Logo BeritaSatu

Searce dan Ayoconnect Manfaatkan API untuk Percepat Digitalisasi Perbankan

Jumat, 14 Oktober 2022 | 21:26 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

Jakarta, Beritasatu.com – Searce, sebagai perusahaan konsultan teknologi, menggandeng perusahaan platform Open Finance terbesar di Asia Tenggara Ayoconnect untuk bekerjasama mempercepat digitalisasi perbankan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi Application Programming Interface (API).

Bergabungnya Searce dan Ayoconnect tersebut bakal membantu lembaga keuangan, perusahaan rintisan (startup) dan bisnis untuk meluncurkan produk layanan digital baru dengan cepat serta membuka lebar akses keuangan untuk pencapaian target 90% inklusi keuangan pada 2024 di Indonesia.

Advertisement

Kemitraan itu juga digadang-gadang sebagai bagian dari strategi Searce untuk menjadi konsultan teknologi TI terdepan guna membantu berbagai jenis bisnis menuju modernisasi serta meningkatkan efektivitas, efisiensi dan profitabilitas perusahaan secara keseluruhan.

Country Director Searce di Indonesia Benedikta Satya mengatakan, gelombang baru disrupsi digital mendorong perusahaan untuk berinovasi lebih cepat dan mendukung pelanggan dengan lebih baik. Dalam hal ini, Searce telah mengambil porsi penting di dalam perjalanan digital transformasi Ayoconnect untuk menghadirkan produk keuangan digital dalam format standar bisnis di seluruh Asia Tenggara.

“Teknologi modern yang muncul, seperti cloud dan analisa big data dapat memberikan ketepatan informasi lapangan dan integrasi data yang akan membantu Ayoconnect meningkatkan kualitas produk dan layanan, memiliki sistem berkelanjutan dan mencapai peningkatan kinerja bisnis yang signifikan untuk mendukung lebih dari 200 perusahaan pengguna API Ayoconnect,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Jumat (14/10).

Ditambahkan Benedikta bahwa transformasi bisnis itu akan mengukuhkan serta mempercepat pertumbuhan industri teknologi cloud di Indonesia, yang diprediksi mendukung nilai pasar ekonomi digital Indonesia menjadi senilai US$ 146 miliar pada 2025.

Sehubungan dengan Open Banking API, lanjut dia, telah menjadi salah satu faktor keberhasilan strategis untuk model bisnis transaksi digital di sektor keuangan. Sehingga kedepannya dapat tercipta ekosistem digital, kolaborasi, berbagi data dengan tetap memperhatikan prinsip adopsi teknologi yang bertanggung jawab.

“Kecerdasan digital harus digalakkan, tidak hanya sebagai platform modern saja, namun juga sebagai pendukung untuk membangun sebuah platform integrasi data, membangun konektivitas, layanan keuangan yang terpersonalisasi untuk menuju cashless society,” tutur Benedikta.

Sementara itu, sejalan dengan pengadopsian modul Business to Business (B2B) telah terjadi peningkatan transaksi dan lalu lintas pelanggan yang sangat signifikan, sehingga Ayoconnect perlu meningkatkan kapasitas infrastruktur guna menskalakan perubahan yang terjadi dengan cepat tanpa membebani tim dan performa.

Di lingkungan cloud sebelumnya, infrastruktur bisnis dan tim DevOps harus menambahkan simpul dan mesin virtual baru secara manual untuk mencegahnya dari aktivitas yang dapat memberikan nilai lebih bagi bisnis. Sekarang, melalui pengoptimalan arsitektur yang diaktifkan oleh Google Cloud, Ayoconnect dapat menjaga tim tetap ramping dan biaya pemeliharaan serta pengembangannya tetap rendah.

“Pentingnya transformasi di bidang perbankan membuat kami untuk terus berinovasi dalam menyediakan solusi–solusi terbaik. Untuk itu, kolaborasi dengan Searce merupakan hal penting dalam pertumbuhan bisnis kami demi membantu digitalisasi transaksi keuangan dengan mengadopsi transformasi digital dengan lebih baik serta tepat pakai,” ungkap Co-Founder dan Chief Product & Technology Officer (CPTO) Ayoconnect Adi Vora.

Dengan dukungan Apigee API Management yang merupakan bagian dari Google Cloud Platform (GCP), dalam waktu singkat Ayoconnect dapat merancang, mengamankan, dan menskalakan berbagai infrastruktur finansial berbasis API. Kini, Ayoconnect dapat mendukung layanan sebanyak 1.000 kali lipat dalam hit API dibandingkan dengan iterasi B2C sebelumnya dan dapat mengurangi beban team DevOps, hingga dapat meningkatkan efisiensi sampai 70%.

Apigee sendiri merupakan sebuah API management yang berfungsi sebagai alat modernisasi aplikasi dan monetisasi saluran bisnis. Penggunaan teknologi ini memberikan nilai tambah bagi bisnis Ayoconnect melalui solusi manajemen Apigee API yang terintegrasi. Solusi Apigee dapat memberikan lapisan keamanan yang baik dan menyelesaikan berbagai tantangan industri financial yang ada saat ini.

Kemudian didukung oleh Searce, Ayoconnect pun siap memperluas pasar dan berfokus pada perusahaan yang bergerak di sektor perbankan, minyak dan gas (migas) dan manufaktur. Initiatif ini juga diklaim membuka lapangan kerja bagi generasi muda dan juga untuk mendukung Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 (BSPI 2025).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rupiah Hari Ini 9 Februari 2022 Ditutup Melemah ke Rp 15.099

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini Kamis (9/2/2023) ditutup melemah dibandingkan posisi kemarin.

EKONOMI | 9 Februari 2023

IHSG Hari Ini 9 Februari 2023 Ditutup Ambles ke 6.897

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada penutupan perdagangan hari ini Kamis (9/2/2023) turun 42,7 poin (0,62%) ke level 6.897.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Induk TikTok dan Douyin Jajaki Layanan Pesan Antar Makanan di Tiongkok

Induk TikTok, ByteDance, tengah menguji layanan pesan-antar makanan di Tiongkok melalui aplikasi video pendeknya Douyin.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Dukung Penerimaan Negara, Industri Kripto Mudahkan Lapor Pajak

Aplikasi penjualan aset kripto, PT Pintu Kemana Saja, turut berkontribusi pada pemasukan negara melalui pajak.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Mudahkan Capres Berikutnya, RPJPN 2025-2045 Rampung September

Bappenas menargetkan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Bagaimana Kesiapan Balikpapan Dukung IKN? Simak Berita Satu Spesial BTV Malam Ini

Bagaimana kesiapan Balikpapan secara infrastruktur dan SDM dalam membangun bangsa khususnya saat pemindahan IKN?

EKONOMI | 9 Februari 2023

30% dari 57 Juta Pelaku Mikro Ditargetkan Raih Akses Perbankan

Pemerintah menargetkan pada 2024 sekitar 30% pelaku usaha mikro sudah bisa mendapatkan akses kredit perbankan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Pasar PMI Besar, Deltomed Ekspor Antangin ke Taiwan

Produsen obat herbal dan jamu PT Deltomed Laboratories mengekspor produk unggulannya, Antangin JRG Syrup ke Taiwan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Sesi I IHSG Hari Ini Menguat, Bursa Asia Mixed

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 8,9 poin (0,07%) ke level 6.949 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Kamis (9/2/2023).

EKONOMI | 9 Februari 2023

Ditjen Bina Marga Dapat Anggaran Rp 49 Triliun, 17% untuk IKN

Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR  pada tahun 2023 memperoleh anggaran Rp 49 triliun.

EKONOMI | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rupiah Hari Ini 9 Februari 2022 Ditutup Melemah ke Rp 15.099

Rupiah Hari Ini 9 Februari 2022 Ditutup Melemah ke Rp 15.099

EKONOMI | 21 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE