Logo BeritaSatu

KSP Optimistis Jalan Pansela Kembangkan Ekonomi Pariwisata Jatim

Jumat, 21 Oktober 2022 | 00:35 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Kantor Staf Presiden (KSP) optimistis jalur Pantai Selatan (pansela) dapat mengembangkan arus perekonomian barang jasa serta meningkatkan pendapatan daerah melalui sektor pariwisata di pesisir selatan, khususnya di Jawa Timur (Jatim). Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Febry Calvin Tetelepta mengatakan jalan yang terbentang sejauh total 627,58 kilometer (km) itu memang menyajikan pemandangan dan pariwisata alam yang sangat indah.

“Terdapat potensi wisata alam seperti pantai dan jalur hijau pemandangan alam (perbukitan) yang menjadi nilai plus dari jalur pansela. Dengan potensi tersebut, harapannya pembangunan jalan Pansela menjadi momentum untuk mengejar ketertinggalan perekonomian di bagian selatan Jawa Timur,” kata Febry Calvin Tetelepta di Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Advertisement

Menurut Febry, pembangunan jalur Pansela akan memberikan akses yang lebih baik dan lebih mudah menuju berbagai lokasi wisata yang ada. Misalnya, di jalur Pansela ini, terdapat beberapa pantai alami seperti Pantai Kuteng Watulimo di Trenggalek, Pantai Genjor di Tulungagung, dan masih banyak lainnya.

Sementara itu, menurut Febry, KSP terus mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan jalan Pansela sebagai salah satu program strategis nasional. Penerbitan revisi persetujuan penggunaan kawasan hutan (PPKH) yang sempat tersendat ditargetkan selesai pada November 2022.

Melalui koordinasi lintas kementerian/lembaga yang dipimpin oleh KSP di Blitar, Jatim, Senin (17/10/2022), disepakati bahwa Pemprov Jawa Timur akan mendukung penganggaran pengadaan tanah pembangunan jalan Pansela.

Selain itu, Kementerian PUPR akan mengupayakan dana talangan untuk pengadaan tanah pascapenyelesaian persyaratan administrasi oleh pemerintah kabupaten.

“Sebenarnya kalau infrastruktur dasar pendukung jalan pansela sudah baik dan terencana, akan mudah investor untuk masuk, maka para kepala daerah silakan buat analisis terkait apa yang menjadi kebutuhan pascaselesainya pembangunan jalan Pansela ini,” terang Febry Calvin.

Jalan Pansela di Jawa Timur terbentang dari Kabupaten Pacitan hingga Kabupaten Banyuwangi, melewati sejumlah kabupaten lain, yakni Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, dan Jember. Berdasarkan data, saat ini penanganan jalan Pansela yang sudah ditangani sekitar 340,72 km dari total panjang 627,58 km.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemenkeu Alokasikan DAU Rp 396 Triliun di APBN 2023

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 396 triliun dalam APBN 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Flip for Business Dukung Pembayaran Digital bagi UMKM

Flip for Business mendukung pembayaran digital bagi UMKM lewat program Go Online atau Go Digital.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Melalui Dukungan Penuh Menteri BUMN, Kinerja Pertamina Tumbuh Signifikan

Upaya transformasi bisnis Pertamina dalam tiga tahun masa pandemi Covid-19 bukanlah pekerjaan ringan. Tetapi dukungan penuh dari Menteri BUMN sebagai pemegang saham yang mewakili pemerintah telah mengantarkan kinerja Holding Migas Indonesia ini terus tumbuh signifikan.

EKONOMI | 8 Februari 2023

BI Ungkap Syarat Indonesia Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan, Indonesia memiliki prospek untuk naik kelas menjadi negara berpendapatan tinggi atau high income country.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Keutamaan Infak: Dicintai Allah hingga Mendapat Naungan-Nya di Hari Akhir

Banyak amalan yang bisa kita lakukan untuk meraih pahala dari Allah SWT salah satu yang sangat mudah dilakukan adalah berinfak.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Kemenkeu Siapkan Dana Insentif Fiskal Daerah Rp 8 Triliun

"Dana insentif daerah sekarang namanya berubah menjadi insentif fiskal, dari sisi angka kita alokasikan sebesar Rp 8 triliun,” kata Luky.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Rupiah Hari Ini 8 Februari 2022 Ditutup Menguat Rp 15.095

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini Rabu (8/2/2023) ditutup menguat dibandingkan posisi kemarin.

EKONOMI | 8 Februari 2023

IHSG Hari Ini 8 Februari 2023 Ditutup Naik ke 6.940

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada penutupan perdagangan hari ini Rabu (8/2/2023) naik 4,8 poin (0,07%) ke level 6.940.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Ini Cara Bayar Denda Terlambat Lapor SPT Pajak

Lapor SPT pajak tahunan harus dilakukan oleh wajib pajak. Untuk cara bayar denda terlambat lapor SPT bisa melalui online.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Ini Jenis Formulir SPT Pajak Tahunan Pribadi 1770 SS, 1770 S, dan 1770

Formulir SPT pajak tahunan untuk orang pribadi terbagi menjadi tiga berdasarkan besaran dan sumber penghasilan serta status kepegawaian.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenkeu Alokasikan DAU Rp 396 Triliun di APBN 2023

Kemenkeu Alokasikan DAU Rp 396 Triliun di APBN 2023

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE