Logo BeritaSatu

Mitigasi Perubahan Iklim, Indonesia Rilis ETM Country Platform

Senin, 14 November 2022 | 12:56 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Nusadua, Beritasatu.com - Pemerintah Indonesia meluncurkan Energy Transition Mechanism (ETM) Country Platform untuk mempercepat transisi energi menuju energi baru terbarukan (EBT) guna mengantisipasi perubahan iklim. Upaya transisi energi dimulai dengan penutupan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan banyak tantangan yang dihadapi dalam transisi dari bahan bakar fosil menuju EBT termasuk biaya untuk memperkuat kapasitas jaringan serta mengintegrasikan bagian dari energi terbarukan. Pada saat yang sama, volatilitas pasar energi global menciptakan peningkatan risiko serta biaya pendekatan bisnis yang bergantung pada bahan bakar fosil.

Advertisement

“Sebagai pembuat kebijakan, kami merasa ada trade off nyata antara pragmatisme jangka pendek dan komitmen jangka menengah kami,” ucap Sri Mulyani dalam Grand Launching Indonesia ETM Country Platform di Hotel Movenpick, Jimbaran pada Senin (14/11/2022).

Dia mengatakan perubahan iklim merupakan ancaman global nyata dengan dampak sosial ekonomi yang lebih signifikan dibandingkan pandemi Covid19. Pemerintah harus segera melakukan tindakan tegas untuk mengantisipasi perubahan iklim. Percepatan transisi menuju ekonomi hijau tidak hanya melindungi dunia secara global, tetapi secara khusus untuk masyarakat Indonesia, dari dampak bencana perubahan iklim.

“Kami tidak bisa hanya berkomitmen dalam retorika, maka itu sebabnya kami bekerja keras dalam rencana yang sangat terinci dan ini akan membutuhkan investasi signifikan,” kata Sri Mulyani.

Dia mengatakan salah satu hal vital dalam transisi energi adalah memobilisasi pembiayaan dan mengatasi trade off antara lingkungan dan ekonomi. Dari sisi pembiayaan perlu ada keselarasan aturan investasi global agar bisa mendorong investasi dari sektor swasta ke dalam program dan sektor yang menghasilkan pengurangan emisi secara optimal.

“Kedengarannya berlawanan dengan intuisi, tetapi yang kita bicarakan adalah bagaimana institusi, terutama swasta, institusi investasi, nirlaba, serta pemerintah dapat berinvestasi di pembangkit listrik yang berkualitas di negara berkembang, tetapi dapat mengurangi emisi baik itu dalam bentuk teknologi atau melibatkan pensiun dini,” kata Menkeu.

Untuk mengatasi tantangan tersebut membutuhkan kolaborasi besar serta dukungan internasional. Khususnya untuk negara berkembang seperti Indonesia dalam teknologi pembiayaan dan manajemen transisi yang terukur dan terencana.

“Ini di luar retorika, menjadi teknokratis, tetapi juga tantangan teknis yang perlu diatasi. Indonesia tetap fokus menavigasi baik pascapandemi Covid-19 serta memperkuat pemulihan ekonomi, tetapi juga pada saat yang sama, berkomitmen pada energi hijau,” kata Sri Mulyani.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sejak Awal 2023, Obligasi dan Sukuk di BEI Rp 4 Triliun

BEI mencatat sejak awal 2023 hingga akhir Januari, total emisi obligasi dan sukuk yang adalah enam emisi dari lima emiten senilai Rp 4 triliun.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Transmart Tutup, Ini Kekayaan Chairul Tanjung dan Pendiri Alfamart

Di tengah tutupnya sejumlah gerai Transmart yang dikelola PT Trans Retail Indonesia, kekayaan Chairul Tanjung masih menjulang.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga mengatakan, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menjadi ruang diskusi untuk merumuskan kembali industri pariwisata yang lebih adaptif.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Kemenaker Selesaikan Kasus Karyawan Lembur Tidak Dibayar

Haiyani menegaskan, Kemenaker menemukan adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur karaywan yang terjadi sejak September 2022.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Minta Perlakuan Ritel Modern Sama dengan Toko Online

Hippindo meminta perlakuan yang sama antara ritel modern dengan toko online, sehingga persaingan usaha antara yang offline dan online menjadi lebih sehat.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Beras Naik, Minyakita Langka di Sukabumi

Masyarakat keluhkan kenaikan beberapa bahan pokok penting, beras mahal, dan minyak goreng langka di Pasar Semi Modern (PSM) Cibadak

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Tanggapi Fenomena Banyak Gerai Ritel Modern Tutup

Hippindo ikut bersuara terkait fenomena tutupnya sejumlah gerai ritel modern, termasuk tujuh gerai Transmart ditutup permanen.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

“Saya melihat ini karena siklus bisnis saja, ada saatnya lesu dan ada saatnya naik,” kata Eisha M. Rachbini kepada Beritasatu.com.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Apakah AI Berbahaya bagi Manusia? Ini Kata Founder Prosa.ai

Teguh Eko Budiarto, CEO Prosa.ai, mengatakan skenario AI lepas kendali bisa saja terjadi, tetapi kecil kemungkinannya.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Beras Medium 5 Kg Tangerang Mulai Hilang, Kualitas Jelek

Di Pondok Aren, beras medium ukuran 10 kilogram dan 5 kilogram sudah tidak dijual karena kelangkaan stok dari gudang.

EKONOMI | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berkumpul dan Pagelaran Seni Meriahkan Cap Go Meh di Palu

Berkumpul dan Pagelaran Seni Meriahkan Cap Go Meh di Palu

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE