Logo BeritaSatu

Bisnis Waralaba Indonesia Diyakini Pulih Lebih Cepat

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 03:04 WIB
Oleh : CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi Covid-19 telah meluluhlantakkan hampir seluruh sendi ekonomi bangsa. Semua sektor industri terkena dampak tak terkecuali industri waralaba. Di saat ekonomi terkena dampak tidak sedikit para pelaku waralaba atau beberapa perusahaan waralaba yang terpaksa tutup, beberapa mengambil langkah wait and see dalam menjalankan bisnisnya, dan sebagian tetap bergerak sehingga tetap bertumbuh dan survive.

Setelah pandemi bisa dikendalikan dengan baik, industri waralaba kembali bergeliat di tahun 2022 ini. Terbukti tiga kali pameran, terakhir pada bulan Agustus lalu di Jakarta Convention Centre animo masyarakat dan pengusaha waralaba cukup tinggi.

Advertisement

Bahkan, jumlah pengunjung pameran franchise sudah mencapai lebih dari 80% dibanding kondisi sebelum pandemi. Tentu saja hal ini menjadi optimisme baru, sekaligus menjadi awal bagi kebangkitan waralaba Indonesia.

Ketua Kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar mengatakan, bisnis franchise yang masih bertahan hingga kini karena mereka konsisten dalam menjaga kualitas produk dan jasanya. Terlebih hal yang paling penting juga untuk bisnis franchise ialah etika bisnis atau kejujuran dalam usaha.

"Ini yang mahal dan perlu diperhatikan oleh para pelaku franchise agar mereka bisa terus menjaga eksistensinya," ujar Anang, Sabtu (29/10/2022).

Di saat momen kebangkitan ini, Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Majalah Franchise Indonesia (MFI) terus berkomitmen terhadap penguatan waralaba lokal. Oleh sebab itu terkait pengembangan dan penguatan merek-merek waralaba lokal, AFI bersama MFI dan didukung oleh Dinamic Marketing Research memberikan penghargaan dengan level tertinggi di Industri franchis yakni ajang Indonesia Franchise of The Year 2022 di ICE BSD, Tangerang.

Penghargaan Franchisor of The Year 2022 akan diberikan pada beberapa merek-merek franchise lokal terbaik di beberapa kategori bisnis, yang sepanjang tahun 2022 ini tidak tenggelam alias terus bergerak dan aktif berpromosi baik secara offline maupun online.

Pemerhati industri Franchise Rofian Akbar mengatakan, ada beberapa karakter franchisor yang dinilai dari penjurian ini yaitu Personality, Commitmen, dan Competence. Para franchisor juga sudah mendapatkan STPW (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba), Brand Terdaftar di HKI (Hak Kekayaan Intelektual).

"Franchisor memiliki personality atau kepribadian yang baik, termasuk kompetensi dan komitmen dalam menjalankan bisnisnya. Franchisor disini artinya bisa owner personality maupun corporate personality,” ujar Rofian Akbar.

Head of Research Dinamic Marketing Research Services Lisa Noviani, mengatakan, proses penjurian Indonesia Franchise of The Year 2022 dan Indonesia Business Opportunity of The Year 2022 melalui tiga tahapan, yaitu pengumpulan data awal dengan metode secondary data research atau yang populer juga disebut dengan desk research, berikutnya melakukan observasi, dan terakhir adalah melakukan penilaian skoring sesuai kategori bisnis yang dijalani.

"Saat tahapan desk research, pertama akan ditentukan aspek-aspek yang akan dinilai pada setiap merek. Pada pengukuran tahun ini ditetapkan tujuh aspek yang paling berpengaruh pada sebuah bisnis franchise dan business opportunity. Untuk penilaian Indonesia Franchise of The Year, ke semua aspek tersebut dinilai, sedngkan pada Business Opportunity of The Year hanya lima aspek yang akan dinilai,” jelasnya.

Para penerima penghargaan Indonesia Franchise of The Year 2022 dan Indonesia Business Opportunity of The Year 2022, pastinya merek-merek unggulan yang bisa menjadi partner bisnis terbaik di masa depan.

Para pemenangnya antara lain Indomaret, Depo Air Minum Biru, Apotek K-24, D’penyetz, Ray White Indonesia, Martha Tilaar Salon Day Spa, Oto Bento, Kebab Turki Baba Rafi. Pide Turkish Pizza, De Wave Spa, Foodpedia, Ngikan, Minang Sepakat, Sunny Glow Montessori, Nyapii, Selera Bahari, Tentang Kopi, Eatpedia, Tentang Pasta, Als Chick, Warkop Naik Kelas, Menantea, Nyayap, dan Barberpedia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hippindo Minta Perlakuan Ritel Modern Sama dengan Toko Online

Hippindo meminta perlakuan yang sama antara ritel modern dengan toko online, sehingga persaingan usaha antara yang offline dan online menjadi lebih sehat.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Beras Naik, Minyakita Langka di Sukabumi

Masyarakat keluhkan kenaikan beberapa bahan pokok penting, beras mahal, dan minyak goreng langka di Pasar Semi Modern (PSM) Cibadak

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Tanggapi Fenomena Banyak Gerai Ritel Modern Tutup

Hippindo ikut bersuara terkait fenomena tutupnya sejumlah gerai ritel modern, termasuk tujuh gerai Transmart ditutup permanen.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

“Saya melihat ini karena siklus bisnis saja, ada saatnya lesu dan ada saatnya naik,” kata Eisha M. Rachbini kepada Beritasatu.com.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Apakah AI Berbahaya bagi Manusia? Ini Kata Founder Prosa.ai

Teguh Eko Budiarto, CEO Prosa.ai, mengatakan skenario AI lepas kendali bisa saja terjadi, tetapi kecil kemungkinannya.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Beras Medium 5 Kg Tangerang Mulai Hilang, Kualitas Jelek

Di Pondok Aren, beras medium ukuran 10 kilogram dan 5 kilogram sudah tidak dijual karena kelangkaan stok dari gudang.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Langka, Harga Beras di Ciledug Naik Gila-gilaan

Hampir semua jenis beras mengalami kenaikan lebih dari separuh harga normal. Harga beras per karung 50 kg semula Rp 300.000, naik menjadi Rp 630.000.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Bangun Laboratorium, IDSurvey Perluas Pasar ke Pontianak

IDSurvey meresmikan kantor dan laboratorium Sucofindo cabang Pontianak sebagai komitmen mendekatkan holding kepada pelanggan.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Bawang Merah di Tegal Melambung hingga Tembus Rp 40.000 Per Kg

Harga bawang merah di Tegal, Jawa Tengah naik bahkan menembus Rp 40.000 per kilogram atau melampaui harga acuan Kemendag yakni Rp 32.000 per kg. 

EKONOMI | 4 Februari 2023

Jelang Pemilu 2024, Minat IPO di BEI Tetap Tinggi

Sejak awal tahun hingga memasuki Februari 2023, sebanyak 11 perusahaan baru tercatat masuk Bursa Efek Indonesia (BEI).

EKONOMI | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Taklukkan Ganda Tuan Rumah, Leo/Daniel ke Final Thailand Masters

Taklukkan Ganda Tuan Rumah, Leo/Daniel ke Final Thailand Masters

SPORT | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE