Logo BeritaSatu

Biaya Logistik Bisa Ditekan dengan Distribution Center

Rabu, 26 Oktober 2022 | 11:10 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Surabaya, Beritasatu.com– Tingginya biaya logistik menjadi instrumen pendorong inflasi. Pelaku usaha perlu berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur, pembenahan pelabuhan, dan pembangunan gudang sebagai hub yang terkoneksi dengan kawasan industri sehingga memberikan dampak langsung terhadap kemudahan mendapatkan barang dan jasa serta mengurangi biaya logistik.

Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan keberadaan gudang atau distribution center sebagai hub akan menguntungkan karena bisa mendekatkan distribusi barang ke konsumen. “Ketika rangkaian logistik menjadi lebih pendek, maka biaya yang harus dikeluarkan bisa ditekan,” tutur Yukki dalam keterangannya Rabu (26/10/2022).

Advertisement

Sebagai informasi, proses logistik terbagi menjadi tiga tahapan, yakni first mile, middle mile, hingga last mile atau sampai ke tangan pelanggan. Rangkaian ini yang harus dilewati oleh seluruh produk.

Yukki menambahkan, saat ini konsumen makin selektif dan cerdas memilih jenis barang dan layanan pengiriman yang sesuai kebutuhan dan kemampuannya. Untuk itu, jasa logistik maupun e-commerce yang memberikan kemudahan konsumen akan menjadi pilihan. Menurutnya, saat dunia terus mengalami perubahan, bidang logistik yang merupakan bagian rantai pasok juga harus ikut bergerak. "Perusahaan jasa, termasuk logistik yang tidak adaptif akan ditinggalkan konsumen,” ujarnya.

Dikatakan Yukki, kinerja logistik Indonesia sebenarnya terus membaik sejak tahun 2014. Apalagi pemerintah banyak melakukan pembangunan infrastruktur dan mendorong pertumbuhan sentra ekonomi baru di seluruh Indonesia.

Contohnya, perusahaan teknologi asal Indonesia Tokopedia yang baru-baru ini membuka gudang pintar di Surabaya. Gudang pintar ini dikenal dengan nama Dilayani Tokopedia. Fasilitas ini melayani pemenuhan ratusan ribu produk setiap harinya dan mampu menampung kapasitas jutaan produk. "Tujuannya, mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun berada, agar UMKM di seluruh Indonesia punya kesempatan sama bertumbuh dan berkembang (tanpa harus pindah ke kota besar), dan pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien,” ujar Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni saat menghadiri acara pembukaan Dilayani Tokopedia di belum lama ini.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur Adik Dwi Putranto menambahkan di tengah resesi global perekonomian Indonesia kerap diselamatkan karena tingkat konsumsi dalam negeri yang kuat. Salah satu contohnya adalah transaksi di e-commerce.

Berdasarkan data Bank Indonesia, nilai transaksi dagang elektronik atau e-commerce sepanjang 2021 mencapai Rp 401 triliun. Sedangkan di 2022 ini diprediksi meningkat 31,% menjadi Rp 526 triliun. "Melihat data ini, tingkat optimisme konsumen masih tinggi. Minat belanja masyarakat, khususnya di e-commerce masih tinggi,” ujar Adik.

Untuk menjaga hal tersebut, keandalan distribusi menjadi kunci. ”Logistik dan distribusi yang lancar dan terjangkau menjadi penting bagi konsumen. Karena itu keberadaan gudang distribusi yang bisa mendekatkan produk ke konsumen merupakan salah satu strategi baik untuk tekan biaya logistik,” ujar Adik.

Biaya sektor transportasi dan logistik di Asia Tenggara, khususnya Indonesia masih tinggi. Selain kenaikan BBM, biaya logistik salah satunya dipengaruhi kondisi geografis. Adapun Indonesia terdiri lebih dari 17.000 pulau. Dengan demikian, setiap produk yang dikirimkan harus melalui proses yang cukup panjang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gapki Minta Dana Bagi Hasil Sawit untuk Bangun Infrastruktur

Ketua Umum Gapki Joko Sriyono meminta Dana Bagi Hasil (DBH) difokuskan untuk infrastruktur pengelolaan kelapa sawit di daerah.

EKONOMI | 8 Februari 2023

PUPR Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2023

Kementerian PUPR akan mengoperasikan secara penuh jalan tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan) pada momen mudik Lebaran 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Erick Thohir Rombak Direksi dan Komisaris Jasa Marga

Menteri BUMN, Erick Thohir melakukan perombakan dewan direksi dan komisaris PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Kementerian PUPR Lelang Ulang Tender Tol Getaci Mulai April

Kementerian PUPR berencana melelang ulang proyek jalan tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) senilai Rp 56,2 triliun mulai April 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Tata Kelola dan Bisnis Berkelanjutan SIG Diakui ASEAN

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) atau SIG berkomitmen menerapkan praktik tata kelola perusahaan baik (good corporate governance/GCG)

EKONOMI | 8 Februari 2023

Satgas Pangan, Bulog, dan Bapanas Sidak Sembako

Bapanas, Bulog serta Satgas Pangan melakukan inspeksi mendadak (sidak) bahan pangan atau sembako.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Kemenkeu Alokasikan DAU Rp 396 Triliun di APBN 2023

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 396 triliun dalam APBN 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Flip for Business Dukung Pembayaran Digital bagi UMKM

Flip for Business mendukung pembayaran digital bagi UMKM lewat program Go Online atau Go Digital.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Melalui Dukungan Penuh Menteri BUMN, Kinerja Pertamina Tumbuh Signifikan

Upaya transformasi bisnis Pertamina dalam tiga tahun masa pandemi COVID-19 didukung Menteri BUMN mendorong transformasi Pertamina untuk terus tumbuh.

EKONOMI | 8 Februari 2023

BI Ungkap Syarat Indonesia Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan, Indonesia memiliki prospek untuk naik kelas menjadi negara berpendapatan tinggi atau high income country.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekan Angka Inflasi di Jateng, Ganjar Gandeng Bulog

Tekan Angka Inflasi di Jateng, Ganjar Gandeng Bulog

NUSANTARA | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE