Logo BeritaSatu

Jokowi Ungkit 28 Negara Pasien IMF, Luhut Tegaskan Indonesia Tak Termasuk

Selasa, 11 Oktober 2022 | 11:12 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyinggung adanya 28 negara yang mengantre untuk menjadi pasien International Monetary Fund (IMF). Hal itu disampaikan Jokowi saat menyampaikan sambutan Investor Daily Summit 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Terkait pernyataan itu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan menegaskan Indonesia tidak termasuk dalam 28 negara yang mengantre menjadi pasien IMF tersebut.

Advertisement

"Presiden sampaikan ada 28 negara sekarang yang sudah antre masuk di IMF. Kita jauh dari itu," ujar Luhut usai menghadiri agenda Investor Daily Summit 2022.

Untuk itu, Luhut menegaskan, semua pihak harus bersikap optimistis terkait investasi dan perekonomian nasional. Dia menyatakan, optimisme terhadap perekonomian nasional harus dibangun semua pihak.

"Jadi optimisme harus dibangun. Jangan kita bicara tidak jelas," tutur Luhut.

Tak lupa, dia juga berpesan semua pihak harus menjaga kekompakan serta memerhatikan UMKM. Dia menekankan, kedua hal itu merupakan kunci yang mesti diperhatikan untuk menghadapi semua persoalan.

"Kalau kita semua kompak seperti Presiden sampaikan tadi, waktu kita nanganin Covid, pastilah kita juga bisa keluar. Semua tergantung kita," ungkapnya.

Diberitakan, Jokowi sempat menyinggung terkait ketidakpastian ekonomi. Dikatakan, ada puluhan negara yang kini tengah mengantre untuk mendapat bantuan IMF.

"Pagi tadi saya mendapatkan informasi pertemuan di Washington DC, yaitu 28 negara sudah antre di markasnya IMF menjadi pasien," tutur Jokowi saat memberikan sambutan dalam agenda Investor Daily Summit 2022.

Terkait hal itu, Jokowi menekankan agar semua pihak menjaga optimismenya. Namun demikian, sikap hati-hati dan waspada juga harus tetap dimiliki semua pihak.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Beras Naik, Bulog Polewali Mandar Gelontorkan 700 Ton Beras ke Pasar

Harga beras di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mengalami kenaikan sejak awal tahun 2023.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Investor Cermati Pertumbuhan Ekonomi, Pasar Obligasi Akan Menguat

Pasar obligasi di dalam negeri diproyeksi akan menguat terbatas di awal pekan, menyusul rencana pengumuman pertumbuhan ekonomi 2022.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Bursa Asia Mixed karena Laporan Pekerjaan AS dan Bunga Fed

Bursa Asia Pasifik beragam (mixed) pada Senin (6/2/2023) karena laporan pekerjaan Amerika Serikat (AS) lebih kuat dari perkiraan.

EKONOMI | 6 Februari 2023

GOTO Jajaki Jual Aset Non-Inti agar Cepat Hasilkan Cuan

PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) tengah mengkaji menjual aset dalam bentuk investasi di saham perusahaan non-inti untuk mempercepat cuan.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Harga CPO Dipengaruhi Rencana Stop Ekspor Malaysia dan B35

Pergerakan harga CPO pada pekan ini akan bergantung sejumlah indikator penting di pasar CPO Malaysia dan program B35 di Indonesia.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Dana Asing Masih Deras, Harga SUN Pekan Ini Diprediksi Naik

Harga SUN diproyeksi kembali menguat pada pekan ini, seiring maraknya aliran dana asing (capital inflow) ke pasar surat berharga negara (SBN).

EKONOMI | 6 Februari 2023

Investor Pantau Rilis Pertumbuhan Ekonomi, Arah IHSG?

Sementara dari dalam negeri, pelaku pasar mencermati rilis pertumbuhan ekonomi Indonesia karena menjadi dasar gerak IHSG.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Harga Batu Bara Hancur-hancuran, Rebound-nya Kapan?

Harga batu bara hancur-hancuran pada awal 2023 setelah pada akhir pekan lalu Jumat (3/2/2023) mencapai US$ 222,5 per ton.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Pasokan Minyakita Ditargetkan Normal Dua Pekan Lagi

Kemendag menargetkan pasokan Minyakita, kembali normal di pasar tradisional mulai pertengahan Februari 2023.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Pekerjaan Apa Saja yang Bisa Digantikan Artificial Intelligence?

Artificial intelligence (AI) mampu menggantikan peran manusia dalam kehidupan sehari-hari, seperti customer service hingga polisi lalu lintas.

EKONOMI | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lagi, Striker Madrid Vinicius Jr Jadi Korban Perlakuan Rasis

Lagi, Striker Madrid Vinicius Jr Jadi Korban Perlakuan Rasis

BOLA | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE