Logo BeritaSatu

Manfaatkan Internet, UMKM Desa Sukarara Tembus Pasar Ekspor

Rabu, 5 Oktober 2022 | 12:21 WIB
Oleh : Herman / WBP

Lombok Timur, Beritasatu.com - Selain membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi di wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal), Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) aktif melakukan pelatihan digital pada pelaku usaha, termasuk UMKM untuk mengoptimalkan pemanfaatan jaringan telekomunikasi yang telah dibangun. Salah satunya yang dilakukan di Desa Sukarara, Lombok Timur.

Sejak 2019, Bakti telah melakukan pelatihan digital marketing kepada 30 UMKM di Desa Sukarara. Program yang dijalankan tersebut juga telah membuahkan hasil. Selain peningkatan omzet, jangkauan pasar para pelaku UMKM di Desa Sukarara juga semakin luas, bahkan hingga ke luar negeri.

Pemilik UMKM kuliner Ombak Food Yosi menyampaikan, sebelum mengikuti pelatihan digital yang digelar Bakti, customer produk makanan olahannya hanya sebatas warga di sekitar Desa Sukarare. Namun setelah mengikuti pelatihan, kemudian mempraktikan dengan memanfaatkan berbagai platform digital untuk berjualan, salah satunya melalui marketplace, jangkauan pasarnya menjadi lebih luas hingga ke luar negeri.

"Sebelumnya, saya tidak paham dengan digital marketing, sudah merasa nyaman berjualan offline. Namun setelah ikut pelatihan, akhirnya saya paham kalau digital marketing itu penting. Seperti ketika pandemi Covid-19, kami bersyukur sekali masih bisa bertahan karena sudah menjalankan digital marketing," kata Yosi saat ditemui di Desa Sukarara, Lombok Timur, Rabu (5/10/2022).

Selain digital marketing, Yosi mengatakan pelatihan yang dilakukan Bakti juga fokus pada pengemasan produk agar terlihat lebih menarik. Melalui berbagai inovasi yang dilakukan, Yosi beberapa kali mendapatkan pesanan dari Singapura, Taiwan, hingga Jerman.

Direktur Layanan TI untuk Pemerintah dan Masyarakat Bakti Kemenkominfo Danny Januar menyampaikan, dalam memberikan pelatihan digital bagi pelaku UMKM, Bakti telah bekerja sama dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia atau Idea dan menghasilkan 40 kurikulum yang bisa disesuaikan dengan segmen UMKM. Tidak hanya pelatihan digital untuk UMKM, khusus di Desa Sukarara, Bakti juga mengadakan pelatihan bahasa Inggris untuk 500 warga dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) pariwisata untuk menghadapi pemulihan sektor ini yang mulai terlihat.

"Bakti itu fungsinya sebagai enabler. Kita tidak mungkin bekerja sendiri, jadi kita ajak sebanyak mungkin pihak yang juga ingin melakukan hal yang sama," kata Danny Januar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Belajar Dari Pengalaman, Fraksi PKS Wanti-wanti Beras Impor Bisa Membusuk

Bulog sebaiknya fokus melakukan penyerapan dibanding bersuara melakukan impor beras di saat petani akan melakukan panen raya.

EKONOMI | 8 Desember 2022

DPR Pertanyakan Serapan Beras Bulog

Persediaan beras nasional mencapai 8.727.752 ton, stok ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Sempat Anjlok 135 Poin, IHSG Ditutup Melemah Tipis

Sempat anjlok 135 poin, IHSG akhirnya ditutup hanya turun sekitar 14,52 poin (0,21%) menjadi 6.804,23.

EKONOMI | 8 Desember 2022

PT Mattel Indonesia Bakal Produksi 3 Juta Boneka Barbie Per Minggu

PT Mattel Indonesia (PTMI) akan menggenjot produksi boneka Barbie hingga 3 juta per minggu atau 156 juta boneka Barbie dalam setahun.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Sasar Milenial, Sanex Lakukan Sejumlah Perubahan Strategi

Selain logo baru, perubahan dilakukan Sanex pada tahun 2022 ini di antaranya  pembaruan manajemen hingga memperluas distribusi produk,

EKONOMI | 8 Desember 2022

Kurs Rupiah Cenderung Stabil di Kisaran Rp 15.600

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Kamis (8/12/2022) terpantau menguat ke kisaran Rp 15.600.

EKONOMI | 8 Desember 2022

IHSG Sempat Anjlok ke Level Terendah 2022, Ini Penyebabnya

IHSG terjun bebas hingga sempat sentuh 6.690, level intraday terendah dalam 11 bulan sebelum akhirnya kembali ke kisaran 6.752.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Bulog Subang Pastikan Stok Beras Aman hingga Maret 2023

Harga beras di Jawa Barat kini masih tinggi. Di Pasar Tradisional Terminal Subang, harga beras mengalami kenaikan Rp 2.000 hingga Rp 3.000 per kilogram.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Saham Telkom Rebound, Bukti Fundamental Bisnis Kuat

Hadapi tantangan bisnis tahun 2023, Telkom terus memperkuat fundamental di segala lini dengan lima strategi utama.

EKONOMI | 8 Desember 2022

APSI Minta Jasa Unlock IMEI Ditindak Tegas

Jasa unlock International Mobile Equipment Identity (IMEI) belakangan ini ramai ditawarkan melalui media sosial dan sejumlah marketplace.

EKONOMI | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Luis Enrique Dipecat dari Pelatih Timnas Spanyol

Luis Enrique Dipecat dari Pelatih Timnas Spanyol

SEMESTA BOLA 2022 | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE