Logo BeritaSatu

Pelindo Optimistis Pelabuhan Garongkong Rampung Akhir 2022

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:41 WIB
Oleh : Ifan Ahmad / FER

Makassar, Beritasatu.com - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 optimistis target program quick win atau percepatan Pelabuhan Garongkong rampung pada akhir tahun 2022.

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis, mengatakan sejak 1 Juli 2022 pengoperasian Pelabuhan Garongkong resmi diserahkan kepada Pelindo di bawah pengelolaan Regional 4 Parepare. Sebelumnya, pelabuhan yang banyak melayani bongkar muat kegiatan curah dan berlokasi di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) ini dikelola Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Advertisement

"Sejak 1 Juli 2022, Pelindo resmi mengelola pengoperasioan pelabuhan Garongkong. Sejak itu, kami langsung melakukan change management dengan mengambil langkah percepatan atau quick win yang ditargetkan rampung dalam waktu 6 bulan,” kata Enriany, di Makassar, Kamis (6/10/2022).

Dia mengutarakan, pelabuhan Garongkong memiliki potensi pasar yang cukup besar. Selain itu, dermaga yang ada juga memiliki kedalaman yang cukup untuk disandari kapal kapal besar bahkan kapal dari luar negeri.

Manager Project Management Office (PMO) Transformasi Pelayanan Peti Kemas Pelindo Regional 4, Zaidan Gamel mengatakan, manajemen Pelindo menyiapkan anggaran Rp 2,5 miliar untuk proyek percepatan atau quick win pelabuhan Garongkong yang ditarget rampung Desember 2022.

“Ada tiga tahapan program yang dilakukan perusahaan dalam pengelolaan pengoperasian pelabuhan Garongkong. Pertama adalah program weekly yaitu program 2 minggu untuk melakukan assesment. Program tersebut sudah dilakukan dengan hasil kelayakan 14,16%. Setelah itu baru dilakukan perbaikan menjadi 100% siap pakai melalui program quick win selama 6 bulan,” terangnya.

Zaidan menambahkan, saat ini yang sedang dilakukan adalah program quickly, untuk tercapainya pengelolaan pelabuhan Garongkong yang efektif dan efisien.

Adapun program quick win yang sementara dikebut sudah mencapai progres 49%, yaitu perbaikan fisik intra dan supra seperti pemasangan marka K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di dermaga, pemasangan marka di lapangan dan di gate atau pintu masuk, serta pemasangan logo Pelindo, dan kemudian membangun container office.

"Selain itu, kami juga melakukan pembangunan stasiun Pandu dan akan memasang kamera CCTV di beberapa titik pelabuhan," tegasnya.

Menurut Zaidan, jika program quick win rampung, pengoperasian pelabuhan Garongkong akan diserahterimakan kepada Subholding Pelindo Multi Terminal (SPMT) agar pengelolaannya lebih fokus.

Seperti diketahui, SPMT merupakan anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia yang mengelola entitas bisnis kepelabuhanan di bidang operasi terminal multipurpose di Indonesia, seperti curah cair, curah kering, kargo umum, dan lain sebagainya.

"Dengan diserahterima operasikan pelabuhan Garongkong kepada SPMT, diharapkan operasionalnya akan lebih maksimal dan berdampak yang positif terhadap kinerja Perseroan dan tentunya juga terhadap pendapatan asli daerah atau PAD yang secara otomatis akan mendongkrak perekonomian khususnya di wilayah Sulsel,” tukas Zaidan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Green Tech Genjot Produksi Pasar Motor Listrik Tanah Air

Green Tech mampu memproduksi sebanyak 1.000 unit per hari, atau kira-kira sekitar 300.000 sampai 400.000 per tahun.

EKONOMI | 26 Januari 2023

Berdayakan Startup Digital, Telkomsel Hadirkan NextDev Academy

Telkomsel menghadirkan program pengembangan startup digital NextDev Academy ke-8 untuk membuka peluang perkembangan ekosistem pemberdayaan startup digital.

EKONOMI | 26 Januari 2023

Sri Mulyani: Anggaran Covid-19 Bisa Bangun 2 IKN

Sri Mulyani Indrawati mengatakan anggaran penanganan Covid-19 diperkirakan bisa digunakan untuk membangun dua ibu kota negara (IKN).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Pengamat: Perppu Cipta Kerja Bawa Indonesia Siap Hadapi Tantangan Global

Pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No. 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja

EKONOMI | 26 Januari 2023

Rupiah Hari Ini 26 Januari 2023 Ditutup Menguat ke Rp 14.947

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini Kamis (26/1/2023) ditutup menguat dibandingkan posisi kemarin.

EKONOMI | 26 Januari 2023

IHSG Hari Ini 26 Januari 2023 Ditutup Naik Jadi 6.864

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada penutupan perdagangan hari ini Kamis (26/1/2023) naik 34,8 poin (0,51%) ke level 6.864.

EKONOMI | 26 Januari 2023

Totalindo Bangun Hotel Soll Marina Alam Sutera Rp 75 Miliar

PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) melaksanakan pembangunan kantor dan Hotel Soll Marina Alam Sutera.

EKONOMI | 26 Januari 2023

Defisit APBN 2,38%, Airlangga: Konsolidasi Fiskal Berjalan Cepat

Airlangga Hartarto mengatakan konsolidasi fiskal berjalan lebih cepat dari perkiraan pemerintah yang terlihat dari defisit APBN 2022 2,8%.

EKONOMI | 26 Januari 2023

Demi Likuiditas Saham, Samudera Indonesia Stock Split 1:5

PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR), emiten transportasi laut akan melakukan pemecahan nilai saham (stock split) dengan rasio 1:5.

EKONOMI | 26 Januari 2023

Airlangga Hartarto: Perppu Cipta Kerja Segera Diputuskan di Paripurna

Airlangga Hartarto mengatakan DPR akan segera melakukan pengambilan keputusan terkait Perppu Cipta Kerja dalam sidang paripurna dalam waktu dekat ini.

EKONOMI | 26 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Juventus Dibelit Krisis, Ronaldo Khawatir Hak Uangnya yang Belum Dibayar

Juventus Dibelit Krisis, Ronaldo Khawatir Hak Uangnya yang Belum Dibayar

BOLA | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE