Logo BeritaSatu

KSP Optimistis Jalan Pansela Kembangkan Ekonomi Pariwisata Jatim

Jumat, 21 Oktober 2022 | 00:35 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Kantor Staf Presiden (KSP) optimistis jalur Pantai Selatan (pansela) dapat mengembangkan arus perekonomian barang jasa serta meningkatkan pendapatan daerah melalui sektor pariwisata di pesisir selatan, khususnya di Jawa Timur (Jatim). Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Febry Calvin Tetelepta mengatakan jalan yang terbentang sejauh total 627,58 kilometer (km) itu memang menyajikan pemandangan dan pariwisata alam yang sangat indah.

“Terdapat potensi wisata alam seperti pantai dan jalur hijau pemandangan alam (perbukitan) yang menjadi nilai plus dari jalur pansela. Dengan potensi tersebut, harapannya pembangunan jalan Pansela menjadi momentum untuk mengejar ketertinggalan perekonomian di bagian selatan Jawa Timur,” kata Febry Calvin Tetelepta di Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Advertisement

Menurut Febry, pembangunan jalur Pansela akan memberikan akses yang lebih baik dan lebih mudah menuju berbagai lokasi wisata yang ada. Misalnya, di jalur Pansela ini, terdapat beberapa pantai alami seperti Pantai Kuteng Watulimo di Trenggalek, Pantai Genjor di Tulungagung, dan masih banyak lainnya.

Sementara itu, menurut Febry, KSP terus mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan jalan Pansela sebagai salah satu program strategis nasional. Penerbitan revisi persetujuan penggunaan kawasan hutan (PPKH) yang sempat tersendat ditargetkan selesai pada November 2022.

Melalui koordinasi lintas kementerian/lembaga yang dipimpin oleh KSP di Blitar, Jatim, Senin (17/10/2022), disepakati bahwa Pemprov Jawa Timur akan mendukung penganggaran pengadaan tanah pembangunan jalan Pansela.

Selain itu, Kementerian PUPR akan mengupayakan dana talangan untuk pengadaan tanah pascapenyelesaian persyaratan administrasi oleh pemerintah kabupaten.

“Sebenarnya kalau infrastruktur dasar pendukung jalan pansela sudah baik dan terencana, akan mudah investor untuk masuk, maka para kepala daerah silakan buat analisis terkait apa yang menjadi kebutuhan pascaselesainya pembangunan jalan Pansela ini,” terang Febry Calvin.

Jalan Pansela di Jawa Timur terbentang dari Kabupaten Pacitan hingga Kabupaten Banyuwangi, melewati sejumlah kabupaten lain, yakni Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, dan Jember. Berdasarkan data, saat ini penanganan jalan Pansela yang sudah ditangani sekitar 340,72 km dari total panjang 627,58 km.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sejak Awal 2023, Obligasi dan Sukuk di BEI Rp 4 Triliun

BEI mencatat sejak awal 2023 hingga akhir Januari, total emisi obligasi dan sukuk yang adalah enam emisi dari lima emiten senilai Rp 4 triliun.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Transmart Tutup, Ini Kekayaan Chairul Tanjung dan Pendiri Alfamart

Di tengah tutupnya sejumlah gerai Transmart yang dikelola PT Trans Retail Indonesia, kekayaan Chairul Tanjung masih menjulang.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga mengatakan, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menjadi ruang diskusi untuk merumuskan kembali industri pariwisata yang lebih adaptif.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Kemenaker Selesaikan Kasus Karyawan Lembur Tidak Dibayar

Haiyani menegaskan, Kemenaker menemukan adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur karaywan yang terjadi sejak September 2022.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Minta Perlakuan Ritel Modern Sama dengan Toko Online

Hippindo meminta perlakuan yang sama antara ritel modern dengan toko online, sehingga persaingan usaha antara yang offline dan online menjadi lebih sehat.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Beras Naik, Minyakita Langka di Sukabumi

Masyarakat keluhkan kenaikan beberapa bahan pokok penting, beras mahal, dan minyak goreng langka di Pasar Semi Modern (PSM) Cibadak

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Tanggapi Fenomena Banyak Gerai Ritel Modern Tutup

Hippindo ikut bersuara terkait fenomena tutupnya sejumlah gerai ritel modern, termasuk tujuh gerai Transmart ditutup permanen.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

“Saya melihat ini karena siklus bisnis saja, ada saatnya lesu dan ada saatnya naik,” kata Eisha M. Rachbini kepada Beritasatu.com.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Apakah AI Berbahaya bagi Manusia? Ini Kata Founder Prosa.ai

Teguh Eko Budiarto, CEO Prosa.ai, mengatakan skenario AI lepas kendali bisa saja terjadi, tetapi kecil kemungkinannya.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Beras Medium 5 Kg Tangerang Mulai Hilang, Kualitas Jelek

Di Pondok Aren, beras medium ukuran 10 kilogram dan 5 kilogram sudah tidak dijual karena kelangkaan stok dari gudang.

EKONOMI | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Duh, Ternyata Casemiro Sepanjang Karier Pakai Nama Salah di Jersey

Duh, Ternyata Casemiro Sepanjang Karier Pakai Nama Salah di Jersey

BOLA | 27 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE