Logo BeritaSatu

Pelindo Optimistis Pelabuhan Garongkong Rampung Akhir 2022

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:41 WIB
Oleh : Ifan Ahmad / FER

Makassar, Beritasatu.com - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 optimistis target program quick win atau percepatan Pelabuhan Garongkong rampung pada akhir tahun 2022.

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis, mengatakan sejak 1 Juli 2022 pengoperasian Pelabuhan Garongkong resmi diserahkan kepada Pelindo di bawah pengelolaan Regional 4 Parepare. Sebelumnya, pelabuhan yang banyak melayani bongkar muat kegiatan curah dan berlokasi di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) ini dikelola Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Advertisement

"Sejak 1 Juli 2022, Pelindo resmi mengelola pengoperasioan pelabuhan Garongkong. Sejak itu, kami langsung melakukan change management dengan mengambil langkah percepatan atau quick win yang ditargetkan rampung dalam waktu 6 bulan,” kata Enriany, di Makassar, Kamis (6/10/2022).

Dia mengutarakan, pelabuhan Garongkong memiliki potensi pasar yang cukup besar. Selain itu, dermaga yang ada juga memiliki kedalaman yang cukup untuk disandari kapal kapal besar bahkan kapal dari luar negeri.

Manager Project Management Office (PMO) Transformasi Pelayanan Peti Kemas Pelindo Regional 4, Zaidan Gamel mengatakan, manajemen Pelindo menyiapkan anggaran Rp 2,5 miliar untuk proyek percepatan atau quick win pelabuhan Garongkong yang ditarget rampung Desember 2022.

“Ada tiga tahapan program yang dilakukan perusahaan dalam pengelolaan pengoperasian pelabuhan Garongkong. Pertama adalah program weekly yaitu program 2 minggu untuk melakukan assesment. Program tersebut sudah dilakukan dengan hasil kelayakan 14,16%. Setelah itu baru dilakukan perbaikan menjadi 100% siap pakai melalui program quick win selama 6 bulan,” terangnya.

Zaidan menambahkan, saat ini yang sedang dilakukan adalah program quickly, untuk tercapainya pengelolaan pelabuhan Garongkong yang efektif dan efisien.

Adapun program quick win yang sementara dikebut sudah mencapai progres 49%, yaitu perbaikan fisik intra dan supra seperti pemasangan marka K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di dermaga, pemasangan marka di lapangan dan di gate atau pintu masuk, serta pemasangan logo Pelindo, dan kemudian membangun container office.

"Selain itu, kami juga melakukan pembangunan stasiun Pandu dan akan memasang kamera CCTV di beberapa titik pelabuhan," tegasnya.

Menurut Zaidan, jika program quick win rampung, pengoperasian pelabuhan Garongkong akan diserahterimakan kepada Subholding Pelindo Multi Terminal (SPMT) agar pengelolaannya lebih fokus.

Seperti diketahui, SPMT merupakan anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia yang mengelola entitas bisnis kepelabuhanan di bidang operasi terminal multipurpose di Indonesia, seperti curah cair, curah kering, kargo umum, dan lain sebagainya.

"Dengan diserahterima operasikan pelabuhan Garongkong kepada SPMT, diharapkan operasionalnya akan lebih maksimal dan berdampak yang positif terhadap kinerja Perseroan dan tentunya juga terhadap pendapatan asli daerah atau PAD yang secara otomatis akan mendongkrak perekonomian khususnya di wilayah Sulsel,” tukas Zaidan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Sindir Sekaligus Apresiasi Kinerja Bank Mandiri

Jokowi apresiasi laba Bank Mandiri tumbuh 47%, "tetapi jangan-jangan bunganya tinggi banget".

EKONOMI | 1 Februari 2023

Pengguna Mobil Listrik Ingin SPKLU Diperbanyak

Pengalihan kendaraan bermotor menjadi kendaraan listrik menjadi salah satu alternatif solusi yang tengah dirancang oleh pemerintah

EKONOMI | 1 Februari 2023

Minyakita Langka di Gowa, Harganya Tembus Rp 18.000

Untuk harga Minyakita juga mengalami kenaikan, yang awalnya dijual HET Rp 14.000 per liternya, kini naik menjadi Rp 15.000 hingga Rp 18.000 per liternya.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Jokowi: Hilirisasi adalah Kunci Indonesia Menjadi Negara Maju

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut hilirisasi menjadi kunci yang dapat membuat Indonesia menjadi negara maju.

EKONOMI | 1 Februari 2023

BNI Ventures Raih Izin Usaha dari OJK

PT BNI Modal Ventura (BNI Ventures) akhirnya meraih izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai perusahaan modal ventura (PMV).

EKONOMI | 1 Februari 2023

Danamon-MUFG Bentuk Garuda Fund Senilai US$ 100 Juta

PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan MUFG Bank mengumumkan penempatan dana  senilai US$ 100 juta (sekitar Rp 1,5 triliun) untuk Garuda Fund.

EKONOMI | 1 Februari 2023

BPS: Inflasi Januari 2023 Melandai ke 5,28%

BPS Inflasi Indonesia pada Januari 2023 mencapai 5,28% secara year on year (yoy) atau lebih rendah dibandingkan Desember 2022.

EKONOMI | 1 Februari 2023

IHSG Hari Ini 1 Februari 2023 Naik 30 Poin di Sesi Siang

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sesi I siang hari ini Rabu 1 Februari 2023 naik 30,7 poin (0,45%) ke level 6.870.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Fantastis! Gaji Kepala Otorita IKN Rp 179 Juta Sebulan

Gaji kepala otorita IKN atau ibu kota negara Nusantara terbilang fantastis atau mencapai Rp 172,7 juta sebulan.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Garap Gedung Perkantoran, Raksasa Jepang Ambil 25% Saham Entitas BSD

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) atau BSD menggandeng investor Jepang, Hankyu Hanshin Properties JOIN ID-DCP LLC.

EKONOMI | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Sindir Sekaligus Apresiasi Kinerja Bank Mandiri

Jokowi Sindir Sekaligus Apresiasi Kinerja Bank Mandiri

EKONOMI | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE