Logo BeritaSatu

Kemenhub Siapkan Operasional Bus Damri Rute Kupang-Dili

Senin, 10 Oktober 2022 | 22:23 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Kupang, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan kehadiran layanan angkutan lintas batas negara (ALBN) rute Kupang-Dili. ALBN rute Kupang-Dili tersebut, rencananya akan dioperasikan oleh Perum Damri.

Kehadiran layanan ALBN ini, merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) on Cross Border Movement of Commercials Buses and Coaches Between Indonesia and Timor Leste, yang telah ditandatangani oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia dan Menteri Transportasi dan Komunikasi Timor Leste.

Advertisement
Kemenhub Siapkan Operasional Bus Damri Rute Kupang-Dili
Pembahasan standard operating procedures (SOP) dan persiapan uji coba angkutan lintas batas negara (ALBN) rute Kupang-Dili di Hotel Sotis, Kupang, 10 Oktober 2022.

"Saat ini tengah dilakukan penyusunan standard operating procedures (SOP) yang akan dijadikan pedoman dalam implementasi MoU tersebut antara kedua belah pihak," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Amirulloh di acara pembahasan SOP dan persiapan uji coba operasional bus ALBN, di Hotel Sotis Kupang, Senin (10/10/2022).

Amirulloh menjelaskan, kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi), dimana Indonesia dan Timor Leste sepakat membuka lintas batas negara antara Kupang dan Dili.

"Hal ini kemudian dilanjutkan dengan MoU oleh Menteri Perhubungan pada Juli lalu. Hari ini kami membahas secara rinci SOP nanti akan seperti apa, dan telah disepakati oleh kedua belah pihak,” jelas Amirulloh.

Menurut Amirulloh, kehadiran angkutan lintas batas negara dari wilayah Indonesia yakni Kupang, NTT menuju Dili di wilayah Timor Leste merupakan bagian kerja sama Indonesia-Timor Leste di bidang transportasi.

"Hari ini juga akan dilakukan uji coba bersama rekan-rekan dari Timor Leste dan kita akan melihat di titik mana yang akan menjadi tempat pemberhentian penumpang. Ini sangat penting karena jarak tempuhnya cukup jauh, lebih dari 9 jam," imbuhnya.

Menurut aturan, tambah Amirulloh, apabila sudah mengendarai lebih dari 4 jam, maka pengemudi harus beristirahat dan/atau operator harus menyediakan pengemudi cadangan.

"Nanti akan kita lihat titik titik mana yang dapat disediakan tempat istirahat,” jelas Amirulloh.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Bawang Merah di Tegal Melambung hingga Tembus Rp 40.000 Per Kg

Harga bawang merah di Tegal, Jawa Tengah naik bahkan menembus Rp 40.000 per kilogram atau melampaui harga acuan Kemendag yakni Rp 32.000 per kg. 

EKONOMI | 4 Februari 2023

Jelang Pemilu 2024, Minat IPO di BEI Tetap Tinggi

Sejak awal tahun hingga memasuki Februari 2023, sebanyak 11 perusahaan baru tercatat masuk Bursa Efek Indonesia (BEI).

EKONOMI | 4 Februari 2023

Dalam Seminggu, IHSG Menguat 0,18%, Kapitalisasi Naik Tipis

IHSG mengalami peningkatan selama periode tanggal 30 Januari sampai dengan 3 Februari 2023, yaitu sebesar 0,18% menjadi 6.911,732 dari 6.898,981.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Data Ketenagakerjaan Positif, Wall Street Justru Melemah

Wall Street jatuh ditutup lebih rendah setelah rilis data ketenagakerjaan AS yang positif memicu kekhawatiran kenaikan suku bunga lebih tinggi.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Penuhi Kebutuhan Organisasi, OJK Angkat 268 Pegawai Baru

Pengangkatan 268 pegawai baru ini guna memenuhi kebutuhan OJK dalam menjalankan amanat undang-undang dan kewenangan tugas yang terus meningkat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023

OJK Sebut 11 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono menyampaikan, sebanyak 11 perusahaan asuransi masuk dalam kategori pengawasan khusus OJK.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Izin Bursa Kripto Berlarut-larut Tanpa Kepastian

Pembentukan bursa kripto di Indonesia belum terwujud padahal dimulai sejak 2020 dan sempat ditargetkan terbentuk pada 2021.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dikenal Sejak PD II, Ini Keuntungan Penggunaan Balon Mata-mata

Dikenal Sejak PD II, Ini Keuntungan Penggunaan Balon Mata-mata

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE