Logo BeritaSatu

Kadin Bahas Kerja Sama Dagang dengan Palestina, Bidang Apa?

Rabu, 26 Oktober 2022 | 10:21 WIB
Oleh : Leonard AL Cahyoputra / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Mengkaji berbagai peluang dan prospek ekonomi Palestina, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyakini hubungan dagang Indonesia dan Palestina dapat ditingkatkan melalui komunikasi yang intens bersama PCCIA (Federation of Palestinian Chambers of Commerce, Industry and Agriculture) dengan fokus di bidang teknologi digital, UMKM, pertanian, industri marmer, pariwisata rohani, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Keyakinan tersebut disampaikan Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, menanggapi pertemuan Kadin Indonesia bersama Perdana Menteri Palestina Mohamad I M Shtayyeh di sela-sela lawatannya ke Indonesia pada Senin (24/10/2022). Delegasi Palestina yang hadir, antara lain Menteri Luar Negeri Palestina Riad N A Malki, Gubernur Otoritas Moneter Palestina Feras A H Milhem, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair S M AlShun, dan Presiden FPCCIA Omar M S Hashem.

Advertisement

Sementara Kadin Indonesia diwakili Wakil Ketua Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri, Shinta Kamdani, Wakil Ketua Hubungan Internasional, Bernardino Vega, Ketua Komite Tetap Hubungan Timur Tengah dan OKI, Dharma Djojonegoro, dan Ketua Komite Bilateral Indonesia Palestina Kadin Indonesia, Riva Setiawan.

Arsjad mengungkapkan, Kadin mengapresiasi upaya Palestina mendorong pertumbuhan ekonominya di tengah masalah yang sedang dihadapi. Selain tantangan geopolitik yang belum berakhir, pengakuan dunia internasional yang berdampak pada hubungan bilateral turut mempengaruhi aktivitas ekonomi negara tersebut.

"Pada tahun lalu, Palestina mencatat nilai perdagangan sebesar US$ 1,5 juta atau menurun dari pencapaian tahun sebelumnya sebesar US$ 3,6 juta karena komplikasi masalah tersebut," ucap dia dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Kendati demikian, prospek kerja sama bilateral antara Indonesia-Palestina dapat ditingkatkan. Indonesia dapat mengisi kebutuhan sejumlah komoditas besar, antara lain bahan bakar mineral, komoditas pertanian, komoditas makan industri, dan pakan ternak siap saji. Sebaliknya, Indonesia dapat meningkatkan permintaan untuk kurma dan minyak zaitun.

“Kadin akan mendorong hubungan kuat dan mendukung rakyat Palestina melalui keterlibatan ekonomi yang sifatnya non-blok, inklusif, dan berkelanjutan. Perdamaian di Palestina harus terus didorong dan pengembangan ekonomi menjadi salah satu persyaratan kunci mencapai perdamaian tersebut,” ujar Arsjad.

Dia menegaskan, selain produk pertanian prospek lain yang dapat dikembangkan dari kerja sama bilateral adalah ekonomi digital, industri pariwisata, dan kerja sama pengembangan SDM.

Kadin terus mengikuti pertumbuhan startup di seluruh Palestina, khususnya di Rammalah. "Pertumbuhan digital itu ditopang penduduk usia muda dan lulusan baru sekitar 3.000 orang muda Palestina yang unggul dan siap kerja setiap tahunnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi," ucap Arsjad.

Ketua Komite Bilateral Indonesia Palestina Kadin Indonesia, Riva Setiawan menambahkan, Indonesia memiliki kemudahan untuk meningkatkan kerja sama bilateral dengan Palestina karena telah memiliki pengalaman dan dasar kesepahaman bersama.

Sejak 2018, melalui Perpres No 34/2018, Indonesia-Palestina sepakat meningkatkan hubungan persahabatan dan persaudaraan kedua negara, penguatan kerja sama dagang, dan peningkatan dukungan Indonesia untuk kehidupan sosial dan kemandirian ekonomi Palestina. Salah satu kesepakatan konkrit adalah penghapusan tarif bea masuk produk kurma dan minyak zaitun dari Palestina.

Seperti diketahui, dalam catatan USComtrade, Indonesia mengalami surplus neraca perdagangan bersama Palestina sebesar US$ 8,7 juta dalam 20 tahun terakhir. Nilai ekspor Indonesia ke Palestina sepanjang 20 tahun terakhir mencapai US$ 20,2 juta, sedangkan impor sebesar US$ 11,5 juta. Hingga Juli 2022, nilai perdagangan kedua negara naik 21,28 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Riva menegaskan, pihaknya mendukung berbagai inisiatif pemerintah Indonesia dalam mengupayakan dan memperjuangkan solusi demi terciptanya stabilitas politik dan meningkatkan kerja sama dagang dengan Palestina.

“Kami berkomitmen mendukung solusi dua negara yang sedang bertingkai dan semua kebijakan yang diambil oleh pemerintah Indonesia untuk mempromosikan perdamaian jangka panjang. Perdamaian global tidak hanya soal Rusia-Ukrania dan mengabaikan masalah yang ada di Palestina,” kata dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Beras Medium 5 Kg Tangerang Mulai Hilang, Kualitas Jelek

Di Pondok Aren, beras medium ukuran 10 kilogram dan 5 kilogram sudah tidak dijual karena kelangkaan stok dari gudang.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Langka, Harga Beras di Ciledug Naik Gila-gilaan

Hampir semua jenis beras mengalami kenaikan lebih dari separuh harga normal. Harga beras per karung 50 kg semula Rp 300.000, naik menjadi Rp 630.000.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Bangun Laboratorium, IDSurvey Perluas Pasar ke Pontianak

IDSurvey meresmikan kantor dan laboratorium Sucofindo cabang Pontianak sebagai komitmen mendekatkan holding kepada pelanggan.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Bawang Merah di Tegal Melambung hingga Tembus Rp 40.000 Per Kg

Harga bawang merah di Tegal, Jawa Tengah naik bahkan menembus Rp 40.000 per kilogram atau melampaui harga acuan Kemendag yakni Rp 32.000 per kg. 

EKONOMI | 4 Februari 2023

Jelang Pemilu 2024, Minat IPO di BEI Tetap Tinggi

Sejak awal tahun hingga memasuki Februari 2023, sebanyak 11 perusahaan baru tercatat masuk Bursa Efek Indonesia (BEI).

EKONOMI | 4 Februari 2023

Dalam Seminggu, IHSG Menguat 0,18%, Kapitalisasi Naik Tipis

IHSG mengalami peningkatan selama periode tanggal 30 Januari sampai dengan 3 Februari 2023, yaitu sebesar 0,18% menjadi 6.911,732 dari 6.898,981.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Data Ketenagakerjaan Positif, Wall Street Justru Melemah

Wall Street jatuh ditutup lebih rendah setelah rilis data ketenagakerjaan AS yang positif memicu kekhawatiran kenaikan suku bunga lebih tinggi.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Penuhi Kebutuhan Organisasi, OJK Angkat 268 Pegawai Baru

Pengangkatan 268 pegawai baru ini guna memenuhi kebutuhan OJK dalam menjalankan amanat undang-undang dan kewenangan tugas yang terus meningkat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pilih Cara Alternatif, Banyak Pasien Kanker Anak Terlambat Berobat

Pilih Cara Alternatif, Banyak Pasien Kanker Anak Terlambat Berobat

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE