Bersiap Dibuka Kembali, Bioskop Memiliki Banyak Pekerjaan Rumah

Bersiap Dibuka Kembali, Bioskop Memiliki Banyak Pekerjaan Rumah

Senin, 22 Juni 2020 | 22:47 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Juli, rencananya bioskop kembali beroperasi. Protokol kesehatan menyambut normal baru pun tengah disiapkan oleh pengelola bioskop bersama Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Meski protokol kesehatan telah dipersiapkan rapi demi meraih kepercayaan dari publik, pihak bioskop masih memiliki pekerjaan rumah yang berat. Kritikus film sekaligus Ketua Komite Film Dewan Kesenian Jakarta 2016-2020, Hikmat Darmawan, kepada Suara Pembaruan, Senin (22/6/2020), mengatakan pembukaan bioskop di kala kurva kasus positif masih meningkat perlu dipikirkan kembali.

Dirinya menggambarkan beberapa persoalan besar yang akan dihadapi. Persoalan pertama ia lihat dari segi kesehatan. Meski para pengelola telah mempersiapkan protokol yang ketat, tetapi apakah pekerja bioskop telah siap mengawasi perilaku sosial setiap pengunjung selama di bioskop?

"Menonton di bioskop itu merupakan peristiwa sosial. Sehingga, pada praktisnya perilaku penonton itu senangnya berkunjung ke bioskop secara beramai-ramai, berbincang santai, serta yang utama mendapatkan kualitas sinematik yang optimal. Jika pihak bioskop tidak memperhatikan hal ini dengan baik, maka risiko pelanggaran pembatasan jarak fisik pun sangat besar terjadi,” jelasnya.

Persoalan kedua, para pengusaha bioskop harus bersiap untuk menurunkan ekspektasi dalam mendapatkan pundi tinggi seperti yang terjadi sebelum pandemi.

Hal ini tentu akan mejadi beban berat bagi para pemegang saham. Bagaimana tidak? Untuk mengembalikan modal besar yang telah dikeluarkan, bioskop harus terus bekerja keras mengais sebanyak-banyaknya orang untuk datang dan bertransaksi. Inilah dilematik para pengusaha bioskop Indonesia.

Hikmat pun menerka, industri ini akan berjalan tertatih minimal hingga vaksin virus Covid-19 ditemukan satu hingga dua tahun ke depan.

"Rasa keamanan belum terbangun saat vaksin belum ada. Namun tetap saja, misalnya pun vaksin sudah ada dan 3/4 penduduk dunia sudah tervaksin, jangan lupakan harus ada recovery economy. Lebih jauh, jadi bukan hanya psikologis yang mengubah perilaku, tetapi daya beli. Tabungan habis untuk bertahan hidup, dalam konteks itu apakah terlintas untuk nonton ke bioskop?” terang Hikmat.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Bioskop Siap dengan Protokol Kesehatan

Pihak bioskop di Indonesia siap menyambut penikmat film jika bioskop dibuka kembali saat masa kenormalan baru diberlakukan.

HIBURAN | 22 Juni 2020

Robbie Williams Sempat Gelisah Kehilangan Pekerjaan Selama Lockdown

Meski sempat gelisah, Robbie Williams bersyukur bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.

HIBURAN | 22 Juni 2020

Kampanye "Love Myself" BTS Raih UNICEF Inspire Award 2020

Boyband K-Pop, BTS, meraih UNICEF Inspire Award 2020, untuk kampanye "Love Myself" yang diluncurkan mereka pada November 2017.

HIBURAN | 22 Juni 2020

Fariz RM Manajemen Kembali Salurkan Bantuan Bagi Wartawan Melalui GPJ

Melalui Gerakan Peduli Jurnalis (GPJ), Fariz RM manajemen menyalurkan bantuan untuk jurnalis yang terkena dampak Covid-19.

HIBURAN | 22 Juni 2020

Gitar Kurt Cobain Terjual Seharga Rp 85,4 Miliar

Gitar berjenis Martin D-18E tahun 1959 yang dimainkan KurtCobain di MTV Unplugged tahun 1993 dimenangkan Peter Freedman, pemilik Røde Microphones di Australia..

HIBURAN | 22 Juni 2020

Pascapandemi Covid-19, Bioskop di Daerah Menunggu Sinyal dari Jakarta

Pascapandemi Covid-19, bioskop-bioskop di daerah masih menunggu pertanda untuk buka kembali dari Jakarta.

HIBURAN | 21 Juni 2020

Juli, Rencana Bioskop Kembali Dibuka

Rencananya Juli 2020 bioskop bisa kembali dibuka dengan aturan protokol kesehatan bagi petugas dan pengunjung.

HIBURAN | 21 Juni 2020

Protokol Kesehatan Industri Film Harus Mulai Diterapkan

Produser film Chand Parwez bersiap kembali ke lokasi syuting dengan menyiapkan protokol kesehatan.

HIBURAN | 21 Juni 2020

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Pecahkan Rekor Live Streaming 30 Jam Nonstop 

Pasangan presenter dan youtuber ternama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina baru saja menyelesaikan live streaming sepanjang 30 jam tanpa rehat, bahkan rela tidak tidur untuk mencapai prestasi ini. Tujuan live streaming ini pun di lakukan oleh Raffi untuk mensupport UMKM yang secara ekonomi karena pandemi Covid 19 dan juga untuk mengajak penggemarnya untuk bersatu saling bantu dalam menghadapi situasi pandemi ini.

HIBURAN | 21 Juni 2020

Raffi dan Nagita Gelar Arisan 3 Hari Nonstop

Raffi Ahmad dan Nagita menggelar arisan nonstop selama 3 hari 2 malam.

HIBURAN | 21 Juni 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS