Logo BeritaSatu

Menkeu: Transisi Energi Butuh Dukungan Sektor Keuangan

Selasa, 15 November 2022 | 11:24 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Nusadua, Beritasatu.com- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan upaya transisi energi menuju energi baru terbarukan (EBT) membutuhkan dukungan dari sektor keuangan. Upaya pengurangan emisi karbon dilakukan dengan mengurangi jumlah pemakaian batu bara dan meningkatkan pemakaian EBT.

“Apa yang saya katakan sebagai trade off adalah bahwa jika Anda hanya memiliki sumber daya uang terbatas, apakah Anda akan menghentikan penggunaan batu bara, dan seperti yang saya katakan, juga aturan internasional di sektor keuangan tidak mendukung,” ucap Sri Mulyani dalam Grand Launching Indonesia Energy Transition Mechanism (ETM) Country Platform di Hotel Movenpick, Jimbaran pada Senin (14/11/2022).

Advertisement

Kondisi perubahan iklim dinilai memiliki dampak lebih besar daripada keadaan pandemi Covid-19 oleh karena itu harus terus diperhatikan. Selama ini kerap terjadi pemisahan antara upaya mendorong pemulihan ekonomi dan menjaga lingkungan. “Jadi tidak seperti retorika, karena Indonesia, kita tahu persis berapa banyak basis pembangkit listrik untuk batu bara yang dimiliki dan berapa banyak yang sudah mereka investasikan dan itulah yang sedang kita lakukan,” ucap Menkeu.

Dia mengatakan banyak tantangan yang dihadapi dalam transisi dari bahan bakar fosil menuju EBT termasuk biaya yang diperlukan untuk memperkuat kapasitas jaringan serta untuk mengintegrasikan bagian dari energi terbarukan. Pada saat yang sama, volatilitas pasar energi global telah menciptakan peningkatan risiko serta biaya untuk pendekatan bisnis yang bergantung pada bahan bakar fosil. “Sebagai pembuat kebijakan, kami merasa ada trade off yang nyata antara pragmatisme jangka pendek dan komitmen jangka menengah kami,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen mengatakan kemajuan teknologi telah membuat teknologi EBT semakin terjangkau. Namun masih terjadi kendala untuk investasi di bidang EBT. Terutama berlaku di pasar negara berkembang menjadi sulit untuk menarik investasi swasta, bahkan untuk teknologi terbarukan yang telah terbukti.

“Menurut saya yang diperlukan adalah dukungan publik di samping lingkungan pendukung yang lebih baik untuk mencapai tingkat investasi yang kami harapkan, baik dalam mitigasi maupun adaptasi,” kata Yellen.

Dia mengatakan untuk memanfaatkan dana publik yang terbatas diperlukan mekanisme pembiayaan yang inovatif. Seluruh negara perlu meningkatkan penerapan mekanisme yang telah terbukti. “Misalnya jaminan dan produk proyek asuransi yang menarik investasi swasta dalam skala besar,” tandas Yelllen.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Emas Antam Hari Ini Naik ke Rp 1.017.000

Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk pada perdagangan Selasa (7/2/2023) naik Rp 3.000 menjadi Rp 1.017.000 per gram.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Dibuka Menguat, Ini Sentimen Penggerak IHSG Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Selasa (7/2/2023), dibuka menguat 0,2% ke level 6.887,5.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Listing di BEI, Aviana Sinar Abadi Oversubscribed 100 Kali

PT Aviana Sinar Abadi Tbk (IRSX), perusahaan teknologi informasi hari ini Selasa (7/2/2023) melakukan pencatatan saham perdana (listing) di BEI.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Bursa Asia Dibuka Positif, Saham-saham Adani Group Tumbang

Bursa Asia bergerak positif pada awal perdagangan hari ini, Selasa (7/2/2023), di tengah kekhawatiran the Federal Reserve bakal menambah kenaikan suku bunga.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Harga Minyak Mentah Menguat Ditopang Sentimen Tiongkok

Harga minyak mentah dunia internasional naik pada penutupan perdagangan hari Senin (6/2/2023). Pasar menimbang kembalinya permintaan dari Tiongkok.

EKONOMI | 7 Februari 2023

IHSG Uji Level 6.951, Ini Rekomendasi Saham Hari Ini

MNC Sekuritas merekomendasikan beli saham ADRO, BBCA, BRPT,dan INDF untuk perdagangan IHSG hari ini, Selasa (7/2/2023).

EKONOMI | 7 Februari 2023

Hentikan Penarikan Dolar, Binance Klaim Deposito Nasabah Aman

Binance akan menangguhkan setoran dan penarikan dolar AS, kata perusahaan itu Senin (6/2/2023).

EKONOMI | 7 Februari 2023

Wall Street Ditutup Melemah Senin, Nasdaq Minus 1%

Wall Street melemah pada hari Senin (6/2/2023). Indeks Nasdaq Composite terkoreksi hingga 1%, sementara investor memantau kenaikan imbal hasil obligasi.

EKONOMI | 7 Februari 2023

BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2023 Bisa 5,3 Persen

Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun 2023 akan berada pada kisaran 4,5 persen hingga 5,3 persen.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Aplikasi Teknologi Baru Turunkan Emisi Karbon Sektor Energi

Penerapan teknologi CCS dan CCUS dinilai menjadi solusi penting untuk meningkatkan produksi migas sekaligus mencapai target penurunan emisi karbon.

EKONOMI | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Siap Menikah dengan Kekasihnya, Ini Harapan Nikita Mirzani

Siap Menikah dengan Kekasihnya, Ini Harapan Nikita Mirzani

LIFESTYLE | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE