Logo BeritaSatu

Youtube Shorts Bisa Dimonetisasi Mulai Awal 2023

Selasa, 1 November 2022 | 16:00 WIB
Oleh : Herman / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Sejak pertengahan 2021, platform video dan musik YouTube mengenalkan fitur baru bernama YouTube Shorts yang mulai bisa dimonetasi mulai awal 2023. Dengan fitur ini, para pengguna YouTube bisa mengunggah video-video pendek seperti di media sosial. Namun, video yang diunggah belum bisa dimonetisasi lewat AdSense.

"Mulai tahun depan, para kreator mempunyai peluang untuk monetisasi Youtube Shorts. Jadi kreator Youtube Shorts akan bisa menghasilkan uang di dalam platform Youtube mulai tahun depan," kata Country Head Youtube Indonesia Suwandi Widjaja dalam acara konferensi pers kolaborasi XL Axiata dengan Youtube Indonesia, di Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Advertisement

Mengenai detail monetisasi Youtube Shorts tersebut, Suwandi mengatakan pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari kantor pusat.

Sejak diluncurkan tahun lalu, Youtube Shorts mengalami pertumbuhan yang pesat. Dari data internal Youtube, dalam sehari ada sekitar 35 miliar view Youtube Short secara global.

Keberadaan Youtube Shorts juga dapat membantu channel Youtube meningkatkan jumlah subscriber. Data terbaru Youtube mengungkapkan, channel yang mengupload video shorts atau video berdurasi singkat dan video berdurasi panjang mengalami peningkatan waktu tonton dan pertumbuhan subscriber secara keseluruhan, dibandingkan dengan channel yang hanya mengupload video berdurasi panjang.

Menurut laporan Culture and Trends Youtube 2022, 59% konsumen gen Z menggunakan Youtube Shorts untuk menemukan konten video yang mereka sukai dalam format yang berdurasi lebih panjang.

“Mulai dari live streaming konser, video Shorts yang menyenangkan, hingga menonton Connected TV bersama keluarga dan teman, Youtube adalah satu-satunya platform cocok dengan begitu banyak kebutuhan dan suasana hati orang-orang di berbagai kategori, format, dan perangkat sepanjang hari,” kata Head of Ads Marketing, Google Indonesia Yolanda Sastra, baru-baru ini.

---



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Permintaan Minyak Dunia Diramal Naik Jadi 101,7 Juta Barel

IEA dalam laporannya Januari 2023 lalu menyebut permintaan minyak dunia tahun 2023 diramal akan meningkat sebesar 1,9 juta bare per hari.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Digitalisasi Picu Serapan Lahan Kawasan Industri Menciut 17%

Penyerapan lahan di kawasan industri (KI) sepanjang 2022 turun 17,19% menjadi 519,38 ha dibanding 2021 karena transformasi digital.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Langka, Migor MinyaKita di Lampung Naik Dibanderol Rp 17.000

Minyak goreng (migor) subsidi merk Minyakita langka di sejumlah pasar di Lampung sejak 1 pekan terakhir.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Mengenal Frugal Living, Hidup Hemat untuk Tujuan Finansial

Istilah frugal living yakni hidup hemat atau minimalis untuk mencapai tujuan finansial atau freedom financial bisa menjadi pilihan.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sejak Awal 2023, Obligasi dan Sukuk di BEI Rp 4 Triliun

BEI mencatat sejak awal 2023 hingga akhir Januari, total emisi obligasi dan sukuk yang adalah enam emisi dari lima emiten senilai Rp 4 triliun.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Transmart Tutup, Ini Kekayaan Chairul Tanjung dan Pendiri Alfamart

Di tengah tutupnya sejumlah gerai Transmart yang dikelola PT Trans Retail Indonesia, kekayaan Chairul Tanjung masih menjulang.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga mengatakan, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menjadi ruang diskusi untuk merumuskan kembali industri pariwisata yang lebih adaptif.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Kemenaker Selesaikan Kasus Karyawan Lembur Tidak Dibayar

Haiyani menegaskan, Kemenaker menemukan adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur karaywan yang terjadi sejak September 2022.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Minta Perlakuan Ritel Modern Sama dengan Toko Online

Hippindo meminta perlakuan yang sama antara ritel modern dengan toko online, sehingga persaingan usaha antara yang offline dan online menjadi lebih sehat.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Beras Naik, Minyakita Langka di Sukabumi

Masyarakat keluhkan kenaikan beberapa bahan pokok penting, beras mahal, dan minyak goreng langka di Pasar Semi Modern (PSM) Cibadak

EKONOMI | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
RS Muhammadiyah Palembang Nonaktifkan Perawat yang Sebabkan Jari Bayi Putus

RS Muhammadiyah Palembang Nonaktifkan Perawat yang Sebabkan Jari Bayi Putus

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE