerjasama dengan Kementerian BUMN, BRI meluncurkan program BRILiaN Young Leader Indonesia (BYLI) untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM).

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Persija Ingin Bermarkas di Stadion GBK pada Putaran Kedua Liga 1

Persija Ingin Bermarkas di Stadion GBK pada Putaran Kedua Liga 1

BOLA | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE