Logo BeritaSatu

Telkom Perkuat Data Center lewat NeutraDC dan NeucentrIX

Rabu, 5 Oktober 2022 | 07:33 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menegaskan komitmennya untuk memperkuat digitalisasi melalui pengembangan Data Center Ecosystem (DC Ecosystem) dengan layanan yang mumpuni bertaraf global di NeutraDC dan neuCentrIX.

Data Center Ecosystem sendiri adalah layanan digital yang menyediakan akses koneksi langsung ke beberapa infrastruktur jaringan, penyedia cloud, dan ruang penyimpanan berskala besar. Dalam perhelatan Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) 2022 beberapa waktu lalu, TelkomGroup memaparkan bahwa telah memiliki 27 data center yang terdiri dari 5 data center internasional, 19 neucentrix, 3 data center tier 3 dan 4, serta 3 Enterprise Data Center (Sentul,Serpong, dan Surabaya) dan 1 Hyperscale Data Center (Cikarang).

Pengembangan data center ini melalui layanan neuCentrIX yang merupakan edge DC yang terhubung dengan seluruh jaringan milik Telkom Group yang tersebar di 19 lokasi nasional dan 5 lokasi global yang terkoneksi secara seamless. Sehingga menjadikannya cakupan kerja data center terluas di Indonesia.

neuCentrIX juga memiliki fasilitas penunjang berskala internasional, carrier neutral, dan multi-layanan untuk jaringan provider lain yang dapat dimaksimalkan untuk pelaku usaha di berbagai sektor termasuk di bidang keuangan, manufaktur, dan penyedia layanan komputasi awan baik domestik maupun asing. Sedangkan NeutraDC adalah perusahaan yang menjalankan bisnis data center hyperscale dengan standar global bersertifikasi Uptime Tier III & Tier IV untuk para global player.

Direktur Wholesale and International Service Telkom Bogi Witjaksono menyampaikan bahwa ekosistem data center dapat memberikan manfaat yang sangat besar untuk mempercepat bisnis pelanggan.

"Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) adalah pusat data netral di mana banyak pemain global, ISP, dan pemain digital lainnya sudah berada di ekosistemnya," ujarnya.

Menurut Bogi, data center yang terhubung dengan jaringan broadband, layanan komprehensif, serta tersebar di banyak lokasi adalah langkah Telkom Group dalam menciptakan ekosistem digital bertaraf global dengan tujuan membantu industri dalam mengembangkan bisnis, serta memastikan standar layanan konektivitas digital terbaik bagi pemain global maupun pemain domestik.

Transformasi digitalisasi ini juga sebagai persiapan dalam mengakomodasi kebutuhan mendatang, seperti peluncuran jaringan 5G, teknologi edge blockchain, dan pertumbuhan industri ekonomi digital di masa depan lainnya.

Selain itu, tujuan digital connectivity adalah memperkuat transformasi digital gaya hidup, pemerintahan, dan perusahaan dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

“Peningkatan pesat ekonomi digital pascapandemi yang didorong oleh transformasi dan transaksi digital menyebabkan permintaan besar untuk penyimpanan serta pemrosesan data dengan latensi lebih rendah,” kata Chief Executive Officer Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) Andreuw.

Andreuw juga menambahkan bahwa NeutraDC sebagai enabler ekosistem digital menyediakan infrastruktur DC standar global dengan konektivitas jaringan yang komprehensif untuk memastikan kontinuitas dan skalabilitas bisnis untuk hyperscale dan perusahaan. Oleh karena itu, NeutraDC mengambil bagian dalam pengembangan ekosistem digital indonesia.

Sejak tahun 2015, lanjut Andreuw, Telkom tercatat sebagai perusahaan pertama yang mendapatkan sertifikasi bertaraf internasional (Uptime Sertifikasi Tier 3 & Tier 4) dan Sertifikasi Tier Certification Operational Sustainability (Gold rating) satu-satunya di Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet usaha mikro di Desa Jaddih meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk karya peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Kripto Dibahas di RUU P2SK, Pelaku Industri Soroti Biaya Transaksi

RUU P2SK berpengaruh terhadap pelaku industri kripto, karena memasukkan aset kripto sebagai bahasan yang akan diatur dalam RUU tersebut.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Kripto November Hancur-hancuran, Intip Proyeksi Desember

Sepanjang November 2022, pasar aset kripto mengalami volatilitas tinggi yang cenderung alami penurunan tajam.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Sepekan, IHSG Turun dan Kapitalisasi Naik Jadi Rp 9.512 T

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) turun 0,48% menjadi 7.019,639 dari 7.053,150 pada pekan sebelumnya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

Saham energi sejak awal tahun hingga 2 Desember 2022 (year to date/ytd) melonjak 87,3%. Di belakang sektor energi adalah sektor perindustrian.

EKONOMI | 3 Desember 2022

IPO Jumbo, XXI Cineplex Bidik Dana hingga Rp 17 triliun

 Perusahaan pengelola bioskop PT Nusantara Sejahtera Raya atau bioskop XXI Cineplex berencana menjadi perusahaan terbuka.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Pertamina Uji Coba Pembatasan Solar Subsidi di 11 Wilayah

Mulai 1 Desember 2022 Pertamina lakukan uji coba penggunaan kode QR untuk pembelian bahan bakar solar subsidi di beberapa wilayah.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Harga Minyak Ambruk Jelang Pemangkasan Produksi OPEC+

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Februari merosot US$ 1,31 atau 1,5% menjadi US$ 85,57 per barel.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dua Pemain Brasil Jesus dan Telles Akhiri Piala Dunia 2022 Lebih Cepat

Dua Pemain Brasil Jesus dan Telles Akhiri Piala Dunia 2022 Lebih Cepat

SEMESTA BOLA 2022 | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE