Logo BeritaSatu

Menkominfo: Tiga Pusat Data Nasional Lainnya Segera Menyusul

Rabu, 9 November 2022 | 17:49 WIB
Oleh : Emanuel Kure / FER

Cikarang, Beritasatu.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) resmi melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan proyek Pusat Data Nasional (PDN) pertama yang terletak di kawasan Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (9/11/2022).

Proyek ini dibangun dengan skema blended financing, yang terdiri dari bantuan pemerintah Prancis sebesar 85% dan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berupa rupiah murni sebesar 15%, dengan total nilai kontrak 164,6 juta Euro atau sekitar Rp 2,59 triliun.

Advertisement

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate mengatakan, menyusul pembangunan Pusat Data Nasional pertama di Cikarang, selanjutnya akan dibangun di tiga wilayah lainnya, yaitu di Nongsa, Batam, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, dan di Ibu Kota Negara Baru atau IKN, di Kalimantan Timur.

"Sehingga, ditargetkan akan ada empat pusat data nasional di Indonesia dengan spesifikasi tier 4," kata Johnny G Plate.

Johnny mengatakan, kehadiran PDN ini akan memberikan dampak positif yang sangat luas, baik bagi pemerintah, penyelenggara sistem elektronik (PSE) dan juga masyarakat.

Dampak pertama, akan terjadi efisiensi pengeluaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terhadap pusat data dan server yang saat ini tersebar di seluruh Indonesia.

"Untuk pemerintah saja, saat ini ada 2700 pusat data, yang pasti biayanya tiap tahun besar. Demikian halnya dengan aplikasi pemerintah, saat ini ada 24.000 lebih. Nanti pada saat pusat data ini selesai kita harapkan ini terkonsolidasi di sini. Mengatur aplikasi pemerintah pun nanti diatur dari sini,” ungkap Johnny G Plate.

Johnny menuturkan, terdapat beberapa aplikasi pemerintah yang besar yang harus terus dijaga, seperti aplikasi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) misalnya, aplikasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), termasuk aplikasi pedulilindungi.

"Itu aplikasi besar yang harus kita jaga. Tetapi mengintegrasikan ini di dalam satu sistem yang baik akan dilakukan di sini juga. Sehingga layanan e-goverment menjadi lebih baik. Ini juga untuk mendukung Kementerian PAN dan RB. Jadi nanti komunikasi terkait pemanfaatan sistemnya, Kemenkominfo akan berkoordinasi dengan Kementerian PAN dan RB, karena terkait dengan tugas dan fungsi utama terkait e-goverment itu ada di Kementerian PAN dan RB. Kemenkominfo menyiapakan infrastruktur, dan Kemenkeu menyiapkan pembiayaannya,” tandas Johnny.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Apakah AI Berbahaya bagi Manusia? Ini Kata Founder Prosa.ai

Teguh Eko Budiarto, CEO Prosa.ai, mengatakan skenario AI lepas kendali bisa saja terjadi, tetapi kecil kemungkinannya.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Beras Medium 5 Kg Tangerang Mulai Hilang, Kualitas Jelek

Di Pondok Aren, beras medium ukuran 10 kilogram dan 5 kilogram sudah tidak dijual karena kelangkaan stok dari gudang.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Langka, Harga Beras di Ciledug Naik Gila-gilaan

Hampir semua jenis beras mengalami kenaikan lebih dari separuh harga normal. Harga beras per karung 50 kg semula Rp 300.000, naik menjadi Rp 630.000.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Bangun Laboratorium, IDSurvey Perluas Pasar ke Pontianak

IDSurvey meresmikan kantor dan laboratorium Sucofindo cabang Pontianak sebagai komitmen mendekatkan holding kepada pelanggan.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Bawang Merah di Tegal Melambung hingga Tembus Rp 40.000 Per Kg

Harga bawang merah di Tegal, Jawa Tengah naik bahkan menembus Rp 40.000 per kilogram atau melampaui harga acuan Kemendag yakni Rp 32.000 per kg. 

EKONOMI | 4 Februari 2023

Jelang Pemilu 2024, Minat IPO di BEI Tetap Tinggi

Sejak awal tahun hingga memasuki Februari 2023, sebanyak 11 perusahaan baru tercatat masuk Bursa Efek Indonesia (BEI).

EKONOMI | 4 Februari 2023

Dalam Seminggu, IHSG Menguat 0,18%, Kapitalisasi Naik Tipis

IHSG mengalami peningkatan selama periode tanggal 30 Januari sampai dengan 3 Februari 2023, yaitu sebesar 0,18% menjadi 6.911,732 dari 6.898,981.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Data Ketenagakerjaan Positif, Wall Street Justru Melemah

Wall Street jatuh ditutup lebih rendah setelah rilis data ketenagakerjaan AS yang positif memicu kekhawatiran kenaikan suku bunga lebih tinggi.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Penuhi Kebutuhan Organisasi, OJK Angkat 268 Pegawai Baru

Pengangkatan 268 pegawai baru ini guna memenuhi kebutuhan OJK dalam menjalankan amanat undang-undang dan kewenangan tugas yang terus meningkat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sebulan Diguyur Hujan, Jalan Industri Narogong Bogor Rusak Parah

Sebulan Diguyur Hujan, Jalan Industri Narogong Bogor Rusak Parah

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE