Logo BeritaSatu

Presiden Jokowi: Ekraf Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

Kamis, 6 Oktober 2022 | 09:21 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / JAS

Nusa Dua, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis di sektor ekonomi kreatif (ekraf) semakin diperhitungkan untuk menjadi tulang punggung ekonomi, baik di Indonesia dan maupun di berbagai negara di dunia.

Di saat dunia membatasi mobilitas fisik manusia akibat merebaknya pandemi, mobilitas karya-karya ekonomi kreatif tetap lalu lalang bergerak tanpa menularkan Covid 19.

“Saya percaya ekonomi kreatif di Indonesia dan di banyak negara lainnya akan menjadi tulang punggung ekonomi di masa depan. Semakin kuat dan diperhitungkan sebagai kekuatan ekonomi yang inklusif,” kata Presiden Jokowi pada Konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif atau World Conference on Creative Economy (WCCE) Tahun 2022 di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Kamis (6/10/2022).

WCCE 2022 adalah salah satu side event bidang pariwisata dan ekraf pada rangkaian Presidensi G20 Indonesia. Kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak besar bagi masyarakat yang terlibat dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Pelaksanaan WCCE 2022 membawa misi pemulihan global lewat sektor ekraf.

Kepala Negara mengungkapkan, sektor ekraf relatif mampu bertahan pada era pandemi dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya. Selain itu, beberapa subsektor ekonomi kreatif, seperti aplikasi dan pengembang permainan, televisi, dan radio tumbuh signifikan karena dipicu peningkatan konsumsi konten selama pandemi.

“Pengembangan ekonomi kreatif harus terus dipacu agar menjadi sektor yang futuristik, tumbuh lebih cepat, lebih besar, dan maju,” kata Kepala Negara.

Di hadapan sekitar 1.000 pelaku pentahelix dan pengambil kebijakan ekraf, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia merupakan sebuah inisiatif global yang dirintis sejak tahun 2018, sebagai wahana untuk menggaungkan misi kreatif yang inklusif.

Indonesia, lanjutnya, akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif, mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global.

Apalagi ekraf dapat menjadi solusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas dan berkelanjutan karena mampu mendobrak batas geografis, gender, ras, dan strata ekonomi. “Ekonomi kreatif bisa menjadi pilar utama untuk mendobrak pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pertumbuhan ekonomi untuk semuanya,” katanya.

Presiden Jokowi juga menilai topik-topik yang dibahas dalam konferensi ini sangat penting dan relevan.

“Kebangkitan ekonomi, hak para pekerja kreatif, dan kekayaan intelektual, inklusivitas, dan agenda SDGs serta masa depan ekonomi kreatif,” kata Presiden Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Beda dengan Kripto, Digital Rupiah Akan Jadi Alat Pembayaran Sah

Berbeda dengan kripto, digital rupiah akan diterapkan menjadi alat pembayaran yang sah.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Rayu Investor AS, Airlangga Pamer Kinerja Ciamik Indonesia

Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia terbukti sebagai negara yang bertahan dari krisis dengan tetap menjamin ketahanan ekonomi dan politik.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Prospek TOD 2023 Cerah, Adhi Commuter Bidik Kinerja Positif

Gema Goeyardi pendiri sekaligus CEO Astronacci International menjadi anggota Forbes Finance Council. 

EKONOMI | 7 Desember 2022

BKPM Sudah Terbitkan 2,9 Juta Nomor Induk Berusaha

BKPM menyampaikan bahwa total Nomor Induk Berusaha (NIB) yang telah diterbitkan mencapai 2,9 juta NIB per 5 Desember 2022.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BI: Cadangan Devisa November Naik Jadi US$ 134 Miliar

BI melaporkan posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada November 2022 naik jadi US$ 134 miliar dari Oktober 2022 senilai US$ 130,2 miliar.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Ini Bedanya Mata Uang Rupiah Digital dengan Uang Tunai

Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat akan mengimplementasikan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau rupiah digital.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Mayoritas Sektor Saham Merah, IHSG Ambles 67 Poin Sesi I

Selama sesi I, nilai perdagangan IHSG mencapai sekitar Rp 9,66 triliun dan frekuensi perdagangan mencapai 759.814 kali transaksi.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Aset Kripto Ceria Pekan lalu, ke Depan Investor Waspadai Ini

Secara keseluruhan pasar aset kripto relatif tenang dan berbagai bursa kripto di seluruh dunia termasuk Indonesia menunjukkan transparansi.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Dubes AS: UU KUHP Bisa Berdampak Negatif ke Investasi

Dubes AS di Indonesia menilai pengesahan UU KUHP bisa berdampak negatif pada laju investasi di Indonesia.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Kemenkeu Beri Keringanan Utang pada 2.109 Debitur Mini

Kemenkeu menyatakan hingga 30 November 2022 program keringanan utang (crash program) telah diikuti 2.109 debitur kecil atau mini.

EKONOMI | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dicurigai Mau Gulingkan Pemerintahan, 25 Anggota Sayap Kanan Ditangkap

Dicurigai Mau Gulingkan Pemerintahan, 25 Anggota Sayap Kanan Ditangkap

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE