Logo BeritaSatu

Menkominfo Ungkap 3 Syarat Percepatan Transformasi Digital

Rabu, 26 Oktober 2022 | 16:25 WIB
Oleh : Emanuel Kure / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menekankan tiga hal penting yang dilakukan untuk mewujudkan transformasi digital di Indonesia.

Adapun ketiga hal tersebut, yaitu pembangunan infrastruktur Information, Communication, and Technology (ICT) upstream, infrastruktur ICT downstream, serta daya tahan keamanan siber atau cyber security.

Advertisement

"Pemerintah mengambil kebijakan untuk secara langsung terlibat dalam memperluas deployment infrastruktur ICT di Indonesia. Termasuk melalui mekanisme blended finance. Pembiayaan tidak saja dari sektor privat, tetapi juga dari insentif anggaran pemerintah,” kata Johnny dalam acara Indonesia Cybersecurity Conference 2022, di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Pembangunan infrastruktur ICT upstream, tidak saja dilakukan oleh sektor privat, seperti operator telekomunikasi, operator fiber optik, maupun sektor lainnya, tetapi pemerintah juga terjun langsung untuk turun membangun.

Pembangunan level ini, seperti penggelaran jaringan fiber optik, backbone layer, broadband, fiber optik, satelit, microwave link, dan Base Tranceiver Station (BTS).

Menurut Johnny, Indonesia di bawah leadership Presiden Joko Widodo (Jokowi), baik sebelum dan saat pandemi Covid-19, secara serius dan seungguh-sungguh memberikan arahan pada akselerasi transformasi digital.

"Untuk itu, pemerintah yang tadinya menyiapkan sepenuhnya pembangunan ICT infrastructure upstream kepada penyelenggara privat, dalam hal ini operator seluler dan operator jaringan fiber optik, juga sekarang mengambil bagian secara sungguh-sungguh untuk memperkecil digital divide di Indonesia,” ujar Johnny.

Sedangkan, pembangunan infrastruktur ICT downstream, juga menggunakan skema yang sama. Pembangunan ini terkakt dengan cloud computing, yang infrastrukturnya seperti data center atau pusat data.

Pusat data perlu dikembangkan, karena potensi ekonomi digital Indonesia sangat besar. Disebutkan, saat ini, konsumsi data per kapita di Indonesia masih di kisaran 1 watt per kapita. Angka ini jauh lebih rendah ketimbang negara tetanggan yang bisa mencapai 100 watt per kapita.

“Walapun kita sama-sama tahu proyeksi digital ekonomi Indonesia yang paling progresif tumbuhnya, CAGR digital ekonomi Indonesia 18,8% setiap tahun. Tahun 2030 setidaknya proyeksinya US$ 315 miliar. Oleh karena itu, kita perlu memiliki cloud computing, sehingga penggunaan konsumsi data kita bisa lebih tinggi lagi. Setidaknya bisa mencapai 10 watt per kapita,” ungkap Johnny.

Baca selanjutnya
Terkait keamanan siber, Johnny mengungkapkan, dalam Digital Economi Working Group (DEWG) ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Waskita Beton Suplai Produk Perdananya untuk Proyek IKN

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mulai mensuplai produk perdananya untuk proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

EKONOMI | 31 Januari 2023

IMF: Risiko Inflasi dan Covid-19 Masih Mengintai

Terlepas dari prospek yang lebih cerah, Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan masih banyak risiko menanti di tahun 2023 ini.

EKONOMI | 31 Januari 2023

IHSG Hari Ini 31 Januari 2023 Turun 21 Poin di Sesi I

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sesi I siang hari ini Selasa 31 Januari 2023 turun 31,0 poin (0,45%) ke level 6.841.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Pendiri ChatGPT Bicara Soal Skenario Terburuk AI

Menurut founder ChatGPT Sam Altman, skenario terbaiknya, AI bisa sangat bermanfaat, tetapi skenario terburuknya adalah "akhir dari kita semua."

EKONOMI | 31 Januari 2023

Laba Konsolidasi IFG Diproyeksi Rp 3,44 Triliun di 2022

IFG, BUMN holding asuransi, investasi dan penjaminan memproyeksikan laba konsolidasi tahun 2022 mencapai Rp 3,44 triliun.

EKONOMI | 31 Januari 2023

2023, Sektor Properti Masih Andalan Pertumbuhan Ekonomi

Sektor properti masih akan menjadi salah satu kontributor utama perekonomian Indonesia di tahun 2023 yang diproyeksikan tumbuh 5%.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Minyakita di Ibu Kota Mulai Langka dan Harganya Meroket

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan akan mencukupi kebutuhan pasar dengan meningkatkan pasokan dari 300.000 ton per bulan menjadi 450.000 ton.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Baidu Siapkan Pesaing ChatGPT OpenAI

Raksasa mesin pencari Tiongkok Baidu berencana untuk meluncurkan layanan chatbot kecerdasan buatan yang mirip dengan ChatGPT OpenAI.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Pelindo Jajaki Pengapalan Langsung Pelabuhan Belawan ke India

Pelindo bersama konsorsium INA menjajaki pengapalan langsung dari Pelabuhan Belawan, ke India.

EKONOMI | 31 Januari 2023

OJK Ingatkan Masyarakat Hati-hati jika Buka Link di WhatsApp

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB mengimbau kepada masyarakat agar tidak asal mengklik link yang dikirimkan melalui WhatsApp.

EKONOMI | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
MK Tolak Uji Materi UU Perkawinan, MUI: Nikah Beda Agama Tidak Sah

MK Tolak Uji Materi UU Perkawinan, MUI: Nikah Beda Agama Tidak Sah

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE