Logo BeritaSatu

Sah! Kalbe Farma Beli Kuasai 100% Saham Aventis Pharma

Selasa, 25 Oktober 2022 | 09:41 WIB
Oleh : Zsazya Senorita / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) telah membeli 100% saham PT Aventis Pharma setelah membeli 20% kepemilikan atas Aventis Pharma dari PT Usaha Minidin Raya. Sebelumnya, Kalbe Farma telah mengambil alih 80% kepemilikan atas Aventis Pharma dari Sanofi Aventis Participations dan Hoechst GMBH (Sanofi) pada 22 Juli 2022.

“Dengan demikian, secara keseluruhan Kalbe Farma telah menandatangani perjanjian pembelian saham atas 100% saham PT Aventis Pharma,” terang Sekretaris Perusahaan Kalbe Farma Lukito Kurniawan Gozali, Senin (24/10/2022).

Advertisement

Manajemen Kalbe Farma menginformasikan, perseroan telah menandatangani perjanjian pembelian saham (share purchase agreement/SPA) dengan PT Usaha Minidin Raya pada 20 Oktober 2022. Melalui transaksi tersebut, KLBF akan memperoleh 20% kepemilikan atas PT Aventis Pharma.

Lukito menambahkan, penyelesaian transaksi tersebut masih bergantung pada pemenuhan beberapa persyaratan pada perjanjian pembelian saham. “Transaksi diharapkan memberi dampak positif terhadap kinerja perusahaan, khususnya pada divisi obat resep,” sambung dia.

Pembelian saham Aventis Pharma turut mengalihkan fasilitas produksi Aventis di Jakarta, aset dan hak distribusi, serta pemasaran obat resep dan vaksin Sanofi di Indonesia.

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius sebelumnya menjelaskan, akuisisi Aventis Pharma akan memastikan kelanjutan produksi dan pasokan produk ke pasar Indonesia. Hal ini dilakukan melalui komitmen jangka panjang di semua aspek distribusi dan lisensi antara Kalbe dan Sanofi.

Menurut dia, langkah strategis ini akan menghadirkan produk-produk yang selaras dengan portofolio KLBF, terutama di kelas terapi fokus, seperti diabetes dan kardiovaskular sekaligus akses ke vaksin sebagai bagian dari strategi pertumbuhan perseroan.

“Kalbe menyambut baik kolaborasi strategis dengan Sanofi sebagai perusahaan kesehatan global yang inovatif dengan penetrasi pasarnya yang kuat di Indonesia. Kalbe percaya bahwa kesepakatan ini menjadi tonggak positif dalam memperkuat posisi Kalbe di pasar farmasi Indonesia dan untuk menyediakan akses obat-obatan yang berkelanjutan bagi Indonesia,” kata Vidjongtius, Juli 2022 silam.

Dia menginformasikan, kepemilikan 80% Aventis Pharma baru efektif diterapkan pada kuartal IV 2022 dengan memenuhi persyaratan tertentu sebagai bagian dari SPA.

Sanofi Head of Community Asia & Eurasia Haissam Chraiteh mengatakan, sebagai bagian dari strategi jangka panjang, Sanofi berupaya melakukan simplifikasi atas kegiatan operasional internasionalnya. Hal ini dilakukan sambil memastikan akses berkelanjutan atas obat-obatan dan vaksin Sanofi bagi pasien di seluruh dunia.

“Kami bangga dengan kehadiran Sanofi di Indonesia selama ini dengan karyawan dan mitra kami, dan untuk membuka babak baru dengan Kalbe dalam menggarap potensi pertumbuhan pasar Indonesia. Sanofi memilih Kalbe karena kepercayaan pasar, kinerja bisnis yang kuat, dan pengetahuan yang mendalam tentang industri kesehatan Indonesia yang keseluruhannya akan menjamin akses yang luas dan berkelanjutan ke obat-obatan dan vaksin Sanofi untuk pasien,” papar Haissam beberapa waktu lalu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Sindir Sekaligus Apresiasi Kinerja Bank Mandiri

Jokowi apresiasi laba Bank Mandiri tumbuh 47%, "tetapi jangan-jangan bunganya tinggi banget".

EKONOMI | 1 Februari 2023

Pengguna Mobil Listrik Ingin SPKLU Diperbanyak

Pengalihan kendaraan bermotor menjadi kendaraan listrik menjadi salah satu alternatif solusi yang tengah dirancang oleh pemerintah

EKONOMI | 1 Februari 2023

Minyakita Langka di Gowa, Harganya Tembus Rp 18.000

Untuk harga Minyakita juga mengalami kenaikan, yang awalnya dijual HET Rp 14.000 per liternya, kini naik menjadi Rp 15.000 hingga Rp 18.000 per liternya.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Jokowi: Hilirisasi adalah Kunci Indonesia Menjadi Negara Maju

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut hilirisasi menjadi kunci yang dapat membuat Indonesia menjadi negara maju.

EKONOMI | 1 Februari 2023

BNI Ventures Raih Izin Usaha dari OJK

PT BNI Modal Ventura (BNI Ventures) akhirnya meraih izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai perusahaan modal ventura (PMV).

EKONOMI | 1 Februari 2023

Danamon-MUFG Bentuk Garuda Fund Senilai US$ 100 Juta

PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan MUFG Bank mengumumkan penempatan dana  senilai US$ 100 juta (sekitar Rp 1,5 triliun) untuk Garuda Fund.

EKONOMI | 1 Februari 2023

BPS: Inflasi Januari 2023 Melandai ke 5,28%

BPS Inflasi Indonesia pada Januari 2023 mencapai 5,28% secara year on year (yoy) atau lebih rendah dibandingkan Desember 2022.

EKONOMI | 1 Februari 2023

IHSG Hari Ini 1 Februari 2023 Naik 30 Poin di Sesi Siang

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sesi I siang hari ini Rabu 1 Februari 2023 naik 30,7 poin (0,45%) ke level 6.870.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Fantastis! Gaji Kepala Otorita IKN Rp 179 Juta Sebulan

Gaji kepala otorita IKN atau ibu kota negara Nusantara terbilang fantastis atau mencapai Rp 172,7 juta sebulan.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Garap Gedung Perkantoran, Raksasa Jepang Ambil 25% Saham Entitas BSD

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) atau BSD menggandeng investor Jepang, Hankyu Hanshin Properties JOIN ID-DCP LLC.

EKONOMI | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Sindir Sekaligus Apresiasi Kinerja Bank Mandiri

Jokowi Sindir Sekaligus Apresiasi Kinerja Bank Mandiri

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE