Logo BeritaSatu

Revenge Travel, Banyak Orang Indonesia Liburan ke Luar Negeri

Selasa, 25 Oktober 2022 | 22:36 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Di tengah ancaman resesi global, banyak masyarakat Indonesia yang tetap memilih liburan ke luar negeri. Padahal, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sedang melemah.

Ekonom Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Esther Sri Astuti melihat fenomena ini terjadi karena sebelumnya masyarakat menahan diri untuk tidak liburan ke luar negeri akibat pandemi Covid-19. Ketika penanganan pandemi sudah semakin baik, hal ini langsung dimanfaatkan untuk berlibur ke luar negeri.

Advertisement

“Mereka yang berlibur ini karena sudah hampir 3 tahun tidak bisa jalan-jalan ke luar negeri. Setelah agak longgar, mereka langsung jalan. Jadi budget-nya memang sudah disiapkan sebelumnya. Biasanya mereka dari kalangan menengah ke atas yang memang biasa menggelar liburan setiap tahun,” kata Esther Sri Astuti kepada Beritasatu.com, Senin (25/10/2022).

Namun, Esther melihat banyaknya warga Indonesia yang ke luar negeri juga karena urusan pekerjaan atau bagian dari perjalanan dinas, sehingga tidak terlalu memperhitungkan kurs mata uang asing.

Sementara itu, peningkatan permintaan paket liburan ke luar negeri juga dialami perusahaan penyedia layanan perjalanan wisata PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR).

Tercatat, pilar bisnis outbond atau melayani paket perjalanan ke luar negeri mengalami peningkatan signifikan. Hingga semester I 2022, Panorama mencatat pertumbuhan 327% year on year (yoy) untuk segmen leisure.

Corporate Secretary PT Panorama Sentrawisata Tbk AB Sadewa mengungkapkan, untuk pilar bisnis outbond atau melayani paket perjalanan ke luar negeri, peningkatannya sangat signifikan. Turki, tercatat sebagai destinasi wisata pilihan utama untuk liburan.

"Kita melihat data booking yang trennya tetap tinggi, mungkin karena memang market yang kita tangani adalah segmen middle to up, sehingga masih ada spare bagi mereka spending untuk liburan," kata Sadewa.

Mengenai negara Turki yang menjadi tujuan utama banyak wisatawan asal Indonesia, Sadewa mengatakan destinasi ini memang sedang naik daun sejak sebelum pandemi hingga sekarang.

Selain itu, Turki termasuk destinasi yang paling awal membuka kedatangan turis asing, sehingga merekalah yang paling banyak disasar pelancong untuk berlibur. "Pelemahan mata uang Lira Turki juga membuat liburan di Turki lebih murah," tambah Sadewa.

Baca selanjutnya
Sementara itu, setelah diluncurkan secara global pada September lalu, Pemerintah Arab ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Apakah AI Berbahaya bagi Manusia? Ini Kata Founder Prosa.ai

Teguh Eko Budiarto, CEO Prosa.ai, mengatakan skenario AI lepas kendali bisa saja terjadi, tetapi kecil kemungkinannya.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Beras Medium 5 Kg Tangerang Mulai Hilang, Kualitas Jelek

Di Pondok Aren, beras medium ukuran 10 kilogram dan 5 kilogram sudah tidak dijual karena kelangkaan stok dari gudang.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Langka, Harga Beras di Ciledug Naik Gila-gilaan

Hampir semua jenis beras mengalami kenaikan lebih dari separuh harga normal. Harga beras per karung 50 kg semula Rp 300.000, naik menjadi Rp 630.000.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Bangun Laboratorium, IDSurvey Perluas Pasar ke Pontianak

IDSurvey meresmikan kantor dan laboratorium Sucofindo cabang Pontianak sebagai komitmen mendekatkan holding kepada pelanggan.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Bawang Merah di Tegal Melambung hingga Tembus Rp 40.000 Per Kg

Harga bawang merah di Tegal, Jawa Tengah naik bahkan menembus Rp 40.000 per kilogram atau melampaui harga acuan Kemendag yakni Rp 32.000 per kg. 

EKONOMI | 4 Februari 2023

Jelang Pemilu 2024, Minat IPO di BEI Tetap Tinggi

Sejak awal tahun hingga memasuki Februari 2023, sebanyak 11 perusahaan baru tercatat masuk Bursa Efek Indonesia (BEI).

EKONOMI | 4 Februari 2023

Dalam Seminggu, IHSG Menguat 0,18%, Kapitalisasi Naik Tipis

IHSG mengalami peningkatan selama periode tanggal 30 Januari sampai dengan 3 Februari 2023, yaitu sebesar 0,18% menjadi 6.911,732 dari 6.898,981.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Data Ketenagakerjaan Positif, Wall Street Justru Melemah

Wall Street jatuh ditutup lebih rendah setelah rilis data ketenagakerjaan AS yang positif memicu kekhawatiran kenaikan suku bunga lebih tinggi.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Penuhi Kebutuhan Organisasi, OJK Angkat 268 Pegawai Baru

Pengangkatan 268 pegawai baru ini guna memenuhi kebutuhan OJK dalam menjalankan amanat undang-undang dan kewenangan tugas yang terus meningkat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Catat Bunda! Ini Makanan Aman untuk Penderita Diabetes Anak

Catat Bunda! Ini Makanan Aman untuk Penderita Diabetes Anak

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE