Logo BeritaSatu

Kadin Bahas Kerja Sama Dagang dengan Palestina, Bidang Apa?

Rabu, 26 Oktober 2022 | 10:21 WIB
Oleh : Leonard AL Cahyoputra / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Mengkaji berbagai peluang dan prospek ekonomi Palestina, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyakini hubungan dagang Indonesia dan Palestina dapat ditingkatkan melalui komunikasi yang intens bersama PCCIA (Federation of Palestinian Chambers of Commerce, Industry and Agriculture) dengan fokus di bidang teknologi digital, UMKM, pertanian, industri marmer, pariwisata rohani, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Keyakinan tersebut disampaikan Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, menanggapi pertemuan Kadin Indonesia bersama Perdana Menteri Palestina Mohamad I M Shtayyeh di sela-sela lawatannya ke Indonesia pada Senin (24/10/2022). Delegasi Palestina yang hadir, antara lain Menteri Luar Negeri Palestina Riad N A Malki, Gubernur Otoritas Moneter Palestina Feras A H Milhem, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair S M AlShun, dan Presiden FPCCIA Omar M S Hashem.

Advertisement

Sementara Kadin Indonesia diwakili Wakil Ketua Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri, Shinta Kamdani, Wakil Ketua Hubungan Internasional, Bernardino Vega, Ketua Komite Tetap Hubungan Timur Tengah dan OKI, Dharma Djojonegoro, dan Ketua Komite Bilateral Indonesia Palestina Kadin Indonesia, Riva Setiawan.

Arsjad mengungkapkan, Kadin mengapresiasi upaya Palestina mendorong pertumbuhan ekonominya di tengah masalah yang sedang dihadapi. Selain tantangan geopolitik yang belum berakhir, pengakuan dunia internasional yang berdampak pada hubungan bilateral turut mempengaruhi aktivitas ekonomi negara tersebut.

"Pada tahun lalu, Palestina mencatat nilai perdagangan sebesar US$ 1,5 juta atau menurun dari pencapaian tahun sebelumnya sebesar US$ 3,6 juta karena komplikasi masalah tersebut," ucap dia dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Kendati demikian, prospek kerja sama bilateral antara Indonesia-Palestina dapat ditingkatkan. Indonesia dapat mengisi kebutuhan sejumlah komoditas besar, antara lain bahan bakar mineral, komoditas pertanian, komoditas makan industri, dan pakan ternak siap saji. Sebaliknya, Indonesia dapat meningkatkan permintaan untuk kurma dan minyak zaitun.

“Kadin akan mendorong hubungan kuat dan mendukung rakyat Palestina melalui keterlibatan ekonomi yang sifatnya non-blok, inklusif, dan berkelanjutan. Perdamaian di Palestina harus terus didorong dan pengembangan ekonomi menjadi salah satu persyaratan kunci mencapai perdamaian tersebut,” ujar Arsjad.

Dia menegaskan, selain produk pertanian prospek lain yang dapat dikembangkan dari kerja sama bilateral adalah ekonomi digital, industri pariwisata, dan kerja sama pengembangan SDM.

Kadin terus mengikuti pertumbuhan startup di seluruh Palestina, khususnya di Rammalah. "Pertumbuhan digital itu ditopang penduduk usia muda dan lulusan baru sekitar 3.000 orang muda Palestina yang unggul dan siap kerja setiap tahunnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi," ucap Arsjad.

Ketua Komite Bilateral Indonesia Palestina Kadin Indonesia, Riva Setiawan menambahkan, Indonesia memiliki kemudahan untuk meningkatkan kerja sama bilateral dengan Palestina karena telah memiliki pengalaman dan dasar kesepahaman bersama.

Sejak 2018, melalui Perpres No 34/2018, Indonesia-Palestina sepakat meningkatkan hubungan persahabatan dan persaudaraan kedua negara, penguatan kerja sama dagang, dan peningkatan dukungan Indonesia untuk kehidupan sosial dan kemandirian ekonomi Palestina. Salah satu kesepakatan konkrit adalah penghapusan tarif bea masuk produk kurma dan minyak zaitun dari Palestina.

Seperti diketahui, dalam catatan USComtrade, Indonesia mengalami surplus neraca perdagangan bersama Palestina sebesar US$ 8,7 juta dalam 20 tahun terakhir. Nilai ekspor Indonesia ke Palestina sepanjang 20 tahun terakhir mencapai US$ 20,2 juta, sedangkan impor sebesar US$ 11,5 juta. Hingga Juli 2022, nilai perdagangan kedua negara naik 21,28 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Riva menegaskan, pihaknya mendukung berbagai inisiatif pemerintah Indonesia dalam mengupayakan dan memperjuangkan solusi demi terciptanya stabilitas politik dan meningkatkan kerja sama dagang dengan Palestina.

“Kami berkomitmen mendukung solusi dua negara yang sedang bertingkai dan semua kebijakan yang diambil oleh pemerintah Indonesia untuk mempromosikan perdamaian jangka panjang. Perdamaian global tidak hanya soal Rusia-Ukrania dan mengabaikan masalah yang ada di Palestina,” kata dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Zoom PHK 1.300 Karyawan, Gaji CEO-nya Dipotong 98%

Zoom pada hari Selasa (7/2/2023) mengumumkan rencana untuk mem-PHK sekitar 1.300 pekerja, atau 15% dari tenaga kerjanya.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Wall Street Menguat Menyusul Pernyataan Jerome Powell

Wall Street ditutup menguat setelah komentar Ketua Federal Reserve Jerome Powell yang mengindikasikan inflasi telah mulai mereda.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Bappenas: RI Butuh 22 Tahun untuk Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyatakan, Indonesia membutuhkan waktu 22 tahun untuk menyandang status negara berpendapatan tinggi.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Keren! Qoala Plus Tumbuh Tiga Kali Lipat di Sumatera

Qoala Plus sebagai unit bisnis insurtech Qoala mencatat pertumbuhan tiga kali lipat di wilayah Sumatera.

EKONOMI | 8 Februari 2023

OJK Catat Kredit Macet 21 Fintech Lending di Atas 5 Persen

Sebanyak 21 penyelenggara fintech lending mencatat pembiayaan bermasalah atau tingkat wanprestasi 90 hari (TWP 90) di atas 5%.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Marein Cetak Laba Bersih Rp 64,90 Miliar Sepanjang 2022

PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk (Marein/MREI) berhasil mencetak laba bersih Rp 64,90 miliar pada tahun 2022

EKONOMI | 7 Februari 2023

Indef Ramal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2023 Bakal Meredup

Indef memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2023 berada pada kisaran 4,7 persen hingga 4,9 persen.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Gerbong Pecinta SandiUno Bangkitkan Motivasi Berwirausaha Warga Sumedang

Gerbong Pecinta SandiUno terus menggencarkan pelatihan-pelatihan ke daerah untuk membangkitkan motivasi berwirausaha.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Dongkrak Penjualan 2023, BELL Andalkan Omnichannel

PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) melanjutkan strategi omnichannel untuk mendongkrak penjualan di tahun 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Layanan Digital Pos Indonesia Dinilai Miliki Potensi Dahsyat

i PT Pos Indonesia (Persero) telah memulai transformasi digital sehingga kesan konvensional pada BUMN tersebut mulai terkikis seiring laju digitalisasi di dalam perusahaan.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga Italia: 2 Gol Vlahovic Bantu Juventus Naik ke Posisi 10

Liga Italia: 2 Gol Vlahovic Bantu Juventus Naik ke Posisi 10

BOLA | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE