Logo BeritaSatu

Digitalisasi UMKM Kuliner Wujudkan Konsep Smart Food Court

Kamis, 13 Oktober 2022 | 10:29 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Esensi Solusi Buana (ESB) perusahaan teknologi restoran pintar bidang food and beverage (F&B) mendorong bisnis UMKM kuliner terdigitalisasi guna mewujudkan konsep smart food court.

"ESB berupaya memberi pengalaman masyarakat dapat mencoba langsung teknologi bidang F&B melalui konsep smart food court pertama di Indonesia," kata CEO ESB Restaurant Technology, Gunawan Woen dalam keterangan tertulisnya Kamis (13/10/2022).

Advertisement

Gunawan menjelaskan kolaborasi antar ekosistem yang dimiliki ESB -ESB POS, ESB POSLite, ESB Order, ESB KiosK, ESB Core (sistem ERP) dan ESB Goods- dengan UMKM, mewujudkan tata kelola bisnis pelaku usaha makin efektif dan efisien baik dalam operasional atau keuangan. "Di era disrupsi teknologi, diperlukan peningkatan literasi digital, ini menjadi kunci untuk UMKM dapat memperluas skala usaha dan melakukan tata kelola manajemen," kata dia.

Hingga kuartal III 2022, ESB telah menggandeng lebih 8.000 merchant yang tergabung dalam ekosistem. Merchant ini tidak hanya di Jabodetabek dan Solo, tetapi kota besar lainnya, seperti Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Bali.

Untuk menggandeng lebih banyak UMKM kuliner mewujudkan smart food court, ESB ikut berpartisipasi pada Indo Smart City (ISC) 2022 di Surakarta, 12-14 Oktober 2022. “Misi ESB mewujudkan digitalisasi UMKM sektor kuliner masih terus kami lakukan. Indo Smart City 2022 menjadi salah satu program, kami ingin mengedukasi dan menggandeng UMKM di Solo mendukung pemerintah mewujudkan konsep smart city," kata dia.

ISC 2022 yang membawa tema “Kolaborasi Multipihak dalam Membangun Ekosistem Smart City” menjadi wadah bagi ESB untuk memaksimalkan edukasi dan adaptasi digital kepada pelaku UMKM.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan UMKM Dinas Koperasi, UKM Perindustrian Kota Surakarta Rini Indriyani mengatakan Pemkot Solo mengapresiasi infrastruktur teknologi yang dibawa ESB dalam mewujudkan konsep smart food court di ISC 2022. "Hal ini menjadi kolaborasi yang dapat mendukung kemajuan UMKM sektor kuliner di Solo," kata dia.

Hingga saat ini, tercatat 2.000 pelaku UMKM sektor kuliner dari total 3.600 UMKM di Solo. "Besarnya UMKM kuliner menjadi misi bagi kami untuk dapat secara bertahap meningkatkan digitalisasi UMKM di Solo,” kata dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ramai Peminat, Kuota SBN Ritel Seri SBR012 Ditambah Jadi Rp 15 T

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menambah kuota pemesanan SBN ritel seri SBR012 dari Rp 10 triliun menjadi Rp 15 triliun.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Bapanas Tugaskan Bulog Jual Beras Medium ke Ritel Modern

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi mengatakan, langkah ini sesuai arahan Presiden Jokowi dalam rangka stabilisasi harga beras di tingkat konsumen.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

ASEAN dapat menjadi episentrum atau pusat pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitar dan level global.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyak Goreng Minyakita Sudah Mulai Menghilang di Pasaran

Sejumlah pedagang pun mulai mengeluhkan hilangnya Minyakita di pasaran, lantaran minyak goreng murah program pemerintah itu laris diburu masyarakat.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Bahaya Vape Mengincar, Mendag Kendalikan Impor Alat Pendukungnya

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan pengendalian impor vape dan alat penunjang lainnya.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyakita dan Curah di Makassar Langka Sepekan Terakhir

Minyak goreng (migor) subsidi dengan merek Minyakita, mulai langka di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) sepekan terakhir.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Jobubu Jarum Minahasa Bidik Laba & Pendapatan Naik 50%

PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER) optimistis pada 2023 pendapatan dan laba tumbuh hingga 50%.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Waskita Catat Kontrak Baru Rp 20 Triliun, Mayoritas dari IKN

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) membukukan nilai kontrak baru (NKB) sebesar Rp 20,23 triliun sampai akhir tahun 2022.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Sandiaga Uno Dorong UMKM Manfaatkan TikTok untuk Jualan

Menurut Sandiaga, saat ini banyak platform digital atau media sosial yang mampu mendorong produk pelaku ekraf dan UMKM naik kelas. Salah satunya TikTok

EKONOMI | 29 Januari 2023

Dituduh Manipulasi Saham, Orang Terkaya Asia Ini Kehilangan Rp 700 T

Aset orang terkaya di Asia Gautam Adani jatuh lebih dari US$ 50 miliar setelah dituduh memanipulasi saham oleh Hindenburg Research.

EKONOMI | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menang Tipis atas Roma, Napoli Kian Kukuh di Puncak Klasemen Serie A

Menang Tipis atas Roma, Napoli Kian Kukuh di Puncak Klasemen Serie A

BOLA | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE