Logo BeritaSatu

Efek G-20, Volume Lalin Tol Bali-Mandara Diproyeksi Naik

Kamis, 10 November 2022 | 12:51 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT Jasa Marga (Persero) Tbk memproyeksikan peningkatan volume lalu lintas harian (LHR) di Tol Bali-Mandara bakal memasuki masa puncaknya (peak) pada Desember. Pertumbuhan itu sebagai side effect dari perhelatan KTT G-20.

Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol I Ketut Adiputra Karang menyampaikan bahwa keberhasilan G-20 sebagai event akbar pasti akan memacu masyarakat baik domestik maupun internasional melintasi jalan Tol Bali-Mandara.

Advertisement

"Jadi, dengan suksesnya G-20 di Bali, pasti orang akan lewat tol. Jadi omong-omongan di mana-mana dan pasti dimuat media internasional. Itu side effect yang kami tunggu di Desember. Jadi, memang tren LHR di Bali itu peak-nya di Desember," jelas Adi menjawab Investor Daily, Rabu (9/11/2022).

Hal serupa juga terjadi seperti tahun lalu ketika lalu lintas (lalin) tol sepi. Namun memasuki Desember, vlume lalin melonjak tajam. Menurut Adi, multiplier effect ini yang berdampak positif pada kinerja perseroan. "Jadi memang yang kami incar multiplier effect, selain rupiah," ujarnya.

Termasuk, untuk event internasional KTT G-20 yang ditargetkan sebenarnya lebih pada intangible atau hal yang tidak bisa diukur secara rupiah.

Berdasarkan data, Adi merinci bahwa per 1 hingga 31 Oktober 2022, LHR Tol Bali-Mandara telah mencapai 30.000 kendaraan per hari dan akan terus digenjot untuk kembali berada pada lalin normal sebelum pandemi yaitu 45.000 kendaraan per hari.

"Kami masih menunggu wisatawan Tiongkok, sebagai turis terbanyak setelah Australia di Bali. Turis Australia sudah balik, Tiongkok belum balik. Jadi masih ada gap karena kedatangan turis asing belum maksimal," papar Adi.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menuturkan bahwa LHR Tol Bali-Mandara saat ini sudah mulai menunjukkan pemulihan meski belum 100% kembali normal seperti prapandemi. "Jadi, ini lagi naik dikit-dikit," tambah Lisye.

Senada dengan Adi, Lisye mengemukakan bahwa perseroan mendukung agar agenda G-20 di mana Indonesia menjadi tuan rumah berjalan lancar. Perseroan bukan semata-mata melihat dari perspektif profit, tetapi lebih kepada menyukseskan G-20.

"Tujuan utamanya adalah aspek-aspek yang bukan hanya baik bagi Jasa Marga, tetapi baik bagi Bali secara keseluruhan, sekaligus mengangkat Bandara Ngurah Rai yang sempat tertekan," tandas Lisye.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mengenal Frugal Living, Hidup Hemat untuk Tujuan Finansial

Istilah frugal living yakni hidup hemat atau minimalis untuk mencapai tujuan finansial atau freedom financial bisa menjadi pilihan.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sejak Awal 2023, Obligasi dan Sukuk di BEI Rp 4 Triliun

BEI mencatat sejak awal 2023 hingga akhir Januari, total emisi obligasi dan sukuk yang adalah enam emisi dari lima emiten senilai Rp 4 triliun.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Transmart Tutup, Ini Kekayaan Chairul Tanjung dan Pendiri Alfamart

Di tengah tutupnya sejumlah gerai Transmart yang dikelola PT Trans Retail Indonesia, kekayaan Chairul Tanjung masih menjulang.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga mengatakan, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menjadi ruang diskusi untuk merumuskan kembali industri pariwisata yang lebih adaptif.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Kemenaker Selesaikan Kasus Karyawan Lembur Tidak Dibayar

Haiyani menegaskan, Kemenaker menemukan adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur karaywan yang terjadi sejak September 2022.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Minta Perlakuan Ritel Modern Sama dengan Toko Online

Hippindo meminta perlakuan yang sama antara ritel modern dengan toko online, sehingga persaingan usaha antara yang offline dan online menjadi lebih sehat.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Beras Naik, Minyakita Langka di Sukabumi

Masyarakat keluhkan kenaikan beberapa bahan pokok penting, beras mahal, dan minyak goreng langka di Pasar Semi Modern (PSM) Cibadak

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Tanggapi Fenomena Banyak Gerai Ritel Modern Tutup

Hippindo ikut bersuara terkait fenomena tutupnya sejumlah gerai ritel modern, termasuk tujuh gerai Transmart ditutup permanen.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

“Saya melihat ini karena siklus bisnis saja, ada saatnya lesu dan ada saatnya naik,” kata Eisha M. Rachbini kepada Beritasatu.com.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Apakah AI Berbahaya bagi Manusia? Ini Kata Founder Prosa.ai

Teguh Eko Budiarto, CEO Prosa.ai, mengatakan skenario AI lepas kendali bisa saja terjadi, tetapi kecil kemungkinannya.

EKONOMI | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hemat Kuota, Ini Langkah Sederhana Unduh Video di Youtube

Hemat Kuota, Ini Langkah Sederhana Unduh Video di Youtube

LIFESTYLE | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE