Logo BeritaSatu

Serangan Malware Mengintai Perangkat Seluler di Indonesia

Senin, 31 Oktober 2022 | 21:21 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Sepanjang paruh pertama tahun 2022, Kaspersky berhasil mendeteksi dan memblokir sebanyak 79.442 serangan malware yang menargetkan perangkat seluler di Indonesia, tidak termasuk adware dan riskware.

Jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar 66% dibandingkan 232.483 deteksi pada periode yang sama tahun lalu. Meskipun turun, Kaspersky melihat melihat kemampuan penjahat siber untuk menyebarkan elemen berbahaya ini dengan menciptakan skema yang semakin beragam.

Advertisement

Berdasarkan temuan Kaspersky, banyak aplikasi palsu yang berbeda didistribusikan melalui toko aplikasi resmi. Tidak jarang, aplikasi yang diterbitkan tersebut, juga disertai dengan peringkat yang sempurna dengan semua ulasan palsu yang positif.

Selain itu, untuk enam bulan pertama di tahun 2022 saja, Indonesia berada di peringkat keempat secara global dalam hal ancaman seluler.

"Terlepas dari jenis perangkat yang kita gunakan, penjahat dunia maya dapat menginfeksi ponsel cerdas kita, kemudian mencuri semua data dan uang di dalamnya, dan bahkan mengakses atau bahkan menghapus pesan, email, foto pribadi, dan lain sebagainya,” ungkap General Manager Kaspersky untuk Asia Tenggara, Yeo Siang Tiong, di Jakarta, Senin (31/10/2022).

Yeo mengungkapkan, saat ini juga banyak perusahaan mengizinkan penggunaan perangkat pribadi untuk berbagai tujuan bisnis, mulai dari panggilan bisnis yang dilakukan di telepon pribadi hingga koneksi jaringan perusahaan di laptop rumah.

Jenis kebijakan ini dikenal sebagai bring your own device (BYOD). Sebuah survei independen mengungkapkan, Indonesia memiliki proporsi yang cukup besar (35%) dalam hal penggunaan perangkat pribadi untuk bekerja dari rumah.

Seiring pekerjaan sistem kerja hybrid dan jarak jauh terus menjadi kebiasaan pascapandemi, perusahaan kini menghadapi kebutuhan untuk memikirkan kembali dan mendefinisikan ulang kebijakan BYOD mereka. Jika tidak, mereka menghadapi kemungkinan risiko keamanan lebih jauh.

“Dengan pekerjaan jarak jauh yang juga memungkinkan karyawan untuk mengakses email kerja melalui perangkat seluler mereka, risiko keamanan semakin meluas baik untuk individu hingga pelanggaran tingkat perusahaan,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sri Mulyani Sebut Rasio Utang Indonesia 39,57% Sehat

Menkeu Sri Mulyani menyatakan, rasio utang ke produk domestik bruto (PDB) sebesar 39,57 persen sebenarnya masih sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

LNSW Terbitkan 425 Persetujuan Ekspor Per 1 Februari 2023

Berdasarkan data sistem neraca komoditas, Lembaga National Single Window (LNSW) telah menerbitkan 425 persetujuan ekspor hingga 1 Februari 2023.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Raih SOC QSCS, BKI Buktikan Mampu Bersaing di Kancah Global

Pencapaian ini penting bagi BKI sebagai langkah awal terhadap pemenuhan kriteria untuk dapat diterima sebagai anggota IACS.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sri Mulyani Anggarkan Rp 25,01 Triliun untuk Pemilu 2024

Menurut Sri Mulyani, pagu anggaran pemilu senilai Rp 25,01 triliun pada 2022 dan 2023 masih bersifat sementara karena untuk tahun 2024 masih dalam perhitungan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

2023 Penuh Tantangan, Airin Bidik Ekosistem Logistik Laut

Dimas menegaskan, jalur laut Indonesia memegang peran penting dalam ekosistem logistik dan perdagangan dunia.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penderita Kanker Datang ke RS Rata-rata Stadium Lanjut

Penderita Kanker Datang ke RS Rata-rata Stadium Lanjut

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE