Logo BeritaSatu

Ini Alasan Waskita Karya Tunda Rencana IPO Anak Usaha

Senin, 14 November 2022 | 20:18 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) berencana untuk melakukan penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) di level anak usaha yaitu Waskita Karya Realty.

Direktur Pengembangan Bisnis Waskita Karya Septiawan Andri Purwantomengatakan, IPO ini merupakan rencana jangka menengah perseroan. Namun, saat ini perseroan masih menunggu waktu yang tepat.

Advertisement

“Memang Waskita Karya memiliki rencana jangka menengah untuk melakukan IPO di level anak usaha. Namun, ini memang masih menunggu timing yang baik di market, terutama yang kita proyeksikan untuk melakukan IPO adalah Waskita Karya Realty,” kata Septiawan Andri Purwanto di acara paparan publik Waskita Karya triwulan II 2022 yang digelar secara daring, Senin (14/11/2022).

Andri mengungkapkan, saat ini market tidak terlalu mendukung untuk bisnis properti. Karenanya, rencana IPO Waskita Karya Realty akan ditunda sampai waktu yang tepat.

“Saat ini di Waskita Karya Realty, kami fokus untuk menyelesaikan penjualan stok properti yang kami miliki, di samping terus mengembangkan rumah tapak atau landed house karena backlog yang cukup tinggi,” kata Andri.

Waskita Karya Realty merupakan lini bisnis Waskita Karya yang berdiri sejak tahun 2014. Fokusnya adalah pada pengembangan bangunan gedung (residential), superblock, dan perumahan.

Waskita Karya Realty memiliki 13 proyek realty dan property dengan dua brand besar yakni Vasaka (Residential/Superblock) dan Teraskita (Hotel dan Perkantoran). Kontribusi Waskita Karya Realty kepada pendapatan usaha sebesar 2,26%.

Selain realty, lini bisnis Waskita Karya lainnya adalah jalan tol yang berkontribusi kepada pendapatan usaha sebesar 6,53%, infrastruktur non tol dengan kontribusi 0,61%, konstruksi dengan kontribusi 87,63%, beton pracetak dengan kontribusi 2,97%, lalu pabrikasi baja.

Waskita Karya sendiri saat ini tengah fokus untuk melakukan pemulihan dengan delapan langkah penyehatan keuangan yang mulai dilakukan sejak tahun lalu.

Adapun selapan stream penyehatan keuangan Waskita terdiri dari master restructuring agreement (MRA), penyertaan modal negara (PNM) dan rights issue, penjaminan pinjaman dan obligasi/sukuk, transformasi bisnis, strategic partnership jalan tol, restrukturisasi utang anak usaha, penyelesaian jalan tol khusus, serta implementasi good corporate governance (GCG) dan manajemen risiko.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sri Mulyani Sebut Rasio Utang Indonesia 39,57% Sehat

Menkeu Sri Mulyani menyatakan, rasio utang ke produk domestik bruto (PDB) sebesar 39,57 persen sebenarnya masih sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

LNSW Terbitkan 425 Persetujuan Ekspor Per 1 Februari 2023

Berdasarkan data sistem neraca komoditas, Lembaga National Single Window (LNSW) telah menerbitkan 425 persetujuan ekspor hingga 1 Februari 2023.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Raih SOC QSCS, BKI Buktikan Mampu Bersaing di Kancah Global

Pencapaian ini penting bagi BKI sebagai langkah awal terhadap pemenuhan kriteria untuk dapat diterima sebagai anggota IACS.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sri Mulyani Anggarkan Rp 25,01 Triliun untuk Pemilu 2024

Menurut Sri Mulyani, pagu anggaran pemilu senilai Rp 25,01 triliun pada 2022 dan 2023 masih bersifat sementara karena untuk tahun 2024 masih dalam perhitungan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

2023 Penuh Tantangan, Airin Bidik Ekosistem Logistik Laut

Dimas menegaskan, jalur laut Indonesia memegang peran penting dalam ekosistem logistik dan perdagangan dunia.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Klaim Asuransi Nasional Sinarmas MSIG Life Tembus Rp 541,6 M

Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk mengucurkan klaim asuransi sepanjang 2022 mencapai Rp 541,6 miliar.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Genjot Kinerja, Asuransi Simas Digitalisasi Kanal Pemasaran

PT Asuransi Simas Jiwa (ASJ) atau Asuransi Simas memperkuat digitalisasi kanal pemasaran untuk mendukung kinerja perusahaan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

PMI Manufaktur Konsisten Ekspansif di Tengah Gejolak Global

Menurut Febrio, sektor manufaktur yang tetap berada di zona ekspansi menunjukkan daya tahan perekonomian Indonesia di tengah gejolak global.

EKONOMI | 3 Februari 2023

SRC Gandeng Tirta Investama Kembangkan 6.000 Toko Kelontong

PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menjalin kolaborasi dengan PT Tirta Investama (Aqua) dalam menjangkau 6.000 toko kelontong di berbagai wilayah Indoensia.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pakar: Cegah Stunting dengan Pemberian Protein Hewani

Pakar: Cegah Stunting dengan Pemberian Protein Hewani

LIFESTYLE | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE