Logo BeritaSatu

Bursa Eropa Ditutup Turun karena Data PMI Menunjukkan Resesi

Kamis, 6 Oktober 2022 | 05:42 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

London, Beritasatu.com - Bursa Eropa ditutup melemah pada Rabu (5/10/2022) karena tren positif bursa saham global beberapa hari terakhir memudar. Apalagi data indeks manajer pembelian (purchasing manager index/PMI) menunjukkan resesi ekonomi global.

Stoxx 600 di bursa Eropa mengakhiri perdagangan anjlok 1%. Saham ritel turun 3,2% memimpin pelemahan. Mayoritas sektor dan bursa utama ditutup di wilayah negatif. Namun saham minyak dan gas di bursa Eropa melawan tren, ditutup naik 0,8%.

Setelah awal perdagangan yang negatif, pasar melakukan aksi jual pada Rabu menyusul data PMI zona euro September, memperkuat kekhawatiran resesi ekonomi di seluruh blok mata uang yang beranggotakan 19 negara itu.

Aktivitas bisnis zona euro turun lebih dalam dari yang diperkirakan. PMI zona euro yang dilihat sebagai ukuran kesehatan ekonomi, turun ke level terendah 20 bulan 48,1 pada September dari 48,9 pada Agustus, lebih rendah dari perkiraan awal 48,2. Data di bawah 50 menunjukkan kontraksi.

Penurunan Rabu terjadi setelah bursa Eropa menguat hari sebelumnya, dengan indeks blue chip Eropa ditutup 3% lebih tinggi. Saham perjalanan dan liburan melonjak 6,1% memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama ditutup di wilayah positif. Sementara bursa Asia-Pasifik menguat.

Kenaikan 2 hari berturut-turut karena imbal hasil obligasi Treasury 10-tahun turun di bawah 3,6% setelah sempat mencapai 4% minggu lalu.

Melemahnya data lowongan pekerjaan terbaru mendorong beberapa investor mempertimbangkan apakah Federal Reserve (the Fed) akan memperlambat kenaikan suku bunga, guna mengurangi kemungkinan resesi lebih dalam.

Sementara pound sterling Inggris merosot ke US$ 1,1291 pada perdagangan Rabu menyusul pidato Perdana Menteri Inggris Liz Truss, yang menggandakan agenda pemotongan pajaknya sehingga mengguncang pasar.

“Liz berharap tiga janji pertumbuhannya akan menenangkan pasar, tetapi dengan tidak ada yang baru, kata-kata Liz belum memiliki efek yang diinginkan pasar,” kata analis investasi dan pasar Hargreaves Lansdown,Susannah Streeter.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Investor Sayangkan Banyak Startup yang Lakukan PHK

Pihak investor ikut menyayangkan maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) di perusahaan rintisan atau startup.

EKONOMI | 5 Desember 2022

OJK Cabut Izin Usaha Wanaartha Life

OJK resmi mengumumkan pencabutan izin usaha PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau Wanaartha Life/PT WAL.

EKONOMI | 5 Desember 2022

ESG Tingkatkan Performa Grup ANJ

PT ANJ sudah mempraktekkan responsible development dan pemberdayaan sosial di semua lini bisnisnya yang tersebar di Sumatra, Kalimantan dan Papua.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo Harapkan BI Tidak Lagi Naikkan Suku Bunga Acuan

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani berharap Bank Indonesia (BI) tidak lagi menaikan suku bunga acuan.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ini Cara Daftar Serta Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN

Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi bagian dari BUMN melalui program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ketum Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi 2023 Tumbuh 5%

Hariyadi mengatakan, Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 antara 5,15% hingga 5,65%.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BI Prediksi The Fed Kerek Suku Bunga di Level 6 Persen

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menilai tren suku bunga tinggi The Fed masih akan terjadi pada tahun depan dengan rentang waktu yang cukup lama.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo: Permenaker 18/2022 Bisa Tingkatkan Risiko PHK

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani menilai Permenaker 18/2022 bisa memperbesar risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penyusutan lapangan kerja.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apexindo Kantongi Kontrak Baru dari PGE Rp 240 Miliar

PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) meraih kontrak baru Rp 240 miliar untuk proyek pengeboran panas bumi dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

EKONOMI | 5 Desember 2022

Kenaikan Suku Bunga The Fed Dorong Penguatan Dolar AS

Fenomena sangat kuatnya dolar AS memberikan tekanan pelemahan atau depresiasi mata uang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

EKONOMI | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Fajar/Rian Sabet SabetMost Improved Player of The Year dari BWF

Fajar/Rian Sabet SabetMost Improved Player of The Year dari BWF

SPORT | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE