Logo BeritaSatu

Centratama Borong 397 Menara PTAC Senilai Rp 1,17 Triliun

Selasa, 4 Oktober 2022 | 12:49 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) melalui anak usahanya PT Centratama Menara Indonesia (CMI) mengakuisisi sebanyak 397 menara milik PT Anugerah Communication (PTAC) dengan total nilai mencapai Rp 1,17 triliun.

Obyek transaksi terdiri dari 396 unit menara milik PTAC dan satu unit menara yang disewa PTAC di Waropen, Papua. Mayoritas atau sebanyak 218 dari menara-menara itu tersebar di lahan milik PT Kelola Multi Berkat (KMB) dan sebagian lainnya dimiliki pihak ketiga.

"Nilai rencana transaksi adalah sebanyak-banyaknya Rp 1,17 triliun,” tulis manajemen perseroan dalam keterangan resmi, Selasa (4/10/2022).

Nilai transaksi emiten infrastruktur telekomunikasi tersebut meliputi Rp 1,15 triliun untuk memborong menara berdasarkan perjanjian pembelian aset bersyarat (Conditional Asset Purchase Agreement/CAPA) pada 17 Agustus 2022, sedangkan Rp 19,7 miliar sisanya dipakai untuk menyewa lahan yang dikuasai KMB.

"Rencana pembelian obyek transaksi dan penyewaan lahan KMB dilaksanakan sebagai satu kesatuan transaksi yang tidak terpisahkan karena terdapat 218 obyek transaksi terletak di lahan KMB,” tambah manajemen.

Manajemen menjelaskan pertimbangan strategis di balik transaksi jumbo ini untuk meningkatkan jumlah portofolio aset menara telekomunikasi milik grup perseroan.

Dalam hal ini, perseroan dan CMI intens mencari peluang untuk mengembangkan bisnis persewaan menara telekomunikasi baik melalui pertumbuhan secara organik maupun akuisisi menara telekomunikasi.

Apalagi, aset menara milik PTAC selaku penjual sebagian besar berlokasi di wilayah timur Indonesia. Dengan demikian, perseroan meyakini akuisisi aset menara tersebut akan memperluas penawaran grup perseroan khususnya kepada para konsumen yang berada di Indonesia bagian timur.

Manfaat lain yang akan diperoleh CENT dari transaksi ini di antaranya memperkuat posisi perseroan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyedia menara telekomunikasi dan mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas penyediaan layanan kepada pada pelanggan.

"Rencana transaksi ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah dengan meningkatnya total aset yang disebabkan bertambahnya aset tetap perseroan serta terdapat peningkatan pendapatan dan laba bersih atas rencana transaksi yang dilakukan,” kata manajemen.

CENT akan menuntaskan transaksi ini melalui dua tahap dan akan tunduk pada pemenuhan persyaratan pendahuluan tertentu di antaranya persetujuan para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan digelar pada 5 Oktober 2022 dan perizinan pihak atau instansi berwenang lainnya.

"Seluruh tahapan rencana transaksi ditargetkan selesai secara penuh paling enam bulan sejak CAPA dan 12 bulan sejak tanggal keputusan RUPS Perseroan yang menyetujui rencana transaksi (long stop date),” terang manajemen.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Banjir di Pati, Satu Orang Tewas

Hujan deras yang mengguyur wilayah Pegunungan Kendeng Utara, di Kabupaten Pati,, Jawa Tengah mengakibatkan 6 kecamatan terendam banjir.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Telkomsel Dorong Peningkatkan Pengalaman Digital Berteknologi Terkini di Indonesia

Pengujian di Danau Toba menunjukkan extended-range 5G millimeter-wave di frekuensi 26 GHz bisa jadi solusi percepatan ekonomi digital nasional.

EKONOMI | 30 November 2022

Indef: Pendanaan Seret, Startup Dipaksa Lakukan Efisiensi

Menurut Huda, cash flow perusahaan rintisan atau startup menjadi terancam akibat minimnya investasi, sehingga banyak yang melakukan efisiensi melalui PHK.

EKONOMI | 30 November 2022

Pandu Sjahrir: Sudah Tidak Ada Lagi Istilah "Bakar Uang" di Startup

Menurut Pandu Sjahrir, sudah banyak perusahaan besar, termasuk startup bidang teknologi yang bangkrut karena tata kelola perusahaan yang tidak baik.

EKONOMI | 30 November 2022

Bisnis Vertikal Sektor Digital Jadi Prioritas Telkomsel

Telkomsel sebagai digital enabler terus memperkuat portofolio bisnis vertikal digital di sejumlah sektor prioritas.

EKONOMI | 30 November 2022

Ini Penyebab Utama Banyak Startup Gagal di Indonesia

Pada banyak kasus di Indonesia, perusahaan rintisan atau startup gagal karena tidak berhasil menemukan product-market fit (PMF).

EKONOMI | 30 November 2022

Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

Transaksi BRImo meningkat 2 kali lipat pada Oktober 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Ganjar Umumkan UMP Jawa Tengah 2023 Naik 8,01 Persen

Ganjar Pranowo mengumumkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Tengah tahun 2023.

EKONOMI | 29 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Ikut Lapak Ganjar, Produk Wedang Magelang Sampai ke Jepang

Lapak Ganjar memberikan banyak manfaat bagi pelaku UMKM sehingga menjadi lebih berkembang dan dikenal.

EKONOMI | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Banjir di Pati, Satu Orang Tewas

Banjir di Pati, Satu Orang Tewas

EKONOMI | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE