Logo BeritaSatu

BP2MI Siapkan Fasilitas Baru untuk Pekerja Migran

Kamis, 10 November 2022 | 17:28 WIB
Oleh : Herman / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) tengah menyiapkan fasilitas baru untuk para pekerja migran sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan devisa. Salah satunya bekerja sama dengan Bea Cukai untuk pembebasan bea masuk barang milik pekerja migran Indonesia.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani menjelaskan, ide ini muncul karena sebelumnya banyak pekerja migran Indonesia yang barang bawaannya disita oleh pihak Bea Cukai lantaran ketidaktahuan para pekerja migran terhadap ketentuan barang yang boleh dibawa dari luar negeri.

Advertisement

“Dalam kasus ini, Bea Cukai tentu tidak salah karena mereka menegakkan aturan. Tetapi pekerja migran juga tidak salah karena mungkin mereka tidak mengerti berapa nominal barangnya yang bisa masuk ke Indonesia. Artinya edukasi terkait hal ini memang perlu ditingkatkan. Saya juga telah bertemu dengan Dirjen Bea Cukai, menawarkan satu konsep sebagai bentuk penghormatan kepada pekerja migran,” kata Benny saat dihubungi Beritasatu.com, Kamis (10/11/2022).

Konsep yang ditawarkan adalah dengan membebaskan bea masuk untuk barang-barang yang dibawa pekerja migran. “Ini bukan berarti membebaskan semua barang, tetapi ada kategorisasinya, kemudian berapa nilainya yang negara bisa hadir untuk menanggung. Misalnya Bea Cukai menyatakan Rp 20 juta, tetapi ini belum ditentukan nilainya,” kata Benny.

Terobosan lainnya terkait fasilitas rumah murah untuk pekerja migran. Benny juga mengaku sudah bertemu dengan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk merealisasikan rencana tersebut.

“Negara kan sebetulnya sudah punya program rumah bersubsidi, biasanya untuk ASN, TNI dan Polri. Saya berpikir, kenapa tidak diberikan juga kepada pekerja migran. Ini sedang dirumuskan juga kebijakannya,” ungkapnya.

Benny juga berharap suatu saat negara bisa memberikan bantuan uang kepada pekerja migran, sehingga mereka tidak harus menjual harta benda atau meminjam kepada rentenir untuk bisa berangkat ke luar negeri.

“Saya sudah hitung-hitung, yang berangkat setiap tahun itu kan sebelum covid ada 270.000 orang per tahun. Kalau kebutuhan berangkat pekerja migran sekitar Rp 30 juta, berarti sekitar Rp 8,2 triliun. Buat negara, angka ini sebetulnya kecil dibandingkan devisa yang mereka sumbangkan setiap tahunnya yang rata-rata Rp 159,6 triliun. Saya berharap suatu saat ide ini bisa dijalankan,” kata Benny.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BRI Targetkan Kredit Mikro dan Ultra Mikro Tumbuh 8 Persen

BRI mencatat, masih ada 20,7% dari total kecamatan atau sebanyak 1.502 kecamatan memerlukan intervensi program literasi keuangan yang kuat.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Debut Perdana di BEI, Saham LAJU Langsung Mentok ARA

saham PT Jasa Berdikari Logistics Tbk (LAJU) langsung meroket hingga sebesar 35% ke level 135 atau mentok batas auto-rejection atas (ARA).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Sesi I, IHSG Hari Ini Kokoh di 6.929

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 64,3 (0,94%) ke level 6.929,1 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (27/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Kurs Rupiah Hari Ini Melemah 30 Poin ke Rp 14.975

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau melemah ke kisaran Rp 14.975 pada perdagangan hari ini, Jumat (26/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Lagi, Saratoga Siapkan US$ 150 Juta untuk Investasi

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) kembali menganggarkan dana US$ 150 juta untuk kegiatan investasinya tahun ini.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic

Komisaris Utama PT GoTo GOjek Tokopedia Tbk (GOTO) Garibaldi "Boy" Thohir mengatakan bahwa hal terpenting bagi sebuah bisnis adalah profit.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA, OJK Ingatkan Jaga Data Pribadi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, apalagi yang menyangkut data keuangan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Penerima Bansos Bisa Ikut Program Kartu Prakerja Skema Normal

Menurut Denni, program Kartu Prakerja skema normal artinya program ini tak lagi bersifat semi-bansos seperti yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tiket Haji Mahal, Garuda Indonesia Siap Nego

Direktur Utama maskapai Garuda Indonesia Irfan Setiaputra bersedia melakukan negosiasi dengan DPR untuk menurunkan tiket haji.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BI: KIS Jadi Kunci Hadapi Tantangan Ekonomi Global, Apa Itu?

Perry menegaskan pentingnya strategi KIS, yaitu konsistensi, inovasi, dan sinergi, dalam menyusun berbagai kebijakan.

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BRI Targetkan Kredit Mikro dan Ultra Mikro Tumbuh 8 Persen

BRI Targetkan Kredit Mikro dan Ultra Mikro Tumbuh 8 Persen

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE