Logo BeritaSatu

ANTM Dekati Pemain Global Industri Baterai Kendaraan Listrik

Rabu, 12 Oktober 2022 | 10:21 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam terus menjajaki kerja sama dengan perusahaan global (global player) di industri baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Langkah ini dilakukan untuk memanfaatkan besarnya potensi pertumbuhan di industri kendaraan listrik ke depannya.

"Kami melihat bahwa kesempatan ini tidak boleh lewat begitu saja, dan harus masuk ke dalam proyek baterai listrik. Karena kalau dilihat, komponen ini sangat penting dalam pengembangan ekosistem EV. Dan kami memang harus bermitra dengan strategic partner, tentunya adalah mereka yang global player," kata Direktur Utama Antam Nico Kanter pada acara BNI Investor Daily Summit 2022, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, (11/10/2022).

Advertisement

ANTM melalui anak usahanya, PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) telah memulai kerja sama patungan (joint venture/JV) pengembangan industri baterai EV dengan perusahaan global seperti dengan CATL melalui Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co., Ltd. (CBL) dan PT LG Energy Solutions (LGES), bernilai US$ 15 miliar. Hasil dari JV ini direncanakan rampung pada kuartal IV-2022. "CATL dan LG adalah produsen baterai EV nomor satu dan nomor dua dunia. Kami juga menjajaki satu kerja sama dengan the biggest precussor produser. Kami belum bisa mengungkapkan lebih jauh, karena masih dalam penjajakan," ujar dia.

Nico mengatakan, pihaknya sebagai anggota MIND ID-BUMN Holding Industri Pertambangan mendapat tugas dari pemerintah untuk mendukung program hilirisasi pertambangan. "Dan salah satu kuncinya adalah bahan baku baterai listrik yang dikelola Antam. Kami punya sumber daya (resources) dan cadangan (reserve) yang patut disyukuri dan bisa dimanfaatkan dengan baik," ujar dia.

Dia menjabarkan, ANTM memiliki cadangan bijih nikel yang mencapai 382 juta ton, terdiri dari 333 juta ton bijih nikel kadar tinggi (saprolit) dan 49 juta ton bijih nikel kadar rendah (limonit). Saprolite digunakan untuk bahan baku stainless steel, sementara limonite akan menjadi bahan baku baterai EV.

"Kalau dilihat dari resources, kami punya 1,4 miliar ton bijih nikel, di mana 900 juta ton terdiri dari Saprolite dan 500 juta lebih Limonite. Antam memiliki sumber daya ini di berbagai wilayah di Indonesia, dan kami juga membuat joint venture untuk menggarap resources ini," jelas dia.

Nico mengatakan, masuknya ANTM ke ekosistem baterai kendaraan listrik akan berdampak positif bagi perusahaan, baik dari sisi keberlanjutan (sustainability) usaha maupun kinerja keuangan. Proyek ini juga akan menguntungkan dari sisi pajak dan mendatangkan lapangan pekerjaan baru.

“Kami percaya dengan proyeksi bahwa perekonomian Indonesia pada tahun 2035 bisa menjadi top five, kita bisa mempersiapkan diri, sehingga kita bisa menjadi negara yang berkontribusi dalam EV battery,” ungkap dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penuhi Kebutuhan Organisasi, OJK Angkat 268 Pegawai Baru

Pengangkatan 268 pegawai baru ini guna memenuhi kebutuhan OJK dalam menjalankan amanat undang-undang dan kewenangan tugas yang terus meningkat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023

OJK Sebut 11 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono menyampaikan, sebanyak 11 perusahaan asuransi masuk dalam kategori pengawasan khusus OJK.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Izin Bursa Kripto Tersendat

Pembentukan bursa kripto di Indonesia belum terwujud padahal dimulai sejak 2020 dan sempat ditargetkan terbentuk pada 2021.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sero Survei Buktikan Kadar Perlindungan Vaksin Tak Berkurang dalam 6 Bulan

Sero Survei Buktikan Kadar Perlindungan Vaksin Tak Berkurang dalam 6 Bulan

NEWS | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE