Logo BeritaSatu

LPEI Kolaborasi Kemendag Sukseskan Trade Expo Indonesia

Jumat, 21 Oktober 2022 | 06:38 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank sebagai special mission vehicle Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berkolaborasi bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebagai strategic partner pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 di ICE BSD, Tangerang, Banten pada 19-23 Oktober 2022.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir pada pembukaan Trade Expo Indonesia ke 37 berpesan kepada semua pihak untuk tetap menjaga optimisme. Terlebih neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus sepanjang tahun 2022, bahkan selama 29 bulan terakhir. Semangat optimisme ini terus didorong LPEI dalam melakanakan mandat dengan menyediakan fasilitas pembiayaan, penjaminan, asuransi dan jasa konsultasi kepada pelaku usaha Indonesia. Salah satunya melibatkan pelaku usaha baik UMKM dan korporasi untuk berpartisipasi pada pameran Trade Expo Indonesia (TEI) 2022.

Advertisement

Direktur Eksekutif LPEI, Riyani Tirtoso menyampaikan Trade Expo Indonesia menjadi ajang bagi para mitra binaan dan nasabah LPEI untuk memperluas akses pasar, melalui promosi dan business matching. "Diharapkan produk UMKM Indonesia dapat semakin dikenal ke mancanegara sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan ekspor nasional," kata Riyani dikutip Kamis (20/10/2022).

Pada perhelatan tersebut, Riyani berkesempatan menjelaskan langsung kepada calon buyer yang meninjau produk-produk mitra binaan LPEI dari Kanada. Buyer tersebut melihat potensi kelapa dan olahannya menjadi produk yang dapat mengisi 1.700 gerai yang dikelolanya. "Inilah peran strategis LPEI sebagai pendamping UMKM agar bisnis mereka berdaya saing ekspor dan berkelanjutan," tambah

LPEI setiap tahun mendukung Trade Expo Indonesia sebagai mitra strategis Kementerian Perdagangan untuk memberikan kesempatan dan wadah bagi pelaku usaha mempromosikan dan mempertemukan mereka dengan calon buyer dari luar negeri. "Semoga fasilitas yang diberikan LPEI dapat menjadi bekal bagi mitra binaan dan nasabah LPEI untuk semakin berdaya saing global," kata dia.

Salah satu mitra binaan LPEI, Nita Rocimah, Founder PT Swarga Sang Juragan menceritakan bahwa bisnis yang ia rintis mampu bertumbuh karena tidak lepas dari pendampingan dan pelatihan LPEI melalui Coaching Program for New Exporter (CPNE). Selain produk teh telangnya yang berhasil menembus ekspor, produk lainnya, buah pinang juga mampu menembus Bangladesh yang diwujudkan melalui penandatanganan sales contract dengan buyer di sela-sela kegiatan TEI 2022.

Sebagai sebagai strategic partner, LPEI turut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Trade Expo Indonesia ke-37 tahun 2022 yang meliputi business matching, business counseling dan pameran yang digelar selama tanggal 19-23 Oktober 2022. Dalam TEI kali ini, LPEI melibatkan 15 pelaku usaha yang berasal dari CPNE, Desa Devisa maupun nasabah LPEI.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ramai Peminat, Kuota SBN Ritel Seri SBR012 Ditambah Jadi Rp 15 T

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menambah kuota pemesanan SBN ritel seri SBR012 dari Rp 10 triliun menjadi Rp 15 triliun.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Bapanas Tugaskan Bulog Jual Beras Medium ke Ritel Modern

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi mengatakan, langkah ini sesuai arahan Presiden Jokowi dalam rangka stabilisasi harga beras di tingkat konsumen.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

ASEAN dapat menjadi episentrum atau pusat pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitar dan level global.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyak Goreng Minyakita Sudah Mulai Menghilang di Pasaran

Sejumlah pedagang pun mulai mengeluhkan hilangnya Minyakita di pasaran, lantaran minyak goreng murah program pemerintah itu laris diburu masyarakat.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Bahaya Vape Mengincar, Mendag Kendalikan Impor Alat Pendukungnya

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan pengendalian impor vape dan alat penunjang lainnya.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyakita dan Curah di Makassar Langka Sepekan Terakhir

Minyak goreng (migor) subsidi dengan merek Minyakita, mulai langka di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) sepekan terakhir.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Jobubu Jarum Minahasa Bidik Laba & Pendapatan Naik 50%

PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER) optimistis pada 2023 pendapatan dan laba tumbuh hingga 50%.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Waskita Catat Kontrak Baru Rp 20 Triliun, Mayoritas dari IKN

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) membukukan nilai kontrak baru (NKB) sebesar Rp 20,23 triliun sampai akhir tahun 2022.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Sandiaga Uno Dorong UMKM Manfaatkan TikTok untuk Jualan

Menurut Sandiaga, saat ini banyak platform digital atau media sosial yang mampu mendorong produk pelaku ekraf dan UMKM naik kelas. Salah satunya TikTok

EKONOMI | 29 Januari 2023

Dituduh Manipulasi Saham, Orang Terkaya Asia Ini Kehilangan Rp 700 T

Aset orang terkaya di Asia Gautam Adani jatuh lebih dari US$ 50 miliar setelah dituduh memanipulasi saham oleh Hindenburg Research.

EKONOMI | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Serie A Liga Italia: AC Milan Digebuk Sassuolo di San Siro

Serie A Liga Italia: AC Milan Digebuk Sassuolo di San Siro

BOLA | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE