Logo BeritaSatu

Pelaku Industri Batik Berkolaborasi dengan Kain Sutra asal Jinju Korea

Jumat, 11 November 2022 | 17:46 WIB
Oleh : Chairul Fikri / WIR

Jakarta, Beritasatu.com -Para pelaku industri batik tradisional berkolaborasi dengan pelaku fesyen asal kota Jinju, Korea Selatan untuk mengembangkan batik agar bisa dikenal di Korea. Hal itu diungkapkan Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Erwita Dianti saat membuka pameran fesyen 'Kisah Batik Indonesia dan Jinju Silk' yang digelar oleh Yayasan Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jinju Korea dan BINhouse di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Jumat (11/11/2022).

"Yang pasti, kami mendukung dan mengapresiasi kolaborasi para pelaku industri fesyen Batik tradisional yang mau berkolaborasi dengan para designer dan pelaku industri fesyen asal kota Jinju Korea dengan memadukan kain sutra dengan batik asal Jawa Tengah agar batik bisa dikenal luas dunia khususnya di Korea dan agar bisa menyaingi industri musik K-Pop dan drama Korea," ungkap Erwita.

Advertisement

Erwita menyatakan bahwa kolaborasi antara para pelaku fesyen batik dengan para pelaku industri fesyen Korea ini diharapkan akan menjadi titik balik pengembangan batik agar bisa masuk ke industri fesyen dunia mengingat Korea menjadi salah satu kiblat fesyen dunia.

"Kita harapkan batik yang akan dikenalkan bukan hanya dari Jawa saja tapi batik dari daerah lainnya. Karena kita ketahui dengan perkembangan industri musik, industri fesyen di Korea juga menjadi salah satu kiblat perkembangan mode dunia," tegasnya.

Sementara itu, CEO BINHouse, Josephine Komara yang mendesain motif batik dalam kain sutra asal kota Jinju dalam bentuk hanbok modern mengaku senang para designer asal Korea mau memadukan budaya fesyen Korea dengan budaya batik asal Indonesia. Terlebih Kota Jinju menjadi kota kreatif di Korea yang menag tengah dikembangkan.

"Kota Jinju sendiri menjadi kota di Korea Selatan yang selama ini dikenal sebagai penghasil kain sutra terbaik di dunia. Dan ketika mereka ingin bekerjasama dengan para pelaku industri batik di tanah air. Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pengrajin batik di Indonesia agar bisa menghasilkan desain batik terbaik yang dikolaborasi dalam kain sutra asal kota Jinju agar menjadi produk fesyen terbaik untuk perkembangan fesyen dunia," terang Josephine.

Sementara desainer asal Korea Selatan, Park Seon-ock yang merancang hanbok modern dari kain sutra yang dikolaborasi dengan desain batik asal Pekalongan, Jawa Tengah ini mengaku senang bisa bekerja sama dengan pra pengrajin dan desainer batik asal Indonesia. Terlebih batik menjadi warisan budaya Indonesia yang mulai dikenal luas di dunia.

"Kami senang bisa berkolaborasi dengan para pengrajin batik di Indonesia yang mengaplikasikan desainnya dalam kain sutra yang kami miliki. Dan dengan kolaborasi ini kami berharap kain sutra dan batik akan bisa dikenal lagi di dunia dan menjadi hal yang baik bagi pengembangan fesyen di kedua negara," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Baidu Siapkan Pesaing ChatGPT OpenAI

Raksasa mesin pencari Tiongkok Baidu berencana untuk meluncurkan layanan chatbot kecerdasan buatan yang mirip dengan ChatGPT OpenAI.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Pelindo Jajaki Pengapalan Langsung Pelabuhan Belawan ke India

Pelindo bersama konsorsium INA menjajaki pengapalan langsung dari Pelabuhan Belawan, ke India.

EKONOMI | 31 Januari 2023

OJK Ingatkan Masyarakat Hati-hati jika Buka Link di WhatsApp

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB mengimbau kepada masyarakat agar tidak asal mengklik link yang dikirimkan melalui WhatsApp.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Rupiah Hari Ini 31 Januari 2023 Melemah di Awal Perdagangan

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini Selasa (31/1/2023) pagi melemah.

EKONOMI | 31 Januari 2023

IHSG Hari Ini 31 Januari 2023 Terkoreksi di Awal Sesi

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan hari ini Selasa (31/1/2023) dibuka melemah di tengah negatifnya bursa saham AS.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Ekspansi Usaha, GNA Group Kembangkan Golden Kencana

GNA Group tetap melakukan ekspansi usaha di tengah banyaknya tekanan industri properti, mulai dari naiknya suku bunga acuan hingga ancaman resesi global.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Konsep Eco Green Diusung Astra Land di Proyek Township Cikupa

Astra Land Indonesia melalui anak usahanya, PT Lazuli Karya Sarana mengutamakan prinsip pelestarian lingkungan hidup dalam pembangunan township di Cikupa.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Bumi Serpong Damai Catat Pra-Penjualan Rp 8,8 Triliun

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), atau BSD emiten properti bagian kelompok Sinar Mas Land membukukan pra-penjualan sebesar Rp 8,8 triliun.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Resesi Global, Investasi Asing ke Indonesia Akan Melambat

Danareksa memproyeksi investasi asing ke Indonesia akan melambat pada 2023 di tengah potensi resesi global.

EKONOMI | 31 Januari 2023

JD.ID Tutup, Bagaimana Nasib Voucher dan JD Points?

Bagaimana nasib kupon/voucher dan JD point setelah JD.ID menutup semua layanannya pada 31 Maret 2023?

EKONOMI | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
One Friday Fights 2: Kulabdam Panaskan Persaingan Divisi Bantamweight

One Friday Fights 2: Kulabdam Panaskan Persaingan Divisi Bantamweight

SPORT | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE