Logo BeritaSatu

Hingga Agustus, Investor Aset Kripto Naik Jadi 16,1 Juta

Rabu, 12 Oktober 2022 | 17:13 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) merilis jumlah investor aset kripto di Indonesia sampai Agustus 2022 berjumlah 16,1 juta investor. Padahal pada akhir tahun 2021, total investor aset kripto hanya 11,2 juta yang menandakan investor kripto naik sekitar 43,75% pada Januari-Agustus 2022.

CEO Indodax, Oscar Darmawan emberikan respons terhadap keterangan resmi Bappebti ini. Menurutnya, dengan kenaikan jumlah investor kripto yang signifikan menandakan investasi aset kripto masih diminati masyarakat. “Meski di tahun 2022 ini market aset kripto sedang masuk fase winter, nyatanya peminat investasi kripto banyak, ini dibuktikan dengan penambahan jumlah investor aset kripto,” kata Oscar dalam keterangan resmi, Rabu (12/10/2022).

Advertisement

Menurutnya, saat market bearish merupkaan momen yang bisa dimanfaatkan investor aset kripto baik investor lama atau baru untuk mengumpulkan portofolio asetnya dengan harga miring. Selanjutnya bisa dijual kembali saat harga naik 2-3 tahun lagi. “Dengan jumlah investor tembus 16,1 juta investor, bukan tidak mungkin di tahun 2023 mencapai 20 juta investor,” jelas Oscar.

Bappebti juga merilis total nilai transaksi pada Januari-Agustus 2022 yang tercatat Rp 249,3 triliun. Meskipun mengalami penurunan 50% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, Oscar melihat hal Ini merupakan sesuatu yang wajar. Indodax sebagai crypto exchange tertua di Indonesia sejak 8 tahun lalu sudah mengalami fase market bearish lebih satu kali. Penurunan nilai transaksi saat market bearish adalah hal wajar apalagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya dimana market sedang bullish

“2021 merupakan tahun saat harga aset kripto sedang tinggi-tingginya. Bahkan Bitcoin dan Ethereum menyentuh all time high lebih satu kali. Nilai transaksi di tahun 2021 jauh lebih besar selain karena harga aset kripto yang sedang bullish, faktor banyaknya orang yang transaksi dan take profit pun banyak,” jelasnya.

Melihat perkembangan pasar aset kripto di Indonesia yang semakin maju Oscar memprediksi bahwa ekosistem kripto di Indonesia semakin kokoh ke depannya.

“Saya melihat bahwa Bappebti selaku regulator sangat tanggap membuat peraturan terkait aset kripto, seperti pengaturan aset kripto mana saja yang bisa diperdagangkan, menyetop izin exchange kripto baru-baru ini, dan peraturan lainnya yang terus diperbarui setiap waktu. Saya berharap, dengan regulasi yang dikeluarkan Bappebtidapat membuat investor aset kripto di Indonesia semakin aman dan nyaman khususnya ketika bertransaksi di exchange lokal yang sudah teregulasi Bappebti,” lanjut Oscar.

Untuk memperkokoh ekosistem kripto di Indonesia, Oscar berharap pemerintah segera meresmikan bursa berjangka kripto untuk membantu pengawasan transaksi jual beli aset kripto di exchange kripto teregulasi Bappebti.

“Sebagai pelaku industri, saya mendukung pembentukan bursa berjangka ini karena prospek bursa kripto sangat bagus dan bermanfaat, saya optimistis ini dapat memajukan ekosistem kripto di Indonesia menjadi jauh lebih baik,” kata Oscar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PIP Targetkan Pembiayaan Ultra Mikro untuk 2,2 Juta Debitur

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) akan menyalurkan pembiayaan ultra mikro (Umi) kepada 2,2 juta debitur pada tahun 2023.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Masuk Daftar Calon Gubernur BI, Ini Jawaban Sri Mulyani

Sri Mulyani mengatakan, penentuan dan masa pergantian Gubernur BI sudah diatur dalam Undang-Undang (UU).

EKONOMI | 31 Januari 2023

KSSK Pastikan Sistem Keuangan Nasional Berjalan Optimal

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) optimistis kondisi perekonomian berjalan membaik seiring optimalnya indikator perekonomian dan sistem keuangan.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Daikin Buka Kesempatan Berkarier di Industri Tata Udara

Program Daikin Goes to Campus menginspirasi mahasiswa terkait industri solusi tata udara sebagai bagian persiapan dalam memasuki dunia kerja.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Sri Mulyani: Modal Asing Masuk Pasar SBN Rp 48,53 Triliun

Sri Mulyani mengatakan, hingga 27 Januari 2023 tercatat aliran modal asing masuk ke pasar surat berharga negara (SBN) sebesar Rp 48,53 triliun.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Soal Penurunan Harga BBM, Airlangga: Kami Monitor Minyak Dunia

Airlangga: pemerintah tengah memonitor pergerakan harga minyak dunia. Minyak dunia jadi pertimbangan untuk menyesuaikan harga BBM bersubsidi.

EKONOMI | 31 Januari 2023

LPDB KUMKM Targetkan Penyaluran Dana Bergulir Rp 1,8 Triliun

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB KUMKM) menargetkan penyaluran dana bergulir Rp 1,8 triliun pada tahun 2023.

EKONOMI | 31 Januari 2023

KSSK Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Tetap Kuat di 2023

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menilai pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2023 akan berjalan optimal.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Ekspansi Usaha, Transkon Jaya Siapkan Capex Rp 600 Miliar

PT Transkon Jaya Tbk (TRJA) mengalokasikan belanja modal atau capex sebesar Rp 600 miliar untuk pembelian unit baru dan ekspansi usaha.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Area31 Gabungkan Data Center dengan Fasilitas Teleport

Area31 data center milik PT Dunia Virtual Online (DVO) telah resmi beroperasi dengan menyediakan empat data hall dengan total kapasitas 600 rak.

EKONOMI | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jenazah Personel Polres Metro Kepulauan Seribu Dibawa ke Rumah Duka di Sunter

Jenazah Personel Polres Metro Kepulauan Seribu Dibawa ke Rumah Duka di Sunter

NEWS | 22 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE