Logo BeritaSatu

Perkuat Ekosistem Cybersecurity, Spark Rangkul Kadin-Apindo

Senin, 31 Oktober 2022 | 13:03 WIB
Oleh : Emanuel Kure / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Perusahaan di bidang cybersecurity, Spark menjalin kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia serta Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk memperkuat ekosistem cybersecurity di Indonesia. Kerja sama ini dinilai perlu, karena ancaman keamanan siber semakin meningkat seiring pertumbuhan ekonomi dan transformasi digital di berbagai industri dan sub-sektor usaha di Indonesia.

“Spark Indonesia ingin memperkuat pertumbuhan ekosistem, komunitas, dan networking di bidang teknologi di Indonesia. Connecting the people, the experts and the communities in technology area di Indonesia dan belahan dunia lain untuk saling berbagi ilmu pengetahuan, pengalaman dan keahlian ke satu sama lain dalam ranah teknologi melalui pelaksanaan beragam program pelatihan, capacity building, edukasi, dan literasi terkait teknologi, seperti cybersecurity, blockchain, internet-of-things (IoT), sustainable finance hingga open finance,” kata Country Director Spark Indonesia Chandra Kusuma, dikutip Senin (31/10/2022).

Advertisement

Chandra menambahkan, fungsi Spark selain sebagai penyedia edukasi, training, dan literasi teknologi dan informasi, juga sebagai platform marketplace sekaligus knowledge partner yang dapat membantu ribuan perusahaan swasta, BUMN, maupun kementerian dalam memenuhi kebutuhan terkait teknologi yaitu menseleksi ribuan vendor teknologi.

“Spark Indonesia siap menjadi fasilitator bagi pemerintah Indonesia termasuk DPR dalam proses penyusunan white paper atau policy paper yang bersifat teknis dalam konteks perumusan peraturan dan kebijakan dengan memaksimalkan pengetahuan dan jaringan global kami dibidang teknologi yang telah teruji dan terbukti,” ungkap Chandra.

Sementara, Kepala Hubungan Kadin-BSSN dalam Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kadin Tengku Irvan Bahran, menyambut baik kerja sama dan kolaborasi strategis antara Spark Indonesia dan Kadin serta Apindo.

“Kami menyambut baik kolaborasi strategis dengan Spark Indonesia untuk mendukung agenda pemerintah dalam mengakselerasi transformasi dan literasi digital di Tanah Air, khususnya menghasilkan talenta lokal yang andal di bidang teknologi termasuk cybersecurity. Knowledge transfer dari Spark dengan dukungan ribuan anggota para teknokrat dalam jaringan internasional yang luas menjadi sangat krusial,” ujar Irvan.

Sebagai informasi, berdasarkan laporan data anomali traffic Badan Sandi dan Siber Nasional (BSSN), sepanjang tahun 2020, Indonesia mengalami serangan siber mencapai angka 495,3 juta atau meningkat 41% dari tahun sebelumnya 2019 yang sebesar 290,3 juta. Anomali trafik tertinggi terjadi pada tanggal 10 Desember 2020 dengan jumlah mencapai 7.311.606 anomali.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Belajar dari Nasib Warunk Upnormal, Ini yang Harus Dilakukan Pelaku Usaha F&B

Runtuhnya sejumah bisnis F&B  seperti Warunk Upnormal karena tidak adaptif dan tidak resilience dalam menghadapi perubahan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

BPH Migas Tekankan Edukasi Perubahan Harga BBM Nonsubsidi

BPH Migas menyatakan masyarakat perlu diberikan edukasi soal perubahan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi secara berkala.

EKONOMI | 9 Februari 2023

BUMN dan Industri Minerba Didorong Usung Energi Bersih

Kementerian BUMN terus mendorong perusahaan BUMN atau pelat merah termasuk industri minerba untuk mengusung prinsip ekonomi hijau.

EKONOMI | 9 Februari 2023

2023, Bank Ina Bidik Transaksi Digital Rp 2 Triliun

Bank Ina Perdana mengincar transaksi digital melalui INA Mobile bisa meningkat Rp 2 triliun di tahun 2023.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Layanan Identitas Digital Permudah Tamu Mendaftar di Hotel

Penerapan layanan identitas digital terverifikasi saat mendaftar di hotel disosialisasikan dalam Rakernas PHRI.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Rupiah Hari Ini 9 Februari 2022 Ditutup Melemah ke Rp 15.099

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini Kamis (9/2/2023) ditutup melemah dibandingkan posisi kemarin.

EKONOMI | 9 Februari 2023

IHSG Hari Ini 9 Februari 2023 Ditutup Ambles ke 6.897

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada penutupan perdagangan hari ini Kamis (9/2/2023) turun 42,7 poin (0,62%) ke level 6.897.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Induk TikTok dan Douyin Jajaki Layanan Pesan Antar Makanan di Tiongkok

Induk TikTok, ByteDance, tengah menguji layanan pesan-antar makanan di Tiongkok melalui aplikasi video pendeknya Douyin.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Dukung Penerimaan Negara, Industri Kripto Mudahkan Lapor Pajak

Aplikasi penjualan aset kripto, PT Pintu Kemana Saja, turut berkontribusi pada pemasukan negara melalui pajak.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Mudahkan Capres Berikutnya, RPJPN 2025-2045 Rampung September

Bappenas menargetkan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

EKONOMI | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Angin Puting Beliung Landa Bogor, 2 Pemotor Jadi Korban

Angin Puting Beliung Landa Bogor, 2 Pemotor Jadi Korban

MEGAPOLITAN | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE