Logo BeritaSatu

Erick Thohir: BUMN Menyumbang Sumbangsih 23% dari Bursa

Kamis, 27 Oktober 2022 | 22:32 WIB
Oleh : Yunia Rusmalina / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dinilai memberi kontribusi positif atas perkembangan pasar modal di Indonesia. Pencapaian tersebut, mendapat apresiasi dalam Certified Securities Analyst (CSA) Awards 2022.

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan pelaku dan analis pasar modal atas kinerja perusahan milik negara. Seperti diketahui tiga dari lima emiten terbesar nasional di pasar modal adalah BUMN, yakni BRI, Telkom Indonesia, dan Mandiri. Total terdapat 36 entitas BUMN di pasar modal Indonesia.

Advertisement

"Peran BUMN menyumbang sumbangsihnya 23% dari bursa,” ungkap Erick Thohir dalam acara Certified Securities Analyst (CSA) Awards, di Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Erick Thohir menambahkan, jika dilihat dari deviden dari tiga tahun terakhir, perusahaan milik negara mampu merealisasikan dividen berjumlah Rp 105 triliun dari perusahaan terbuka. Jika dikalkulasikan antara capital gain dengan dividen, totalnya mencapai 18%.

Artinya, lanjut Erick, kinerja BUMN dengan transformasi yang sudah didorong, baik dari perbaikan dari manajemen atau adaptasi business model dan memperkuat ekosistem sehingga menjadi kekuatan.

"Selain itu, BUMN dan pasar modal sama-sama saling mendukung dalam perbaikan dan penguatan kinerja ekonomi secara umum. Kita tidak bisa berdiri sendiri namun dengan pihak swasta membentuk ekosistem yang berkolaborasi dengan sehat," kata Erick Thohir.

Erick menambahkan, keberadaan pasar modal juga berperan sebagai pengawas bagi kinerja masing-masing perusahaan milik negara. "Perusahaan sehat dan diuntungkan dengan adanya check and balance karena dipantau publik. Kita mau mendorong perusahaan yang sehat," ujar Erick Thohir.

Menurut Erick, kinerja baik dari perusahaan milik negara yang mampu berkontribusi secara signifikan terhadap pasar, tidak terlepas transformasi yang telah dilakukan selama beberapa waktu terakhir.

"Secara menyeluruh, transformasi dilakukan melalui lima pilar utama dan core value Akhlak telah membuahkan hasil yang juga ditunjukkan dari peningkatan kinerja keuangan," tegas Erick Thohir.

Erick berharap Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI), Certified Securities Analyst (CSA) Community, beserta seluruh stakeholders senantiasa produktif dan menyediakan analisis terbaik yang dapat mendorong kemajuan serta kemampuan masyarakat dalam berinvestasi.

"Apresiasi yang sebesarnya bagi CSA Awards, yang konsisten menjalankan program edukasi, sosialisasi, serta literasi investasi di pasar modal, kepada masyarakat Indonesia. Juga terima kasih atas perhatiannya terhadap kinerja dan pencapaian kinerja emiten, terutama selama mengarungi pandemi Covid-19," tutur Erick



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Debut Perdana di BEI, Saham LAJU Langsung Mentok ARA

saham PT Jasa Berdikari Logistics Tbk (LAJU) langsung meroket hingga sebesar 35% ke level 135 atau mentok batas auto-rejection atas (ARA).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Sesi I, IHSG Hari Ini Kokoh di 6.929

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 64,3 (0,94%) ke level 6.929,1 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (27/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Kurs Rupiah Hari Ini Melemah 30 Poin ke Rp 14.975

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau melemah ke kisaran Rp 14.975 pada perdagangan hari ini, Jumat (26/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Lagi, Saratoga Siapkan US$ 150 Juta untuk Investasi

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) kembali menganggarkan dana US$ 150 juta untuk kegiatan investasinya tahun ini.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic

Komisaris Utama PT GoTo GOjek Tokopedia Tbk (GOTO) Garibaldi "Boy" Thohir mengatakan bahwa hal terpenting bagi sebuah bisnis adalah profit.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA, OJK Ingatkan Jaga Data Pribadi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, apalagi yang menyangkut data keuangan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Penerima Bansos Bisa Ikut Program Kartu Prakerja Skema Normal

Menurut Denni, program Kartu Prakerja skema normal artinya program ini tak lagi bersifat semi-bansos seperti yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tiket Haji Mahal, Garuda Indonesia Siap Nego

Direktur Utama maskapai Garuda Indonesia Irfan Setiaputra bersedia melakukan negosiasi dengan DPR untuk menurunkan tiket haji.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BI: KIS Jadi Kunci Hadapi Tantangan Ekonomi Global, Apa Itu?

Perry menegaskan pentingnya strategi KIS, yaitu konsistensi, inovasi, dan sinergi, dalam menyusun berbagai kebijakan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BUMN Buka Akses Pasar Berkelanjutan UMKM

Kementerian BUMN akan terus membuka akses pasar bekelanjutan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hasil Indonesia Masters: Apriyani/Fadia, Gregoria, dan Dejan/Gloria Gagal ke Semifinal

Hasil Indonesia Masters: Apriyani/Fadia, Gregoria, dan Dejan/Gloria Gagal ke Semifinal

SPORT | 12 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE