Logo BeritaSatu

Infrastruktur Lengkap, Telkom Garap Pasar Ekonomi Digital

Selasa, 25 Oktober 2022 | 19:44 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) dinilai menjadi emiten paling siap untuk menggarap pasar ekonomi digital. Infrastrukturnya yang lengkap bakal mendongkrak potensi digital.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menyampaikan, arus digitalisasi harus dihadapi dengan cara mewujudkan inklusi digital. Dengan cara itu, masyarakat akan dapat menikmati dampak positif dari teknologi digital.

Advertisement

"Sampai saat ini, Telkom telah memiliki infrastruktur jaringan fiber optic mencapai 171.654 kilometer atau setara 4 kali keliling bumi dilengkapi dua satelit dengan total kapasitas 109 transponder yang mampu menjangkau hingga desa terpencil," ucap Ririek kepada Investor Daily, di Jakarta, Selasa (25/10/2022).

Melalui daya dukung konektivitas jaringan yang menyeluruh, Ririek mengatakan, masyarakat daerah akan sama-sama berkesempatan untuk menjalankan usaha atau mendapat fasilitas mumpuni guna menunjang kehidupan.

Bukan hanya melalui infrastruktur digital, Telkom juga memiliki sebanyak 28 fasilitas data center di antaranya 23 domestik dan 5 luar negeri yang dapat mendukung perkembangan perseroan dan perusahaan rintisan atau startup.

"Keberadaan ekosistem ekonomi digital bisa diartikan sebagai terjadinya optimalisasi layanan dan produk yang mendukung peningkatan ekonomi masyarakat. Optimalisasi ini akan menjadi akselerator Indonesia untuk menjadi kekuatan utama ekonomi digital di regional dan dunia," tutur Ririek.

Adapun beberapa solusi Telkom untuk menggerakkan perekonomian digital nasional di antaranya PaDi UMKM (UMKM), Agree (pertanian dan perikanan), Logee (Logistik), BigBox (Satu Data Indonesia), dan banyak layanan digital lainnya.

“Telkom terus fokus membangun infrastruktur ke seluruh daerah khususnya 3T untuk menggali potensi ekonomi digital. Mengingat, pilar bisnis Telkom juga ada pada digital platform dan digital services. Itulah kenapa kita memiliki program inkubasi bagi para startup dan UMKM,” tandas Ririek.

Baca selanjutnya
Sementara itu, Analis PT Henan Putihrai Sekuritas Steven Gunawan menilai, langkah ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cegah Kasus Indosurya Terulang, Pemerintah Perketat Pengawasan Koperasi

Dalam draf RUU Perkoperasian, pengawasan terhadap koperasi akan diperketat untuk mencegah terulangnya kasus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Threego Indonesia Akselerasi Pertumbuhan Industri Kreatif

Kolaborasi terintegrasi menjadi strategi utama Threego Indonesia untuk memaksimalkan akselerasi pertumbuhan industri kreatif di tanah air.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Sri Mulyani: Tahun Politik Jangan Sampai Mengganggu Minat Investasi

Sri Mulyani menegaskan, pemerintah terus memberikan insentif perpajakan dalam bentuk tax allowance dan tax holiday dalam mendorong investasi.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Sri Mulyani Apresiasi Ketangguhan Sektor Manufaktur

Sri Mulyani mengatakan, manufaktur menjadi salah satu sektor yang tetap tumbuh di tengah kondisi pandemi covid-19.

EKONOMI | 27 Januari 2023

PTPP Tempuh Jalur Hukum Atas Gugatan Kembali CV Surya Mas

Bakhtiyar mengatakan, PTPP akan menempuh jalur hukum sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku untuk memulihkan hak-haknya sebagai badan usaha.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Garap Proyek Baru, INPP Siapkan Belanja Modal Rp 800 Miliar

PT Indonesian Paradise Property Tbk (INPP) menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 800 miliar pada tahun ini.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Cermati Targetkan Jumlah Pengguna Tumbuh Double Digit

Cermati sebagai fintech aggregator menyediakan berbagai macam informasi untuk membantu masyarakat menemukan produk keuangan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Bukapangan Cegah Krisis Pangan Lewat ZIS dan Wakaf

Mirah Hartika mengatakan, Bukapangan sangat serius menjadikan pangan sebagai gerbang pembuka pintu pemberdayaan masyarakat.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Standard & PoorKerek Peringkat Bumi Resources Jadi B Minus

Lembaga pemeringkat global Standard & Poor (S&P) menaikkan peringkat long-term issuer credit PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dari sebelumnya CCC menjadi B Minus.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BRI Targetkan Kredit Mikro dan Ultra Mikro Tumbuh 8 Persen

BRI mencatat, masih ada 20,7% dari total kecamatan atau sebanyak 1.502 kecamatan memerlukan intervensi program literasi keuangan yang kuat.

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

NEWS | 36 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE