Logo BeritaSatu

Jelang IPO, OneMed Agresif Jajaki Kemitraan Strategis Global

Minggu, 30 Oktober 2022 | 09:05 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Surabaya, Beritasatu.com— Calon emiten bidang alat kesehatan yakni PT Jayamas Medica Industri Tbk (OMED) atau dikenal dengan brand OneMed menyiapkan sederet strategi untuk memperkuat posisi di pasar farmasi. Salah satunya menggandeng mitra global maupun nasional. Selain itu, OneMed menggenjot usaha dengan ekspansi cabang.

Direktur Operasi PT Jayamas Medica Industri Tbk (OMED) atau OneMed Leonard Hartanto mengatakan, OneMed akan menjelajahi peluang merger dan akuisisi di tengah industri peralatan medis Indonesia yang sangat terfragmentasi dan mencari kemitraan strategis sama dengan pemain peralatan medis global.

Advertisement

“Kami akan mencari peluang-peluang baru dalam pasar industri alat kesehatan di Indonesia yang beragam, strategi itu mempertimbangkan sejumlah kriteria, seperti teknologi, paten & tingkat keahlian, kemitraan & aliansi serta peluang akuisisi. Pertengahan November ini kami akan ikut serta pameran alat kesehatan di Jerman untuk menggali peluang-peluang baru,” ujarnya di Surabaya, dikutip Minggu (30/10/2022).

Leonard menjelaskan sejalan dengan mencari kemitraan strategis, PT Jayamas Medica Industri Tbk (OMED) berupaya membuat kontrak lisensi dengan pemegang paten alat kesehatan yang memungkinkan melakukan produksi produk tersebut di Indonesia. Meski demikian, perseroan tetap membangun kemampuan internal melalui perekrutan tenaga profesional dan berpengalaman untuk mengembangkan produk. “Termasuk produk perawatan luka, jarum suntik dan jarum serta tabung pengumpul darah/ blood collection tube,” ujarnya.

Dengan industri peralatan medis yang terfragmentasi dan beragam di Indonesia, lanjut dia, terbuka peluang melakukan konsolidasi bisnis. Untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar alat kesehatan di masa mendatang, OneMed memiliki tiga strategi bisnis utama. Pertama, memperkuat kapasitas produksi untuk kategori bisnis yang memiliki tingkat pertumbuhan tinggi.

Kedua, menambah jaringan distribusi dan memperkuat saluran online. Ketiga, OneMed mengeksplorasi peluang untuk meningkatkan pendapatan dan profitabilitas, termasuk melakukan merger dan akuisisi strategis dengan fokus pada perusahaan yang memiliki teknologi atau kemampuan produksi dalam kategori-kategori produk yang berdekatan.

Selain mengincar kemitraan di tingkat global, OneMed juga membangun kemitraan di tingkat nasional yang difokuskan untuk mengembangkan jalur distribusi dan memperkuat saluran saluran digital.

Dalam pasar lokal, Direktur Pemasaran PT Jayamas Medica Industri Tbk (OMED) Louis Hartanto menjelaskan, ada dua strategi yang digunakan perseroan, yaitu strategi inti dan strategi digital. Melalui strategi inti, OneMed akan terus menambah fasilitas penyimpanan dan pusat distribusi serta gerai-gerai penjualan.

“Dalam 5 tahun ke depan, OneMed berencana membuka 25 gerai baru dan 15 gudang penyimpanan serta satu pusat distribusi nasional. Lokasinya ada di wilayah-wilayah utama, seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung hingga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” kata Louis.

Sebagai catatan, per tanggal 31 Maret 2022 perseroan memiliki 1 pusat distribusi nasional yang terletak di Gresik, Jawa Timur, 20 kantor cabang dan fasilitas logistik, dan 11 kantor penjualan yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatra.

Tak ketinggalan untuk meggenjot pasar digital, OneMed tengah mengembangkan aplikasi penjualan serta pembelian serta memperkuat kemitraan dan kolaborasi digital dengan sejumlah platform startup, ecommerce dan pembayaran, di antaranya Tokopedia, Ovo, Shoppee, Halodoc, Lazada, dan Gopay.

Baca selanjutnya
Prospek Cerah Alat KesehatanSebagai salah satu market leader alat kesehatan di ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Tangkas Motor Listrik akan melaunching showroom di lima Kota di Indonesia dalam waktu satu pekan ke depan.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Mandiri Capital Masih Rajin Berburu Kandidat Startup

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu anak usaha Bank Mandiri di bidang modal ventura, masih berburu kandidat startup potensial.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

Teten Masduki mengatakan, rencana revisi Undang-undang (UU) Koperasi bertujuan mencegah penjahat keuangan di perbankan pindah ke koperasi.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Finalis Puteri Indonesia dari Papua Ini Metamorfosis Jadi Peternak Sukses

Maria Fransisca Tambingon, finalis Puteri Indonesia 2014 sukses membesarkan usaha peternakan ayam petelur bersama Papua Muda Inspiratif.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Peserta BPJS Kesehatan Bisa Bayar Iuran di Outlet Pegadaian

Pegadaian resmi membuka layanan pendaftaran peserta baru dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Pelatihan Komunitas UMKM Kejar 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Melalui adanya proses pengolahan dari barang mentah menjadi siap konsumsi di sektor UMKM dapat mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Luhut: Sampah Plastik Masalah Dunia, Harus Ditangani dengan Baik

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sampah plastik adalah masalah dunia dan harus ditangani dengan baik.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Garuda Indonesia Tanggapi 2 Kreditur Ajukan Pembatalan Perdamaian

Dua kreditur PT Garuda Indonesia Tbk (GIIA), mengajukan pembatalan perdamaian proses homologasi PKPU ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

EKONOMI | 8 Februari 2023

PUPR Targetkan Pembangunan Jalan Tol 509,01 Km di 2023

Kementerian PUPR menargetkan penambahan total jalan tol baru sepanjang 509,01 kilometer (km) pada tahun 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE