Logo BeritaSatu

Kebijakan Satu Peta Dorong Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi

Selasa, 4 Oktober 2022 | 20:03 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah terus melakukan upaya pemerataan pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menjalankan kebijakan satu peta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kebijakan satu peta menjadi landasan percepatan pelaksanaan pembangunan nasional yang berkeadilan melalui pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

"Kebijakan satu peta bertujuan untuk menciptakan satu standar referensi sebagai basis data geoportal yang akurat, akuntabel untuk pendukung percepatan pelaksanaan pembangunan nasional,” tutur Airlangga dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kebijakan Satu Peta yang berlangsung secara hibrida di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Airlangga mengatakan, saat ini produk kebijakan satu peta juga telah dimanfaatkan untuk mendukung implementasi berbagai program/kebijakan nasional yang berbasis spasial yang meliputi online single submission (OSS), reforma agraria, optimalisasi konektivitas infrastruktur dan pengembangan wilayah.

Selanjutnya, perbaikan kualitas tata ruang, penetapan lahan sawah dilindungi, pengembangan food estate, konsolidasi data perkebunan kelapa sawit nasional, dan perbaikan tata kelola penerbitan izin dan hak atas tanah melalui penyelesaian tumpang tindih pemanfaatan ruang.

“Kebijakan ini telah dimanfaatkan untuk mendukung kebijakan turunan dari Undang-undang Cipta Kerja yaitu aplikasi online single submission. Di samping itu juga diadakan konsolidasi data untuk penyesuaian tumpang tindih pemanfaatan termasuk untuk beberapa sektor termasuk kelapa sawit,” ucap Airlangga.

Menurut Airlangga ada beberapa hal yang diharapkan dalam penyelesaian PITTI yaitu penyelesaian dan penegasan batas daerah oleh Kementerian Dalam Negeri yaitu penyelesaian rencana tata ruang wilayah provinsi kawasan hutan yang dilaksanakan oleh Kementerian KLHK, Kementerian ATR/BPN, Kementerian Dalam Negeri, pemerintah provinsi kabupaten kota. Menyelesaikan ketidaksesuaian antara Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) provinsi dan RTRW kabupaten kota dan tentunya melibatkan Kementerian ATR BPN, Kementerian Dalam Negeri, pemerintahan provinsi serta kabupaten kota.

Dia mengatakan rencana aksi ini tentunya diharapkan ditindaklanjuti dengan percepatan batas daerah, percepatan tata batas pengubahan kawasan hutan serta revisi RTRW, provinsi, maupun kabupaten/kota.

"Tentu kami berharap ini menjadi komitmen kita bersama Kementerian lembaga agar pemutakhiran data geospasial ini menjadi bagian penyelesaian ketidaksesuaian dan pemanfaatan ruang dalam kebijakan satu peta,” kata Airlangga.

Baca selanjutnya
Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Aris Marfai mengatakan, kebijakan satu Peta ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sepekan, IHSG Turun dan Kapitalisasi Naik Jadi Rp 9.512 T

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) turun 0,48% menjadi 7.019,639 dari 7.053,150 pada pekan sebelumnya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

Saham energi sejak awal tahun hingga 2 Desember 2022 (year to date/ytd) melonjak 87,3%. Di belakang sektor energi adalah sektor perindustrian.

EKONOMI | 3 Desember 2022

IPO Jumbo, XXI Cineplex Bidik Dana hingga Rp 17 triliun

 Perusahaan pengelola bioskop PT Nusantara Sejahtera Raya atau bioskop XXI Cineplex berencana menjadi perusahaan terbuka.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Pertamina Uji Coba Pembatasan Solar Subsidi di 11 Wilayah

Mulai 1 Desember 2022 Pertamina lakukan uji coba penggunaan kode QR untuk pembelian bahan bakar solar subsidi di beberapa wilayah.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Harga Minyak Ambruk Jelang Pemangkasan Produksi OPEC+

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Februari merosot US$ 1,31 atau 1,5% menjadi US$ 85,57 per barel.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Harga Emas Ambles US$ 5,6 karena Kuatnya Data Pekerjaan AS

Harga emas ambles pada perdagangan Jumat waktu setempat (2/12/2022) dari kenaikan tajam sehari sebelumnya karena data pekerjaan AS lebih kuat.

EKONOMI | 3 Desember 2022

S&P 500 dan Nasdaq Ambles karena Data Pekerjaan Memanas

Bursa AS Wall Street bervariasi pada perdagangan Jumat (2/12/2022) karena investor menilai data pekerjaan AS lebih panas dari perkiraan.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Bursa Eropa Turun karena Data Pekerjaan & Covid-19 Tiongkok

Stoxx 600 di bursa Eropa turun 0,2%. Saham minyak dan gas memimpin penurunan, ambles 1,1%.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Harga BBM Nonsubsidi Shell, BP, dan Pertamina Naik, Paling Murah?

Per 1 Desember, harga BBM nonsubsidi mengalami kenaikan, baik milik PT Pertamina (Persero) hingga perusahaan swasta lainnya seperti Shell dan B-AKR.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Sri Mulyani Wanti-wanti Imbas Bunga Fed di 2023 bakal Lama

Pemerintah mewaspadai dampak kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (The Fed) terhadap perekonomian nasional pada tahun 2023.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

NEWS | 28 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE