Logo BeritaSatu

India Denda Google US$ 162 Juta karena Dominasi Pasar

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 12:47 WIB
Oleh : Grace Eldora Sinaga / WBP

New Delhi, Beritasatu.com– Pemerintah India mendenda Google lebih US$ 160 juta karena pengawas pemerintah yang menangani monopoli (antitrust) menemukan raksasa teknologi itu menyalahgunakan posisinya sebagai pemimpin di pasar ponsel pintar lokal.

Sistem operasi seluler Android perusahaan yang berbasis di California AS merupakan pemain dominan di India dan dijalankan pada 95% dari semua ponsel pintar di negara itu, menurut lembaga penelitian Counterpoint.

Advertisement

Namun Komisi Persaingan India (CCI) mengatakan Google telah mengonfigurasi platform tersebut untuk secara tidak sah menyingkirkan pesaing aplikasi populernya, termasuk YouTube dan web browser Chrome.

Android memiliki serangkaian aplikasi Google yang sudah dipasang sebelumnya pada ponsel, termasuk mesin pencari perusahaan itu sendiri. “Ini memberikan keunggulan kompetitif signifikan bagi layanan pencarian Google dibanding pesaingnya,” kata CCI dalam pernyataan resminya, dilansir dari AFP Jumat (21/10/2022).

“Pasar harus diizinkan untuk bersaing berdasarkan prestasi, dan tanggung jawab ada pada (Google)," tambahnya.

Komisi mengenakan denda 13,4 miliar rupee (US$ 162 juta) dan menginstruksikan Google agar tidak memaksa pengguna Android untuk menginstal aplikasinya terlebih dahulu.

Lembaga itu juga memberi tahu Google untuk tidak mengadakan perjanjian apa pun dengan produsen ponsel pintar, yang akan mendorong mereka hanya menjual perangkat berbasis Android atau secara eksklusif menggunakan perangkat lunaknya.

India adalah rumah bagi jumlah pengguna ponsel pintar tertinggi kedua di dunia, setelah Tiongkok.

Pasar ponsel pintar di negara itu tumbuh 27% secara tahun ke tahun (year on year/YoY) pada 2021, menurut Counterpoint, dengan penjualan tahunan melebihi 169 juta unit.

Lebih dari 60% ponsel yang dijual di negara tersebut berasal dari pabrikan Tiongkok terkemuka, termasuk Xiaomi dan Oppo.

Apple tetap menjadi pemain kecil. Namun perusahaan melihat beberapa terobosan dalam beberapa tahun terakhir. Bulan lalu Apple mengumumkan rencana memroduksi iPhone 14 andalannya secara lokal.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Uang Kripto Kraken Tutup Kantor di Abu Dhabi

Uang kripto Kraken telah menutup kantornya di Abu Dhabi kurang dari setahun setelah mendapatkan lisensi di wilayah tersebut.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Susut 0,18 Persen, Premi Industri Asuransi Tembus Rp 283,91 T

Industri asuransi komersial menutup tahun 2022 dengan akumulasi pendapatan premi Rp 283,91 triliun atau turun tipis 0,18% dibandingkan pencapaian tahun 2021.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Sebut Ekonomi Hijau Jadi Fokus Utama Transisi Energi

Bahlil menyatakan, salah satu fokus pemerintah adalah membangun ekonomi hijau baik melalui transisi energi maupun investasi berkelanjutan.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mortindo Bidik Peluang Proyek Infrastruktur IKN Nusantara

Direktur Mortindo, Budi Santoso mengatakan, pembangunan IKN Nusantara menjadi peluang bagi perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan infrastruktur.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Tetapkan Delapan Sektor Prioritas Hilirisasi

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menetapkan delapan sektor prioritas hilirisasi yang memiliki nilai US$ 545,3 miliar.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Setelah Tutup Tujuh Gerai, Ini Rencana Bisnis Transmart

Setelah menutup tujuh gerainya secara bertahap selama masa pandemi Covid-19, manajemen Transmart memastikan akan berlari lebih kencang.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Transmart Tutup Tujuh Gerai, Manajemen: Ini Langkah Efisiensi

Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid menyampaikan, Transmart tutup tujuh gerai secara permanen merupakan langkah efisiensi.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Pemerintah Siapkan 2 Strategi Antisipasi Lonjakan Harga Pangan Jelang Lebaran

Pemerintah telah menyiapkan strategi antisipasi lonjakan harga pangan yang biasanya terjadi menjelang Ramadan dan Lebaran.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mendag Minta Bulog Distribusikan Beras Langsung ke Pasar

Mendag Zulkifli Hasan meminta Perum Bulog untuk dapat mendistribusikan beras langsung ke penjual dan pengecer tanpa melalui perantara.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Segera IPO, Simak Laporan Keuangan Solusi Kemasan Digital

PT Solusi Kemasan Digital berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan mencapai 40,97% menjadi Rp 26,22 miliar per 31 Juli 2022

EKONOMI | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PLN Mobile Proliga 2023: Samator Tak Berdaya Hadapi STIN BIN di Gresik

PLN Mobile Proliga 2023: Samator Tak Berdaya Hadapi STIN BIN di Gresik

SPORT | 45 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE