Logo BeritaSatu
Berkapasitas 42 kWp,

PTBA Bangun PLTS Irigasi Sawah di Lampung Tengah

Jumat, 7 Oktober 2022 | 14:27 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memulai pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 42 kilowatt peak (kWp) di Kampung Rejosari Mataram, Kecamatan Seputih Mataram, Kabupaten Lampung Tengah.

PLTS ini nantinya akan menyuplai listrik untuk 2 pompa irigasi yang mengairi sawah seluas 150 hektar.

Peletakan batu pertama pembangunan PLTS dilaksanakan di lahan persawahan Kampung Rejosari Mataram pada Rabu (5/10/2022).

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dan General Manager PTBA Unit Pelabuhan Tarahan Dadar Wismoko hadir dalam kesempatan ini.

Dadar Wismoko menyampaikan harapannya agar PLTS tersebut nantinya bermanfaat bagi para petani di Kampung Rejosari. Dengan pengairan yang lancar dari irigasi, panen akan meningkat.

"Harapan kami, semoga bisa bermanfaat khususnya di lahan pertanian di Lampung Tengah yang merupakan lumbung padi, jagung, ketela, dan lainnya. Semoga dengan bantuan ini nanti irigasi tidak jadi masalah lagi, lahan semakin subur. Saya mewakili manajemen PTBA menyampaikan terima kasih kepada Pak Bupati dan seluruh warga yang ada di Lampung Tengah ini karena sudah menerima dengan baik bantuan kami, mari kita sama-sama merawatnya," ujar Dadar Wismoko.

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad menuturkan bahwa selama ini para petani di Kampung Rejosari Mataram hanya bisa panen 1 kali dalam setahun karena kurangnya pengairan. Dengan adanya PLTS irigasi dari PTBA, diharapkan panen bisa meningkat sampai 3 kali setahun.

"Mudah-mudahan dengan adanya pompa irigasi ini, Insyaallah masyarakat bisa 3 kali tanam yang dilakukan di Rejosari Mataram," katanya.

Ia juga berpesan agar PLTS irigasi ini dijaga oleh masyarakat supaya bisa terus mendukung pertanian.

"Ini sangat luar biasa bapak ibu sekalian, ini pakai tenaga surya. Hampir-hampir para petani tidak menguarkan dana lagi untuk merawat ini semua ke depannya. Oleh karena itu, ke depan kita bisa menjaga kelangsungannya, bagaimana kita bisa menjaga alat ini supaya efektif untuk kepentingan masyarakat kita semua," ucapnya.

Perwakilan petani yang juga Ketua P3A Rejosari Mataram, Hajisheri, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dan PTBA yang memberikan bantuan kepada para petani.

"Mudah-mudahan bantuan PLTS ini dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat Rejosari Mataram," tutupnya.

Program CSR PLTS irigasi merupakan upaya PTBA untuk mendorong pemanfaatan energi terbarukan, memberdayakan masyarakat, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. Diharapkan program ini dapat meningkatkan kemandirian sosial ekonomi masyarakat, dan mengoptimalkan hasil produksi pertanian. Selain itu, pembangunan pembangkit listrik berbasis tenaga surya menjadi salah satu upaya PTBA dalam gerakan transformasi untuk pemanfaatan sumber energi yang ramah lingkungan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dijanjikan 600.000 Ton Beras, Bulog: Hanya Ada 166.000 Ton

Dirut Bulog, Budi Waseso (Buwas) mengungkapkan, dari data yang disampaikan Kementan sebanyak 600.000 ton, Bulog hanya bisa menyerap sebanyak 166.000 ton.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Awas Tertipu Perangkat Bodong, Begini Cara Cek IMEI HP

Masyarakat diminta untuk memastikan nomor IMEI HP yang tercantum dalam kemasan dengan jumlah SIM yang digunakan agar tidak tertipu ponsel atau HP bodong.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BPJS Kesehatan Dukung Kemenkes Naikkan Tarif Layanan RS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendukung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk kenaikan tarif layanan kesehatan rumah sakit (RS).

EKONOMI | 7 Desember 2022

APSI: Jasa Unlock IMEI Rugikan Industri dan Negara

Asosiasi Pengusaha Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) menilai jasa unlock IMEI untuk ponsel ilegal di marketplace telah merugikan industri dan negara.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Beda dengan Kripto, Digital Rupiah Akan Jadi Alat Pembayaran Sah

Berbeda dengan kripto, digital rupiah akan diterapkan menjadi alat pembayaran yang sah.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Rayu Investor AS, Airlangga Pamer Kinerja Ciamik Indonesia

Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia terbukti sebagai negara yang bertahan dari krisis dengan tetap menjamin ketahanan ekonomi dan politik.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Prospek TOD 2023 Cerah, Adhi Commuter Bidik Kinerja Positif

Gema Goeyardi pendiri sekaligus CEO Astronacci International menjadi anggota Forbes Finance Council. 

EKONOMI | 7 Desember 2022

BKPM Sudah Terbitkan 2,9 Juta Nomor Induk Berusaha

BKPM menyampaikan bahwa total Nomor Induk Berusaha (NIB) yang telah diterbitkan mencapai 2,9 juta NIB per 5 Desember 2022.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BI: Cadangan Devisa November Naik Jadi US$ 134 Miliar

BI melaporkan posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada November 2022 naik jadi US$ 134 miliar dari Oktober 2022 senilai US$ 130,2 miliar.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Ini Bedanya Mata Uang Rupiah Digital dengan Uang Tunai

Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat akan mengimplementasikan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau rupiah digital.

EKONOMI | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

NEWS | 34 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE