Logo BeritaSatu

Menilik Prospek Cerah Blibli Pasca IPO, Ditopang Komitmen Grup Djarum dan Eksosistem Omnichannel

Jumat, 11 November 2022 | 18:37 WIB
Oleh : Tim Beritasatu.com / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli yang berdiri sejak 2011 sebagai pelopor ekosistem belanja dan gaya hidup omnichannel melalui konektivitas digital, resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (8/11/2022). Dengan melepas 15% sahamnya pada harga perdana Rp 450 per saham, Blibli meraup dana sekitar Rp 8 triliun.

Menurut pengamatan Beritasatu.com, Jumat (11/11/2022), pasca-penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO), saham Blibli terus memperlihatkan sinyal positif karena jadi pilihan investor di lantai bursa. Hal ini karena e-commerce besutan Grup Djarum itu memiliki competitive advantage tersendiri. Blibli fokus pada model business-to-consumer (B2C) atau transaksi antara bisnis dan pelanggan langsung, sehingga dapat menciptakan rantai pasok lebih pendek dan margin usaha tinggi dibandingkan skema consumer-to-consumer (C2C) atau transaksi konsumen ke konsumen.

Advertisement

Dengan fokus Blibli pada kategori produk elektronik yang dikombinasikan pendekatan B2C omnichannel, membuat merek ternama seperti Samsung, Oppo, Apple, hingga Xiaomi, memilih Blibli sebagai mitra resmi mereka untuk mempromosikan produk dagangannya baik di kanal online maupun pengoperasian toko fisik (monobrand dan multi-brand). Kelebihan ini membuat konsumen makin yakin bahwa produk yang dibeli di Blibli dijamin keasliannya.

Ekosistem omnichannel
Untuk merespons dinamika perilaku konsumen, Blibli mengintegrasikan kanal online dan offline di ekosistem e-commerce sehingga dapat mengakomodir berbagai preferensi belanja konsumen baik di toko online dan gerai fisik. Bisnis Blibli terasa makin berbeda dengan perusahaan e-commerce lain karena diperkuat ekosistem omnichannel di dalamnya. Sebut saja langkahnya tahun 2017 mengakuisisi tiket.com, penyedia layanan online travel agent (OTA) dengan predikat pertumbuhan paling pesat di tahun 2019 menurut Sabre. Pada akhir 2021, Blibli juga mengakuisisi mayoritas saham PT Supra Boga Lestari (RANC) yang merupakan operator high quality supermarket chain. Terbaru, Blibli meluncurkan Blibli Tiket yang merupakan unified omnichannel ecosystem antara Blibli bersama tiket.com dan Ranch Market.

“Pelayanan di omnichannel Blibli memudahkan konsumen berbelanja sesuai kebutuhan, konsumen cukup mengakses dalam satu platform karena Blibli terintegrasi dengan tiket.com dan jaringan supermarket Ranch Market,” ujar Senior VP O2O Blibli David Michum, dalam keterangannya.

Pengembangan omnichannel yang mengintegrasikan ekosistem digital dan konvensional itu telah diimplementasikan Blibli sejak 2015 dengan merilis fitur Blibli InStore. Fitur ini mengintegrasikan saluran pembayaran online untuk transaksi di gerai-gerai offline para mitranya. Pada 2018, Blibli meluncurkan fitur Click&Collect yang memungkinkan konsumen berbelanja online di Blibli tanpa harus menunggu kurir mengantarkan pesanan ke alamat tujuan konsumen. Fitur ini merespons perilaku konsumen yang gemar berbelanja di platform online dan offline.

Menilik Prospek Cerah Blibli Pasca IPO, Ditopang Komitmen Grup Djarum dan Eksosistem Omnichannel
Jajaran Direksi dan Komisaris Blibli berpose usai pencatatan perdana saham Blibli di depan gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), di Jakarta, Selasa, 8 November 2022. Blibli saat ini memiliki unified omnichannel ecosystem yang disebut sebagai Blibli Tiket yang terdiri dari entitas anak, tiket.com dan Ranch Market.

Baca selanjutnya
Per Juli 2022, Blibli memiliki lebih 9.500 merchant di Blibli InStore, ...


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cegah Kasus Indosurya Terulang, Pemerintah Perketat Pengawasan Koperasi

Dalam draf RUU Perkoperasian, pengawasan terhadap koperasi akan diperketat untuk mencegah terulangnya kasus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Threego Indonesia Akselerasi Pertumbuhan Industri Kreatif

Kolaborasi terintegrasi menjadi strategi utama Threego Indonesia untuk memaksimalkan akselerasi pertumbuhan industri kreatif di tanah air.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Sri Mulyani: Tahun Politik Jangan Sampai Mengganggu Minat Investasi

Sri Mulyani menegaskan, pemerintah terus memberikan insentif perpajakan dalam bentuk tax allowance dan tax holiday dalam mendorong investasi.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Sri Mulyani Apresiasi Ketangguhan Sektor Manufaktur

Sri Mulyani mengatakan, manufaktur menjadi salah satu sektor yang tetap tumbuh di tengah kondisi pandemi covid-19.

EKONOMI | 27 Januari 2023

PTPP Tempuh Jalur Hukum Atas Gugatan Kembali CV Surya Mas

Bakhtiyar mengatakan, PTPP akan menempuh jalur hukum sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku untuk memulihkan hak-haknya sebagai badan usaha.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Garap Proyek Baru, INPP Siapkan Belanja Modal Rp 800 Miliar

PT Indonesian Paradise Property Tbk (INPP) menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 800 miliar pada tahun ini.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Cermati Targetkan Jumlah Pengguna Tumbuh Double Digit

Cermati sebagai fintech aggregator menyediakan berbagai macam informasi untuk membantu masyarakat menemukan produk keuangan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Bukapangan Cegah Krisis Pangan Lewat ZIS dan Wakaf

Mirah Hartika mengatakan, Bukapangan sangat serius menjadikan pangan sebagai gerbang pembuka pintu pemberdayaan masyarakat.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Standard & PoorKerek Peringkat Bumi Resources Jadi B Minus

Lembaga pemeringkat global Standard & Poor (S&P) menaikkan peringkat long-term issuer credit PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dari sebelumnya CCC menjadi B Minus.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BRI Targetkan Kredit Mikro dan Ultra Mikro Tumbuh 8 Persen

BRI mencatat, masih ada 20,7% dari total kecamatan atau sebanyak 1.502 kecamatan memerlukan intervensi program literasi keuangan yang kuat.

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Band Wali Rilis Lagu Berbahasa Sunda Kumaha Aing

Band Wali Rilis Lagu Berbahasa Sunda Kumaha Aing

LIFESTYLE | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE