Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Hari Listrik Nasional, Perjalanan Menuju NZE 2060 Terganjal 2 PR Besar

Selasa, 15 November 2022 | 12:26 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FMB
Ilustrasi PLTU Suralaya.

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam rangka Hari Listrik Nasional (HLN) 2022, Wakil Ketua Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Chairani Rachmatullah mengatakan pihaknya fokus pada 2 pekerjaan rumah Indonesia dalam rangka transisi energi Indonesia menuju net zero emission (NZE) Tahun 2060.

Pertama, kata Chairani, pengembangan atau pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dan energi nirkarbon lainnya yang masif sehingga target EBT 23 persen di tahun 2025.

"Pertama, adalah mengupayakan realisasi pertambahan pembangkit-pembangkit energi baru terbarukan (EBT) dengan mengoptimalkan sumber daya energi terbarukan di Indonesia," ujar Chairani dalam konferensi pers secara virtual, Senin (14/11/2022).

Kedua, kata Chairani, melakukan dekarbonisasi pada PLTU existing sehingga bisa beroperasi dengan baik dan tetap mempunyai umur ekonomis. Menurut Chairani, dua PR tersebut menjadi tantangan dan peluang bagi pelaku industri kelistrikan untuk mengambil bagian dalam menyukseskan program pemerintah NZE tahun 2060.

"Melalui HLN ke-77, kami berharap peluang dan tantangan ini kepada semua stakeholder baik nasional maupun global," imbuh dia.

MKI diketahui terlibat dalam kegiatan HLN sesuai penugasan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN). HLN ke-77 merupakan penyelenggaraan ke 10 oleh MKI dan sebelumnya telah dilaksanakan dengan sukses.

"Kali ini akan menjadi forum terkemuka bertaraf internasional bagi para pelaku industri tenaga listrik nasional dan regional Asia. HLN ke-77 ini juga merupakan HLN pertama yang dilakukan secara langsung, setelah 2 kali sebelumnya dilaksanakan secara online karena pandemi Covid-19," ungkap dia.

Penyelenggaraan HLN ke-77 ini didukung oleh PLN, Huawei, SSP Group, Pertamina, Adaro Power, Elsewedy, Hitachi Energy, North Sumatera Hydro Energy dan sejumlah perusahaan lainnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Hari Listrik Nasional (HLN) ke-77, Noesita Indriani mengatakan masyarakat kelistrikan Indonesia (MKI) akan menggelar pameran kelistrikan pada puncak HLN ke-77 di Hotel Mulia Senayan, Jakarta pada 29-30 November 2022. Indriani menegaskan puncak HLN tidak sekedar acara seminar dan diskusi, tetapi juga akan ada pameran kelistrikan.

"Industri-industri kelistrikan sangat antusias mengikuti puncak HLN ke-77 ini dan sudah banyak yang mendaftar sebagai peserta," ujar Indriani dalam konferensi pers secara virtual, Senin (14/11/2022).

Indriani menuturkan sebanyak 300 peserta dari berbagai industri ketenagalistrikan akan hadir dalam kegiatan yang berlangsung 2 hari tersebut. Selain itu, terdapat lebih dari 30 peneliti dan ahli di sektor energi dan ketenagalistrikan baik nasional maupun internasional akan berbagi informasi, pengetahuan, dan teknologi terkini.

"Lalu lebih dari 30 exhibitor akan memamerkan teknologi-teknologi terakhir terkait transisi energi diantaranya adalah, advance VRE technology, hydrogen, nuclear, flexible power plant, decarbonization, digital technology, dan sebagainya," ungkap dia.

Menurut Indriani, para pelaku industri ini antusias mengikuti acara ini karena mereka yakin dengan kegiatan HLN, mereka bisa menyampaikan pendapat, pandangan, usulan dan saran kepada pemerintah terkait kebijakan di sektor energi dan kelistrikan.

"Apalagi kegiatan kali ini merupakan tindak lanjut dari sejumlah keputusan-keputusan, beberapa Memorandum of Understanding (Mou) yang ditandatangani pada kegiatan G20 di sektor energi dan kelistrikan. Ini menjadi penting bagi mereka," tandas Indriani.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI