Logo BeritaSatu

Jelang KTT G-20, Jasa Marga Percantik Tol Bali-Mandara

Rabu, 9 November 2022 | 23:27 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) merogoh sekitar Rp 80 miliar untuk mempercantik jalan Tol Bali-Mandara yang bakal menjadi akses utama menujulokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20, di Nusa Dua, Bali.

Terdapat sebanyak sembilan pekerjaan yang perseroan lakukan untuk meningkatkan estetika di jalan tol yang akan dilintasi para tamu negara G20 itu. Beberapa di antaranya, pekerjaan beautifikasi di akses median, tapper, dan gerbang tol.

Advertisement

Selain itu, perseroan juga melakukan penanaman mangrove, perapihan Gerbang Tol Benoa, Ngurah Rai, dan Nusa Dua, sampai emiten jalan tol pelat merah ini membangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan berkolaborasi bersama anak usaha PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Bukit Energi Investama.

"Jadi, total biaya sebelum ada tambahan pekerjaan hampir Rp 80 miliar," ucap Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol I Ketut Adiputra Karang kepada media, Rabu (9/11).

Adi menyatakan, pengeluaran sebesar Rp 80 miliar itu dialokasikan untuk menuntaskan sembilan pekerjaan beautifikasi tersebut. Terkait pembangunan PLTS, dirinya menyebut, proyek yang berorientasi green energy itu akan memberikan efisiensi terhadap biaya operasional Jasamarga Bali Tol sebesar 4% dan akan terus ditinjau setiap dua tahun.

"Jadi, setiap tahun akan kami tinjau sebenarnya berapa efisiensi yang bisa kami peroleh karena konsepnya build operate transfer atau BOT selama 25 tahun. Jadi akan ditinjau setiap dua tahun apakah efisiensi yang akan didapat lebih jauh daripada saat ini," terang Adi.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana menambahkan, beutifikasi yang perseroan kerjakan di Tol Bali-Mandara ini mengusung konsep green energy dan green environment.

"Makanya, pengantar kita ke sustainable development goals (SDGs). Tujuannya ke sana inline dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. Kita mau menciptakan green energy dan green environmental khusus di Tol Bali-Mandara," jelas Lisye.

Adapun caranya di antaranya dengan mengerjakan beautifikasi, lalu menanam pohon mangrove, concern terhadap energi baru dan terbarukan (EBT), serta membangun PLTS.

Adapun yang membuat beutifikasi di Tol Bali-Mandiri ini lebih spesial, terletak pada sentuhan budaya lokal khas Bali. Di samping juga tentu Tol Bali-Mandara telah mengadopsi konsep green energy dan green environment.

"Jadi, tiga itu yang tidak ada di tol lain selain di Bali. Dengan demikian, tol Bali-Mandara ini 100% siap, 110% atau 200% juga siap. Bahkan 1.000% siap untuk mendukung perhelatan G-20," tutup Lisye.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mengenal Frugal Living, Hidup Hemat untuk Tujuan Finansial

Istilah frugal living yakni hidup hemat atau minimalis untuk mencapai tujuan finansial atau freedom financial bisa menjadi pilihan.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sejak Awal 2023, Obligasi dan Sukuk di BEI Rp 4 Triliun

BEI mencatat sejak awal 2023 hingga akhir Januari, total emisi obligasi dan sukuk yang adalah enam emisi dari lima emiten senilai Rp 4 triliun.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Transmart Tutup, Ini Kekayaan Chairul Tanjung dan Pendiri Alfamart

Di tengah tutupnya sejumlah gerai Transmart yang dikelola PT Trans Retail Indonesia, kekayaan Chairul Tanjung masih menjulang.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga mengatakan, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menjadi ruang diskusi untuk merumuskan kembali industri pariwisata yang lebih adaptif.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Kemenaker Selesaikan Kasus Karyawan Lembur Tidak Dibayar

Haiyani menegaskan, Kemenaker menemukan adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur karaywan yang terjadi sejak September 2022.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Minta Perlakuan Ritel Modern Sama dengan Toko Online

Hippindo meminta perlakuan yang sama antara ritel modern dengan toko online, sehingga persaingan usaha antara yang offline dan online menjadi lebih sehat.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Beras Naik, Minyakita Langka di Sukabumi

Masyarakat keluhkan kenaikan beberapa bahan pokok penting, beras mahal, dan minyak goreng langka di Pasar Semi Modern (PSM) Cibadak

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Tanggapi Fenomena Banyak Gerai Ritel Modern Tutup

Hippindo ikut bersuara terkait fenomena tutupnya sejumlah gerai ritel modern, termasuk tujuh gerai Transmart ditutup permanen.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

“Saya melihat ini karena siklus bisnis saja, ada saatnya lesu dan ada saatnya naik,” kata Eisha M. Rachbini kepada Beritasatu.com.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Apakah AI Berbahaya bagi Manusia? Ini Kata Founder Prosa.ai

Teguh Eko Budiarto, CEO Prosa.ai, mengatakan skenario AI lepas kendali bisa saja terjadi, tetapi kecil kemungkinannya.

EKONOMI | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Langka, Migor MinyaKita di Lampung Naik Dibanderol Rp 17.000

Langka, Migor MinyaKita di Lampung Naik Dibanderol Rp 17.000

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE