Logo BeritaSatu

Indonesia-Jepang Perkuat Ekosistem Startup Indonesia

Jumat, 7 Oktober 2022 | 07:45 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Guna memperkuat ekosistem startup antara korporasi Jepang dan Indonesia, Japan External Trade Organization (Jetro) Jakarta mengambil langkah strategis menggelar Japan Indonesia Innovation Meetup 2022.

Berkolaborasi dengan Indogen Capital, acara ini mempertemukan perusahaan rintisan Jepang dan Indonesia, korporasi dan lebih dari 150 eksekutif level dari korporasi terkemuka dari Jepang dan Indonesia.

Mengusung tema “Innovation & Investment Landscape during Tough Times,” Japan Indonesia Innovation Meetup bertindak sebagai jembatan bagi komunitas startup Jepang agar dapat berkolaborasi dengan leading startup dan korporasi demi menciptakan inovasi.

Senior Director Jetro Jakarta, Kentaro Machii menyatakan kolaborasi tersebut untuk mempercepat transformasi digital dan green transformation di Indonesia dan Jepang. Minat besar perusahaan Jepang pada startup Indonesia dapat mendukung sinergi pada bisnis mereka.

"Begitu pula sebaliknya banyak startup Jepang dengan teknologi baru yang canggih di bidang seperti IoT, AI, dan Aerospace tertarik untuk memperluas bisnisnya ke Indonesia dan mencari partner lokal. Tujuan Jetro adalah untuk menghubungkan perusahaan-perusahaan tersebut untuk kerja sama yang saling menguntungkan. Kami berharap kami dapat melihat kolaborasi yang menarik ke depannya," kata Kentaro dalam keterangannya pada Kamis (6/10/2022).

Dijelaskan, acara berlangsung dengan empat aktivitas sebagai kunci kolaborasi dari perusahaan Jepang dan Indonesia. Yakni pitching startup Indonesia dan Jepang untuk memperkenalkan bisnis di mata korporasi, panel discussion yang memberikan gambaran bagaimana landscape investasi di Indonesia dan dibawakan oleh praktisi yang berpengalaman, serta exclusive dinner yang mendukung business matching antara startup dan korporasi.

Managing Partner dari Indogen Capital, Chandra Firmanto menyatakan pihaknya selama ini sudah menjadi leading venture capital di Asia Tenggara dalam memberikan value added untuk startup ecosystem. Mereka secara konsisten menghubungkan leading startups dengan leading corporations.

Gelaran acara Japan-Indonesia Innovation Summit 2022 merupakan bentuk konsistensi Jetro dan Indogen dalam menciptakan value collaboration dengan menghadirkan leading startups dengan leading corporations antara Jepang dan Indonesia.

"Kami siap memberikan dukungan konsultasi gratis untuk perusahaan Jepang dan Indonesia yang ingin berkolaborasi satu sama lain atau dengan startup terkemuka dari Jepang dan Indonesia,” pungkas Partner Indogen Capital, Halim.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bulan Maret Panen Raya, DPR Minta Bulog Serap Beras Petani Sebanyak-banyaknya

Bulog diminta untuk segera menyiapkan diri saat panen raya akan berlangsung pada bulan Maret mendatang, sehingga Kementan tidak perlu impor beras.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Belajar Dari Pengalaman, Fraksi PKS Wanti-wanti Beras Impor Bisa Membusuk

Bulog sebaiknya fokus melakukan penyerapan dibanding bersuara melakukan impor beras di saat petani akan melakukan panen raya.

EKONOMI | 8 Desember 2022

DPR Pertanyakan Serapan Beras Bulog

Persediaan beras nasional mencapai 8.727.752 ton, stok ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Sempat Anjlok 135 Poin, IHSG Ditutup Melemah Tipis

Sempat anjlok 135 poin, IHSG akhirnya ditutup hanya turun sekitar 14,52 poin (0,21%) menjadi 6.804,23.

EKONOMI | 8 Desember 2022

PT Mattel Indonesia Bakal Produksi 3 Juta Boneka Barbie Per Minggu

PT Mattel Indonesia (PTMI) akan menggenjot produksi boneka Barbie hingga 3 juta per minggu atau 156 juta boneka Barbie dalam setahun.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Ini Upaya PNM Dorong Pengembangan Talenta Perusahaan

PT PNM menggelar Innovation Festival (I-Fest) 2022 untuk memberikan semangat inovasi, kolaborasi, serta mengembangkan talenta perusahaan.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Sasar Milenial, Sanex Lakukan Sejumlah Perubahan Strategi

Selain logo baru, perubahan dilakukan Sanex pada tahun 2022 ini di antaranya  pembaruan manajemen hingga memperluas distribusi produk,

EKONOMI | 8 Desember 2022

Kurs Rupiah Cenderung Stabil di Kisaran Rp 15.600

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Kamis (8/12/2022) terpantau menguat ke kisaran Rp 15.600.

EKONOMI | 8 Desember 2022

IHSG Sempat Anjlok ke Level Terendah 2022, Ini Penyebabnya

IHSG terjun bebas hingga sempat sentuh 6.690, level intraday terendah dalam 11 bulan sebelum akhirnya kembali ke kisaran 6.752.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Bulog Subang Pastikan Stok Beras Aman hingga Maret 2023

Harga beras di Jawa Barat kini masih tinggi. Di Pasar Tradisional Terminal Subang, harga beras mengalami kenaikan Rp 2.000 hingga Rp 3.000 per kilogram.

EKONOMI | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rekonstruksi Balita Tewas Dibanting, Pelaku Sempat Gendong Korban

Rekonstruksi Balita Tewas Dibanting, Pelaku Sempat Gendong Korban

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE